Bermalam Dalam Kabut Situ Gunung

Situ Gunung adalah situ atau danau yang ada di gunung. Simple yah? 

Bagi kalian yang mau liburan ala backpacker atau petualang kawakan, Situ Gunung bisa jadi pilihan selanjutnya. Wisata alam yang satu ini memiliki pemandangan keren, harga yang masuk akal, dan jalur menuju lokasi yang cukup mudah. Terutama untuk kalian yang dari Jakarta, kayaknya Situ Gunung merupakan destinasi yang wajib masuk list traveling selanjutnya, mengingat aksesnya mudah dan jelas.

Tags: camping di situ gunung, tiket masuk, alamat situ gunung

Berada di kaki Gunung gede Pangrango, Situ Gunung bertengger pada ketinggian 850 meter di atas permukaan laut. Dikelilingi aneka pepohonan berukuran besar dan cukup jauh dari perkotaan, destinasi yang satu ini kerap diselimuti kabut dingin yang membuat udara semakin sejuk. Jadi, buat kalian maniak kopi pait sama singkong goreng, ini nih tempat yang klop sama dua sesajen itu.

_________

Baca juga: Destinasi Wisata di Sukabumi yang Nggak Boleh Tertinggal

_________

Kekayaan alam yang ada di Situ Gunung dapat kalian nikmati lebih dalam dengan berkemah dan bermalam disana. Apabila kalian lupa membawa tenda, kalian bisa tanya ke pihak pengelola persoalan menyewa, atau kalian bisa menginap di beberapa penginapan yang udah tersedia.

Tags: camping di situ gunung, tiket masuk, alamat situ gunung

Untuk aktivitas, kalian dapat singgah ke curug yang jaraknya nggak begitu jauh dari camping ground. Tapi inget, utamakan minta izin dari pengelola kawasan, jangan asal jalan. Kalian juga dapat menyewa perahu kecil untuk berkeliling ke setiap sudut Situ Gunung.

camping di situ gunung, tiket masuk, alamat situ gunung

Biaya/tiket masuk Situ Gunung:

  • Camping: Rp. 27.500/malam.
  • Sewa perahu kecil: Rp. 20.000.
  • Penginapan: Rp. 300.000/kamar.

Lokasi Situ Gunung: Ds. Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, 1 jam dari pusat kota Sukabumi.

Penulis: Dewa Aji

Cari tau destinasi-destinasi indah lainnya yang ada di Sukabumi dalam majalah Gloob! edisi ke-10. Download dan baca sepuasnya melalui link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

 

Tags: camping di situ gunung, tiket masuk, alamat situ gunung

 

 

 

_______________________________________________________________________________

Tebing Panenjoan

Penulis: Faizal Satrio

“Amfiteater alam raksasa yang direncanakan pemerintah untuk tercatat sebagai UNESCO Global Geopark,”

Masuk dalam kawasan Ciletuh Geopark, tebing ini menampilkan sisi terhijau kabupaten Sukabumi bagian selatan. Kokoh berdiri di ketinggian 250 m di atas permukaan laut, Tebing Panenjoan adalah amfiteater alam raksasa yang direncanakan pemerintah untuk tercatat sebagai UNESCO Global Geopark.

Tags: camping di situ gunung, tiket masuk, alamat situ gunung

________

Baca juga: Melihat Malaysia Dari Ketinggian

________

 

Cara dan Harga Tebing Panenjoan
Foto: Duddy Mulyawan

Kalian nggak perlu mempersiapkan peralatan yang rumit bak porter Rinjani, karena jalur menuju tebing ini udah bisa diakses dengan kendaraan roda dua atau empat. Selain memiliki spot-spot yang instagramable, dari Tebing Panenjoan kalian juga bisa liat beberapa curug bahkan teluk Ciletuh yang begitu aduhai.

Tags: camping di situ gunung, tiket masuk, alamat situ gunung

Untuk menuju Tebing Panenjoan menggunakan transportasi umum dari pusat kota Sukabumi, kalian harus beberapa kali menyambung angkutan. Dari terminal Sukabumi, naik angkot kuning 03 dan turun di terminal Lembur situ. Lalu, lanjut menggunakan bus menuju Surade.

Cara dan Harga Tebing Panenjoan
Foto: Elect Sumardi

Dari Surade, kalian lanjut lagi menggunakan angkot merah yang menuju Taman Jaya. Setelah turun di Taman Jaya, kalian harus menyambungnya dengan ojek untuk sampai di Tebing Panenjoan. Nggak ada biaya yang harus kalian bayar untuk masuk ke Tebing Panenjoan. Namun, jika kalian membawa kendaraan pribadi, hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 3.000 (motor) dan Rp. 5.000 (mobil).

*Informasi harga tidak tetap dan dapat berubah sewaktu-waktu

________

Baca juga: Ini Cara Membuat Perencanaan Liburan yang Sebenarnya

________

Lokasi: Ciletuh Geopark, Jl. Taman Jaya 4, Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Sukabumi.

Penulis: Faizal Satrio

Cari tau destinasi wisata lain di Sukabumi yang kerennya nggak kalah sama Tebing Panenjoan ini. Semuanya sudah terangkum dalam majalah Gloob! edisi ke-10, yang bisa kalian download secara cuma-cuma melalui link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

Tags: camping di situ gunung, tiket masuk, alamat situ gunung

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *