Bogor itu menjadi solusi terbaik untuk liburan enak, harga yang terjangkau, dengan pemandangan indah bukan main.

Nggak jarang banyak wisatawan yang menjadikan Bogor sebagai salah satu tempat favoritnya karena alasan mudah, murah, dan megahnya itu. Nah, salah satu destinasi yang wajib kalian jajal didasari oleh 3 hal tadi adalah Curug Pangeran.

Kenapa Curug Pangeran?

Di sana, kamu nggak cuma bisa berenang-renang di air yang beningnya bukan main, tapi juga bisa selusur aliran air tersebut. Kamu bakal temuin spot-spot keren yang ada di kawasan Curug Pangeran.

Warga sekitar Curug Pangeran juga udah nemuin curug baru yang terletak bersebalahan, nggak sampe 5 menit jalan kaki, dan tentunya nggak kalah tampan dari Curug Pangeran. Namanya Curug Kondang.

curug pangeran gunung bunder, biaya curug pangeran, tiket masuk, air terjun di daerah bogor
Selain tebing-tebingnya yang masih asri dan hijau, Curug Kondang yang terletak di Bogor juga memiliki daya tarik lain yang sangat kuat, yaitu banyaknya kolam-kolam air yang terbentuk secara alami.
curug pangeran gunung bunder, tiket masuk, biaya curug pangeran, air terjun yang indah, air terjun di daerah bogor
Jernihnya aliran air yang berada di Curug Kondang, Bogor. Tidak hanya airnya yang bersih, Curug Kondang juga memiliki tebing-tebing hijau yang masih sangat terjaga keasriannya.

Kondisi Curug Kondang didominasi sama bebatuan, di mana terdapat beberapa ‘kolam alami’ yang pastinya seru buat main becek-becekan.

Hmm…Kata terakhir itu agak gimana, ya. Biarlah.

Curug Kondang juga bisa dibilang lebih asri dan lebih bersih dibanding Curug Pangeran. Sensasi ‘kembali ke alamnya’ kayak lebih dapet.

Cara/Akses ke Curug Pangeran-Curug Kondang

Akses untuk berjalan dan menyusuri beragam keindahan Curug Pangeran-Curug Kondang juga udah ditata rapih banget. Karena banyak yang bisa kalian jelajahi dalam satu lokasi ini, jadi nggak gampang bosen kalo datang ke sana. Tapi, kalo kamu mau masuk ke Curug Kondang, kamu harus bayar lagi Rp. 7.500. Cing cay lah.

Perihal biaya, tenang aja, jangan gemeter. Curug Pangeran emang punya pemandangan yang elit, tapi nggak makan pengeluaran yang gila-gilaan. Biar nggak bingung dan terlalu nebak-nebak berapa uang yang bakal keluar, nih, tim Gloob! coba kasih perhitungannya.

Pada awal jalan (naik motor), kamu harus menyediakan sedikitnya 50 ribu untuk bensin. Lalu, harga tiket masuk kawasan wisata Gunung Bunder itu 5 ribu rupiah untuk pengunjungnya, dan 10 ribu rupiah untuk kendaraannya, jadi totalnya 15 ribu rupiah

Setelah masuk, sekitar 2 km ke depan kamu bakal nemuin belokan yang langsung berpapasan dengan pertigaan. Ke kanan adalah jalur utama, ke kiri itulah yang menuju curug Pangeran. Saat sampai di lokasi, kamu harus bayar lagi tiket masuk ke curug sebesar 7.500 rupiah, maka sampailah kamu ke tempat menakjubkan yang tim Gloob! rekomendasikan. 

Eits, satu lagi, bayar parkir seharga 5 ribu rupiah. Jadi, jika di total biaya yang harus dikeluarkan adalah 77.500 rupiah, plus Rp. 7.500 kalo kamu masuk ke Curug Kondangnya.

curug pangeran gunung bunder, biaya curug pangeran, air terjun yang indah, air terjun di daerah bogor
© Gloob! Magazine

Biaya/Tiket masuk Curug Pangeran:

Baiklah. Mari kita simpulkan biaya apa saja yang perlu kamu keluarkan untuk ke Curug Pangeran. Berikut penjelasannya:

  • Tiket masuk Kawasan Gunung Bunder: Rp. 15.000; Rp. 5.000 untuk orang, Rp. 10.000 untuk motor.
  • Tiket masuk Curug Pangeran: Rp. 7.500/orang.
  • Tiket masuk Curug Kondang: Rp. 7.500/orang.
  • Parkir: Rp. 5.000/motor

Guys, inget ya, harga dapat berubah. Semua ada di tangan pengelolanya.

Baca juga:

Teks & foto: Galih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *