Dari Sok Kuat Sampai Best Friend, Kalian Tipe Pencurhat/Temen Curhat yang Mana?

Lagi sesi curhat sama temen-temen. Inisiatif pribadi, karena emang lagi butuh ngeluapin masalah via cerita dan ngobrol. Kalimat demi kalimat diucapin, mungkin ngehabisin waktu sekitar 15 menit sampe akhir curhatan abis. Diantara mereka, bergantian kasih kritik dan saran. Ada yang didengerin ada juga yang pura-pura disimak. Cuma ambil bagian yang suka dan cuekin yang nggak disuka. Emang deh, curhat kadang jadi ajang pembenaran diri aja.

Topik yang jadi bahan curhatan itu nggak jauh-jauh dari asmara. Sebenernya bisa apa aja, tapi ini yang populer dan gampang ditemuin buat level anak muda. Buat ‘si pencurhat’, kegiatan ini bisa nyenengin atau bikin lega karena cari solusi. Nah buat yang dengerin, mulai dari empati sampe bosen kesel capek juga ada.

Apakah kalian tau ada beberapa tipe pencurhat dan tipe temen curhat?

Tipe pencurhat

  1. Maunya Cuma Didenger

Sisi positifnya, tipe ini sebenernya emang cuma butuh cerita, bener-bener cu-ma ce-ri-ta. Mereka nggak berharap untuk dibantu. Jadi, kasih respon seperlunya juga nggak akan jadi masalah. Sisi lainnya, mereka yang kayak gini, cuma mau didenger, mau sebagus apapun niat buat ngebantu dengan kasih masukan, nggak bakal didengerin. Malah biasanya sesi curhat bisa berubah jadi debat.

  1. Cari Dukungan

Tipe ini pilah-pilih buat nerima masukan dari temen curhatnya. Dia bakal nerima pendapat yang pro sama ceritanya aja. Semacam cari pembenaran kalo yang dilakuin itu udah bener.

  1. Kalo Lagi Ada Masalah Aja

Sibuk ngehubungin temen buat bisa nongkrong bareng. Apalagi kalo lagi butuh atau susah. Terutama curhat soal pacar. Kalo lagi hot, jangankan ketemu, chat aja jarang direspon. Giliran lagi ribet, putus atau pas pdkt baru muncul.

  1. Sok Kuat

Bukan berarti orang yang curhat itu lemah, ya, salah tuh. Tipe ini unik. Dia ceritain masalahnya sambil secara konstan menolak bahwa dia butuh bantuan. Terlalu malu buat ngakuin kalo masukan dari temennya adalah bener, nge-sok pokoknya. Jaim.

  1. 1 Topik Buat Selamanya

Argh, temen kantor gue belagu banget gayanya. Udah gitu gue dikasih kerjaan banyak banget sama bos gue, bukan tugas gue padahal. Mau cabut nih!”.

Nggak terasa curhatan ini udah berlangsung selama 2 tahun 3 bulan 17 hari. Nggak tau lagi apa yang ada dipikiran tipe pencurhat ini.

 

Tipe temen ‘pendenger’ curhat

  1. Motivator

Tipe ini bakal kasih respon yang … keren! Penuh pesan yang dalem yang kadang susah dicerna. Kadang juga puitis dan ambil quotes populer buat ngehias kalimatnya. Pada dasarnya tipe ini bijaksana, dewasa, mateng secara kepribadian dan pengalaman.

  1. Asal Bunyi

Bisa jadi tipe ini berwujud temen yang asik. Saking asiknya, dia coba bantu, dengan ala kadarnya, tapi berujung lucu. Menghibur, apalagi kalo emang masalah temennya kelewat berat.

  1. Killer

Tell the truth, no matter what. Itu prinsipnya. Dia nggak akan banyak ngomong, tapi nyentil, nampar, dan buat pencurhat yang perasa, ngobrol sama dia malah bisa bikin drop. Seenggaknya tipe ini bisa kasih perspektif lain lewat otak dan mulutnya buat dipertimbangin.

Kita butuh temen tipe kayak gini. Satu-dua aja, jangan 19 orang.

  1. Best Friend Forever

Selalu ada kalo dibutuhin. Bahkan nggak cuma ada secara fisik, tipe ini nggak sungkan buat bantu secara aktif. Bisa jadi makcomblang, penengah, atau juru bicara. Pokoknya, dia tau cara memperlakukan temen dengan baik.

  1. Nggak Ikut Campur

Sadar diri, karena punya masalahnya sendiri, jadi berpikir kalo memperbaiki diri sendiri dulu baru kasih kritik dan saran ke temen. Bukan egois, ini keputusan yang tepat kok bagi sebagian orang. Bisa juga karena takut salah ngomong atau nggak ngerti masalahnya, dia mutusin buat nggak ikut campur di sesi curhat.

Penulis: Fikri Ardiansyah

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *