Ajaibnya 9 Curug Terbaik dan Terfavorit di Sukabumi Ini

Kali ini, mari kita bahas lagi wisata alam di Sukabumi selain pantai, yang tentunya bikin mood kenceng terus! Nah, kalo udah begitu, tujuannya nggak akan jauh dari air terjun a.k.a Curug. Kekayaan yang dimiliki Sukabumi emang belum sepenuhnya terjamah, atau dengan kata lain, belum semuanya diketahui. Tapi, gimanapun, jejeran curug yang udah ada dan terfasilitasi pun emang keren-keren banget! Nggak ada duanya, deh. Maka dari itu, Gloob! mau ngerekomendasiin kalian beberapa curug atau air terjun terbaik, terfavorit, dan wajib kalian datangi saat liburan nanti. Berbagai curug di Sukabumi ini bakal bikin mood traveling kalian membara! Oh, pastinya beserta informasi biaya juga cara atau akses menuju tempat tersebut.

curug di sukabumi, rekomendasi curug di sukabumi, wisata air terjun di sukabumi, akses ke curug, wisata alam air terjun sukabumi, wisata sukabumi selain pantai, air terjun di sukabumi, curug terbaik di sukabumi, curug favorit di sukabumi, curug terbaru di sukabumi

CURUG SAWER

curug di sukabumi
Foto: Willi KK

Desa Sukamaju, Kecamatan Kudadampit, 50 menit dari pusat kota Sukabumi.

Kondisi sekitarnya masih asri, hanya sedikit warung atau bangunan yang terkadang ganggu pemandangan. Pepohonan rindang nghias berbagai sisi curugnya, pengunjung pun nggak seramai curug-curug yang ada di Bogor, membuat udara dingin menyejukan semakin terasa. Butuh perjuangan ekstra bagi kalian pengendara mobil, karena ada sebuah titik yang mengharuskan kalian memarkir mobil kalian dan melanjutkannya dengan berjalan kaki selama lebih kurang 30 menit. Namun, kalian bisa menyewa ojek di titik tersebut apabila kalian kurang tertarik dengan pemandangan indah yang terbentang selama perjalanan. Biaya masuk: Rp. 3.000-Rp. 5.000. Sewa ojek: Rp. 20.000-Rp. 30.000.

___________

Baca juga: Ini Caranya Bikin Liburan Lebih Rapih

___________

 

CURUG CIMARINJUNG

curug di sukabumi
Foto: Uwin

Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi.

Seperti lukisan, wisata curug atau air terjun Cimarinjung terlihat begitu anggun, dimana dingin airnya sangat menyegarkan dan besar tebingnya membuatnya terlihat gagah juga mewah. Warna-warni Cimarinjung semakin kerasa atas pohon-pohon rindang yang menghiasi beberapa sisinya. Ada juga beberapa spot yang terlihat nyaman untuk mendirikan tenda. Namun, keindahan tanpa pamrih ini butuh perjuangan yang hebat. Ketangguhan kalian untuk mencapainya diuji, terutama bagi pengendara mobil, karena jalur menuju Curug Cimarinjung masih tergolong kurang baik. Meskipun demikian, transportasi umum untuk ke destinasi ini tetep tersedia, yakni bus yang berangkat dari Palabuhanratu dengan tujuan akhir Desa Ciwaru (Rp. 25.000).

curug di sukabumi, rekomendasi curug di sukabumi, wisata air terjun di sukabumi, akses ke curug, wisata alam air terjun sukabumi, wisata sukabumi selain pantai, air terjun di sukabumi, curug terbaik di sukabumi, curug favorit di sukabumi, curug terbaru di sukabumi

CURUG AWANG

curug di sukabumi
Foto: Curug Awang

Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. +62 22 7273209, 

+62 22 7103605 (Geopark Ciletuh).

Dengan ketinggian yang mencapai 40 m dan lebar hingga 60 m, Curug Awang seringkali diklaim sebagai Niagara mini dari Tanah Pasundan. Terutama di musim penghujan, pesona Curug Awang semakin menjadi-jadi, karena seluruh bagian tebingnya mengaliri air dengan debit yang cukup besar. Letaknya yang lumayan berjarak dari pemukiman warga membuat Curug Awang keliatan asri, alami tanpa sentuh tangan manusia. Kondisi jalan menuju Curug Awang pun tergolong baik, dimana kendaraan roda empat (baik minivan atau mini SUV) dapat melaluinya dengan mudah.

 

 

 

CURUG SODONG

curug di sukabumi
Foto: Njoman Widiada

Kl. Cipicung, Desa Ciemas, 2 setengah jam dari Palabuhanratu. 

Wisata curug Sodong terdapat dua air terjun yang memiliki ketinggian sama namun dengan debit air yang berbeda. Dengan ketinggian sekitar 20 m, untuk berenang dibawahnya masih cukup aman, karena pengelolaan tempat ini udah cukup baik, dimana kalian nggak perlu bersusah payah berjalan kaki, karena jarak antara parkiran dengan area air terjunnya deket banget. Biaya masuk: Rp. 3.000/orang. Parkir: Rp. Rp. 5.000/mobil.

________

Baca juga: Kenapa Kalian Harus Punya Pasangan Seorang Traveler?

________

curug di sukabumi, rekomendasi curug di sukabumi, wisata air terjun di sukabumi, akses ke curug, wisata alam air terjun sukabumi, wisata sukabumi selain pantai, air terjun di sukabumi, curug terbaik di sukabumi, curug favorit di sukabumi, curug terbaru di sukabumi

CURUG BIBIJILAN

curug di sukabumi
Foto: Asep Sudrajat

Jl. Cikarae Dua, Parubaya, Cimerang, 1,5 jam dari pusat kota Sukabumi.

Memiliki air yang berwarna hijau tosca, wisata curug atau air terjun Bibijilan sangatlah aman untuk berenang dan menikmati kesejukan yang ada. Berbentuk undakan atau tingkatan, Curug Bibijilan juga menjadi incaran adrenaline junkie karena terdapat flying fox. Curug ini juga deket dengan salah satu wisata ternama Sukabumi, Gua Buniayu, yang hanya ngebutuhin waktu 20 menit berjalan kaki. Tiket masuk: Rp. 4.000; Parkir: Rp. 2.000-Rp. 4.000.

 

CURUG CIRAJEG

curug di sukabumi
Foto: Rakha Putra

Desa Neglasari, Purabaya, 1 jam 45 menit dari pusat kota Sukabumi. 

Berada di tengah persawahan, wisata curug/air terjun Cirajeg keliatan seperti selimut air berukuran raksasa. Aksesnya terbilang sulit, fasilitasnya nggak seperti di curug-curug wisata lain, namun karena itu pula curug ini unggul dan membuat pengunjungnya merasa puas dengan suguhan keindahan yang tersaji alami sepenuhnya. Dengan tinggi dan lebar yang lebih dari 10 m, Curug Cirajeg selalu membuat siapapun yang datang berdecak kagum.

curug di sukabumi, rekomendasi curug di sukabumi, wisata air terjun di sukabumi, akses ke curug, wisata alam air terjun sukabumi, wisata sukabumi selain pantai, air terjun di sukabumi, curug terbaik di sukabumi, curug favorit di sukabumi, curug terbaru di sukabumi

CURUG GENTONG

curug di sukabumi
Foto: Arief Rachmadi

Desa Cibalok Waluran, Kecamatan Waluran, 1 setengah jam dari pusat Palabuhanratu.

Memiliki 4 curug dalam satu area dan dengan ketinggian yang berbeda-beda, Curug Gentong tergolong aman untuk pengunjung yang ingin bermain air. Dikelilingi pepohonan besar nan rindang, terdapat juga beberapa spot yang cocok untuk diriin tenda. Untuk fasilitas, di Curug Gentong udah tersedia kamar mandi, mushola, bahkan penginapan.

curug di sukabumi, rekomendasi curug di sukabumi, wisata air terjun di sukabumi, akses ke curug, wisata alam air terjun sukabumi, wisata sukabumi selain pantai, air terjun di sukabumi, curug terbaik di sukabumi, curug favorit di sukabumi, curug terbaru di sukabumi

 

 

_____________________________________________________________

Curug Cigangsa, Keindahan di Balik Bencana

Penulis: Fikri Ardiansyah

Chrisye pernah bilang, “badai pasti berlalu,” dan disaat badai berlalu, datanglah sebuah keajiban dalam bentuk yang berbeda-beda. Salah satu bukti yang nyata atas kepercayaan tersebut adalah Curug Cigangsa ini, yang terukir dengan indah setelah gempa yang pernah mengguncang Sukabumi beberapa tahun silam.

_________

Baca juga: Jajal Arung Jeram Terbaik Sukabumi

_________

Foto: Lily Eliani

Wisata air terjun Cigangsa memiliki aliran air yang lebih tenang dibanding Curug Cikaso atau curug lain di kawasan Surade, karena kontur tebingnya seperti tangga sehingga air pun nggak langsung jatuh ke dasar curug. Kalo diliat dari kejauhan, wisata curug Cigangsa mirip Air Terjun Niagara di America.

curug di sukabumi, rekomendasi curug di sukabumi, wisata air terjun di sukabumi, akses ke curug, wisata alam air terjun sukabumi, wisata sukabumi selain pantai, air terjun di sukabumi, curug terbaik di sukabumi, curug favorit di sukabumi, curug terbaru di sukabumi

Selain itu, area sekitar curug juga lebih didominasi oleh tebing dan perbukitan, bukan sekedar hutan. Maka, jangan bingung kalo disini banyak fotografer-fotografer berkeliaran, karena emang ini habitat mereka. Persoalan bisa berenang atau nggak, semuanya tergantung cuaca. Perhatikan debit dan kencangnya arus air. Penting: apabila langit mulai mendung, kalian harus balik ke pos awal, karena aliran air Curug Cigangsa dapat meluap sewaktu-waktu.

Akses Menuju Curug Cigangsa

Kendaraan nggak bisa masuk. Kalian harus berjalan kaki selama 15 menit dari tempat parkir/pintu masuk, lewatin pematang sawah dan perkebunan warga. Biaya masuk: Rp. 3.000. Parkir: Rp. 12.000.

LokasiDusun Batusuhunan, Kecamatan Surade, 30 menit dari Curug Cikaso, 90 menit dari Ujung Genteng. 

 

 

 

 

 

_________________________________________________________

Lebay-nya Pesona Curug Cikaso

Penulis: Fikri Ardiansyah

Wisata curug atau air terjun yang selalu dikaitkan dengan pesona legendaris Ujung Genteng ini emang memiliki keindahaan yang lebay.

_________

Baca juga: Berpenampilan Menarik Saat Traveling itu Penting

_________

Dengan airnya yang berwarna hijau tosca, Curug Cikaso terlihat begitu kokoh berdiri ditingginya yang mencapai 80 m. Keasrian alamnya semakin terbukti dengan pohon- pohon rindang yang tumbuh subur dan mempercantik panorama landscape yang tersaji di curug ini.

Foto: Arie Fadly

Perjalanan menuju curug juga perlu usaha yang besar, dimana kalian diberikan dua pilihan: trekking dengan berjalan kaki selama 30 menit, atau membayar ekstra untuk menyewa perahu sebesar Rp. 120.000.

_________

Baca juga: Ini Cara Bikin Bada Tetep Fit Saat Traveling

_________

Nggak ada pilihan yang salah untuk ke wisata curug/air terjun Cikaso ini, karena kedua cara tersebut memiliki keseruan tersendiri. Dengan berjalan kaki, kalian bisa merasakan kesejukan udara hutan tropis yang jauh dari polusi. Namun, kalo kalian gunain perahu, kalian bisa ngeliat sambil bermain air disegarnya sungai Cikaso.

Biaya masuk dan kebersihan:

Rp. 5.000-Rp. 10.000/orang; Kendaraan: Rp. 27.000/mobil; Parkir: Rp. 6.000-Rp. 8.000.

LokasiDusun Ciniti, Kecamatan Surade, 40 menit dari Ujung Genteng, 4 jam dari pusat Sukabumi.

 

Biaya dan Akses/Cara Menuju Sukabumi

BY TRAIN

Terutama bagi kalian yang tinggal di Jabodetabek, moda transportasi ini adalah pilihan yang nguntungin. Kalian harus menuju Stasiun Paledang, sebuah stasiun kereta api yang berdekatan dengan stasiun utama Bogor dan menjadi satu-satunya stasiun yang digunakan untuk keberangkatan menuju Sukabumi. Stasiun Paledang sendiri berada tepat di seberang stasiun Bogor, 5 menit berjalan kaki. Kereta Api Pangrango yang melayani Bogor-Sukabumi dan sebaliknya tersedia dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Harga tiket kereta Bogor-Sukabumi adalah Rp. 20.000/orang. Pemesanan tiket dapat melalui www.tiket.kereta-api.co.id

BY BUS

Dari Jakarta, ada beberapa terminal yang tersedia angkutan dengan tujuan Sukabumi, antara lain Terminal Kali Deres, Terminal Pulogadung, dan Terminal Lebak Bulus. Ada juga dari Terminal Depok. Beda penyedia jasa angkutan, beda harga. Seperti PO. Parung Indah yang dibandrol dengan harga Rp. 30.000/orang, sedangkan PO. Langgeng Jaya Rp. 25.000/orang, dan PO. Tunggal Jaya Rp. 28.000/orang. Berbeda dengan Depok dan Jakarta, keberangkatan dari Terminal Baranangsiang, Bogor, jauh lebih murah, yakni Rp. 20.000/orang.

KENDARAAN PRIBADI

Menggunakan kendaraan pribadi bukan pilihan yang buruk. Selain lebih praktis, dengan membawa kendaraan pribadi juga dapat menghemat biaya. Kalian hanya tinggal mengikuti Jl. Raya Ciawi-Sukabumi selama 3 jam (jika lancar), hingga akhirnya kalian disambut dengan papan jalan bertuliskan “Selamat Datang di Kabupaten Sukabumi”.

Transportasi di Sukabumi

ANGKOT

Untuk menuju beberapa area pusat kota Sukabumi seperti Cikole atau Cibeureum, angkutan umum berupa minivan masih mudah ditemuin (Rp 4.000/orang). Namun, untuk capai beberapa wilayah yang cukup jauh seperti Pelabuhan Ratu, kalian harus naik bus. Bus dari terminal Sukabumi menuju Pelabuhan Ratu tersedia dari jam 5 pagi hingga 6 sore dengan harga yang berkisar dari Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000/orang.

MOBIL

Kalian bisa sewa mobil buat anter kalian keliling kota Sukabumi. Dengan rata-rata harga Rp. 500.000/12 jam, juga disediain supir. Namun, harga itu di luar biaya bensin atau parkir. Nisa Car Rental: 0812 8079 9229/0857 2323 7111. Sahel: 08567989696.

ANGKUTAN BERBASIS ON-LINE

Perusahaan penyedia jasa angkutan berbasis daring seperti AyoJek bahkan Go-Jek kini udah hadir di Sukabumi. Kalian bisa gunain buat jelajah Sukabumi. Cukup unduh aplikasinya di ponsel cerdas kalian, pilih tujuan, maka mereka akan siap dampingin kalian ke tempat tujuan.

 

 

Masih banyak lagi destinasi wisata di Sukabumi. Baca ulasan lengkapnya dalam majalah Gloob! edisi ke-10 yang bisa kalian download secara cuma-cuma melalui link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

You May Also Like

One thought on “Ajaibnya 9 Curug Terbaik dan Terfavorit di Sukabumi Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *