Pendaki Wajib Tahu Aturan Nggak Tertulis Ini

Aturan standar saat naik gunung seperti jangan buang sampah, jangan memetik atau merusak tanaman, hingga jangan membuat api unggun pastinya udah banyak yang tau. Nah, ada beberapa aturan yang nggak tertulis tapi wajib pendaki-pendaki gunung nan kece Indonesia patuhi. Bisa dibilang, aturan-aturan ini juga menjadi tips pendakian dari Gloob! buat kalian semua.

Jangan Meremehkan Jalur

Foto: Gloob!

Hal ini agak menyangkut psikologis. Semakin sering kalian menganggap jalur pendakian itu mudah, maka semakn sulit terasa pendakian tersebut. Positive thinking sih boleh-boleh aja, tapi jangan berupa meremahkan, cukup dengan merasa yakin aja kalo kalian mampu mendakinya.

 

Jadilah Mandiri

Foto: Odssey

Ini hampir terjadi disemua golongan pendaki. Saat kalian masih baru, kalian akan ngomong, “Eh, bantu gue dong, kan gue masih baru”. Begitupun setelah kalian menjadi senior, “Eh, angkat tuh barang. Gue mulu”. Jadilah adil, siapapun kalian dan sejago apapun kalian dalam mendaki.

________

Baca juga: Ini Cara Bikin Itinerary yang Sebenarnya

________

 

Perhatikan Teman

Foto: Gloob!

Disini, ego berbicara. Ada beberapa orang yang memiliki nafas ‘kuat’, dan yang lainnya nggak. Omongan awal tentang ‘jalan bareng’ gampang terlupa kalo udah begini ceritanya. Si A maunya cepet sampai puncak, Si B maunya santai karena kelelahan. Siapapun kalian, kenalilah teman mendaki kalian, dan sebisa mungkin cari penengah.

 

Istirahat Secukupnya

Foto: Boone NC

Bukan bermaksud untuk menekan fisik kalian, tapi istirahat secukupnya emang jauh lebih baik dibanding terlalu lama beristirahat. Permasalahannya, jika kalian beristirahat dengan waktu yang tergolong lama, suhu badan kalian akan susah naik, dan menyebabkan kedinginan.  So, berhentilah saat kelelahan, atur nafas hingga normal, lalu lanjutkan perjalanan.

________

Baca juga: Makanan yang Dapat Membuat Kalian Kuat Mendaki

________

 

Jangan Membuat Jalur Baru

Foto: HoliCoffee

Se-jago apapun kalian, dan sebanyak apapun gunung yang telah kalian daki, pembuatan jalur baru tetaplah dilarang. Kebijakan itu hanya dimiliki oleh pengelola. Semua selalu ada alasan yang jelas tentang pembuatan jalur pendakian. Jangan karena ingin segera mencapai puncak, kalian malah melanggar bahkan merusak aturan yang ada.

 

Sssst, Wait!

Foto: Brilio

Namanya juga alam, wajar kalo mereka menyimpan segudang misteri di dalamnya. Wajar pula kalo kita melihat atau merasakan salah satunya. Saat itu terjadi ke diri kalian, diamlah sejenak. Jangan menceritakan hal tersebut saat mendaki atau turun gunung, karena akan menyebabkan salah fokus, yang bisa berujung bahaya. Tunggulah keadaan yang memungkinkan untuk cerita.

Penulis: Dewa Aji Panggalih

 

__________________________________________________________________

 

Gunung-Gunung Menakutkan di Dunia

Siapa yang suka mendaki gunung?  Nah, gunung emang selalu memberikan kenyamanan tersendiri bagi siapapun yang menikmatinya. Entah dari pemandangannya, atau kesejukan udaranya. Tapi, siapa sangka ada gunung yang bikin hati gemeteran.

Bisa jadi karena tingginya, bisa juga karena cuacanya. Banyak penyebabnya, deh. Gloob! udah ngerangkum 5 gunung yang bakal bikin kalian merinding mengetahuinya.

1. Gunung Baintha Brakk

Foto: Shugal
Foto: Shugal

Jangan terkecoh sama nama gunung yang terucap seperti “bayi ditabrak” ini. Dengan tinggi yang nggak bisa dianggap bercanda, yakni 7.285 MDPL, gunung Baintha Brakk yang terletak di Pakistan ini patut kalian segani. Kayaknya nggak butuh banyak penjelasan, kalian liat aja kontur gunungnya. Nggak kebayang ‘kan gimana napakin kaki kesananya?

________

Baca juga: Rasakan Wisata Sederhana yang Butuh Nyali Ini

________

2. Gunung Denali

Foto: Heavy.com
Foto: Heavy.com

Gunung yang belokasi di Alaska, Amerika Serikat ini termasuk dalam jajaran gunung yang patut ditakuti. Denali sendiri memiliki ketinggian 6.190 MDPL yang lebih kurang membutuhkan waktu 21 hari untuk menggapai puncaknya. Nggak cuma itu, gunung yang dikenal dengan nama McKinley ini juga punya cuaca yang nggak ketebak banget.

3. Gunung Annapurna

Foto: One World Trekking
Foto: One World Trekking

Gunung yang namanya sering dijadiin nama tas ini berada pada ketinggian 8.091 MDPL. Perjalanan untuk mencapai puncaknya membutuhkan waktu sekitar 40-50 hari. Duh, itu naik gunung apa nyari pacar? lama banget! Belum lagi cuacanya yang nggak karuan. Ditambah, sering longsor dan badai gitu pas dipuncaknya. Annapurna yang merupakan gunung tertinggi ke-10 didunia ini bisa memberikan persentase kematian yang lumayan tinggi, yaitu 40%.

________

Baca juga: Ini yang Disebut Surga Petualangan

________

4. Gunung Kangchenjunga

Foto: Thousand Wonders
Foto: Thousand Wonders

Gunung yang terletak di India, dimana shah rukh khan sering godain cewek sambil nyanyi ini emang nggak bisa dianggap remeh. Memiliki ketinggian 8.586 meter diatas permukaan laut dan membutuhkan hingga 60 hari untuk mencapai puncaknya, yang pasti bikin kepala pusing. Kalo kalian nggak punya menejemen pendakian yang bagus, jangan coba-coba naik gunung ini, deh. Orang yang bisa mencapai puncaknya masih kehitung jari!

________

Baca juga: Daftar Gunung-Gunung Penuh Misteri Di Pulau Jawa

________

5. Gunung Everest

Foto: Everstian
Foto: Everstian

Siapa yang nggak tau gunung tertinggi didunia ini: Everest, gunung anggun yang berlokasi di Nepal ini emang terkenal banget keangkerannya. Gimana nggak, tingginya aja udah 8.848 meter diatas permukaan laut, orang juga udah pasti gemeteran ngebayanginnya. Terus, di gunung tersebut juga sering terjadi longsor salju yang nggak ketahuan kapan datengnya. Maka dari itu, disana banyak mayat yang masih tergeletak, lho. Ditambah, butuh waktu yang nggak nanggung-nanggung buat mencapai puncaknya, yaitu 54 hari.

Penulis: Harry Ferdiansyah

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *