Bukit Batu Jonggol bukan destinasi sembarangan. Jangan sendirian apalagi minim persiapan untuk mendaki bukit ini. 

Bukit batu jonggol, akses, cara, biaya, harga, tiket masuk, fakta
© Gloob! Magazine

Kamu nggak boleh anggap remeh bukit yang bisa didaki selama satu jam ini. Meskipun tergolong pendek, sisi kiri-kanan jalur menuju puncaknya itu jurang. Udah memakan 1 korban jiwa! So, sedikit memberi perhatian lebih terhadap keselamatan diri sendiri saat bertamasya itu harus diterapin terus-menerus.

Tip:

Karena jalurnya terjal, bawa air dan cemilan yang cukup. Berhenti disaat lelah. Perjalanan mendaki dijamin bikin kaki kamu kendor!

Di awal pendakian, kamu emang masih dipayungi rimbun pepohonan. Jalurnya pun masih tergolong mudah dilalui. Tapi, setelah melewati area camping ground, disitulah tantangan yang sebenernya dimulai.

Bukit batu jonggol, akses, cara, biaya, harga, tiket masuk, fakta

Setelah camping ground, jalur akan menjadi lebih terjal dan dihiasi bebatuan licin. Kiri-kanan jalur lebih terbuka dari sebelumnya. Pemandangan yang kamu dapet tentunya jauh-jauh-jauh lebih aduhai. Tapi, tetep hati-hati, jalurnya terbatas. Kepleset sedikit jadi Superman!

Tip:

Gunakan alas kaki yang proper. Sebisa mungkin hindari menggunakan sepatu kets, apalagi sendal swallow. Hellowww!

Semakin mendekati puncak, pendakian juga semakin sulit. Akan ada titik di mana kamu bakal kewalahan. Kamu mau nggak mau harus memanjat tebing setinggi sekitar 2,5 meter untuk melanjutkan perjalan ke puncak. Di tebing itu terdapat tambang. Kamu bisa gunakan tambang tersebut untuk menjadi pegangan saat memanjat tebing. Jangan lupa untuk periksa kondisi tambang sebelum memanjat.

Bukit batu jonggol, akses, cara, biaya, harga, tiket masuk, fakta
© Gloob! Magazine

Puncak Bukit Batu Jonggol berupa jalur setapak, sepanjang lebih kurang 20 meter, yang kiri, kanan, dan ujungnya langsung tebing. Iya, langsung tebing! Tanda bahwa kamu udah mencapai puncaknya adalah bendera Indonesia. Ini adalah spot paling wajib untuk berswafoto.

Agak ke depannya, kamu bisa nemuin tugu penghormatan atas pendaki yang pernah meninggal karena terjatuh dari puncak Bukit Batu. Sempetin untuk melakukan penghormatan ke beliau, ya!

Ke depannya lagi adalah jalur setapak dengan pemandangan paling terbuka. Kamu bisa ngelihat Jonggol dan sekitarnya dari arah mana pun, tanpa terhalang apa pun. Tapi hati-hati. Kayak yang tadi dibilang, ujung puncak Bukit Batu ini langsung tebing. Tetep jaga jarak, dan kalo bisa nggak usah sampai ujung-ujung amat.

Bukit batu jonggol, akses, cara, biaya, harga, tiket masuk, fakta
© Gloob! Magazine

Jika kamu mau menetap alias nginep, usahakan semua kebutuhan terpenuhi, seperti makanan dan obat-obatan; Tapi kalo kamu langsung turun, usahakan bawa cemilan yang cukup dan jangan lupa trashbag-nya, supaya momen-momen di puncak tetep seru dengan menjaga kebersihan.

Eh, jangan lupa juga minuman kita: kopi hitam!

Untuk ke sini, Gloob! mengharuskan kamu ngajak kerabat, mengingat mendaki Bukit Batu Jonggol ini emang lumayan berisiko. Siapa pun deh. Pacar, mantan, atau dua-duanya secara bersamaan juga boleh, kalo emang mau ngerasain terjun bebas.

Bukit batu jonggol, akses, cara, biaya, harga, tiket masuk, fakta

Akses/Cara ke Bukit Batu Jonggol:

Buat kamu yang berangkat dari Depok dan sekitarnya, lebih baik lewat jalur Pasar Citeureup. Gampang, jalurnya enak, tinggal ngikutin jalan. Jangan takut nyasar, jalan aja dulu, kalian nggak bakal kemana-mana. Papan penunjuk jalannya cukup jelas.

Saat sampai, kamu bisa parkir kendaraanmu di salah satu dari dua area: Pertama yang deket jalan raya tapi agak jauh dari gerbang awal pendakian, dan yang kedua langsung di depan gerbang pendakian tapi harus sedikit nyiksa kendaraan. Kedua area parkir itu berada di sisi yang berbeda. Area pertama ada di bagian utara Bukit Batu, dan area kedua ada di sisi barat daya-nya (arah Cikeas-Cibubur). Kalo kamu masih bingung, kamu bisa tanya ke warga atau Akang-Akang yang ada di area parkir pertama bagi kamu yang datang dari arah Depok/Pasar Citeureup.

Biaya masuk Bukit Batu, Jonggol:

Tiket masuk Bukit Batu Jonggo sekitar Rp. 20.000: Rp. 15.000 untuk parkirnya, dan Rp. 5.000 untuk tiket masuknya. (Jah, mahalan parkir, ya)

_________

Baca juga: Ini Cara Bikin itinerary yang Sebenarnya

Teks & foto: Dewa Aji Panggalih