Besar kemungkinan kamu bakal tercengang sama fenomena-fenomena alam di dunia ini. Selain karena keren, beberapa di antaranya tuh lumayan sulit dicerna sama akal.

Alam emang selalu mengejutkan banyak orangngasih kejutan bagi kita semua. Tapi sayangnya, nggak semua orang mau menjaga alam selayaknya alam menjaga kita. Selain itu, alam juga memberikan pelajaran tersendiri, yang tentunya nggak kita dapet di lembaga pendidikan formal umumnya.

Fenomena alam di dunia

Biar kamu makin semangat ngejaga alam, simak nih fenomena-fenomena alam yang akan bikin kalian terkagum-kagum.

1. Bioluminescence

Destinasi wisata unik, fenomena alam di dunia
Foto: CNN

Bioluminescence adalah sebuah fenomena alam yang terjadi pada mahkluk hidup yang memancarkan cahaya. Salah satu contohnya yaitu kunang-kunang. Kerennya lagi, hal serupa juga ada di air lho.

Banyak jenis plankton yang bisa memancarkan cahaya saat malam hari menjelang. Cahaya yang diperlihatkan oleh plankton-plankton itu bermaksud agar mereka terlindung dari berbagai gangguan yang ada disekitarnya.

2. Petir Vulkanik

Destinasi wisata unik, fenomena alam di dunia
Foto: Eskipaper

Siapa bilang petir adanya cuma saat hujan. Petir juga bisa terjadi di gunung, atau yang biasa disebut Petir Vulkanik. Nah, Puing-puing bermuatan positif yang muncul akibat letusan gunung berapi, lalu berinteraksi dengan muatan negatif yang ada di udara itu bisa menimbulkan sebuah petir vulkanik.

Serem sih, tapi tetep keren ‘kan? Fenomena super keren ini pernah terjadi di Alaska, Islandia, dan Italia.

3. Batu Berlayar

Destinasi wisata unik, fenomena alam di dunia
Foto: Simanaitis

Weits, ntar dulu. Jangan berpikiran kalo ini batunya Spongebob atau milik si Malin Kundang. Batu berlayar, alias batu yang bisa bergerak tanpa ditendang atau digeser ini merupakan fenomena geologi yang udah diteliti sama peneliti California, selama beberapa dekade.

Hasil dari penelitian itu ditemukan bahwa, bergeraknya batu tersebut sebagian besar disebabkan oleh hembusan angin. Jadi, jangan ngayal yang nggak-nggak ya. Apalagi buat ngendarain batu.

4. Aurora Borealis

Aduh, siapa sih yang nggak tau keindahan aurora yang mahadahsyat. Fenomena cahaya yang biasa disebut dengan istilah lampu kutub ini biasa terjadi di wilayah Antartika. Jika diterjemahkan, Aurora berasal dari kata romawi yang berarti fajar. Jadi, kalo kalian ketemu si Fajar, panggil aja dia Aurora atau Aurora kasih.

Nah, itulah beberapa fenomena alam di dunia yang patut kamu lihat seandainya kamu punya kesempatan. Kalo kamu pernah ngelihat salah satunya atau tahu ada fenomena alam lain yang jauh lebih keren, share di kolom komentar, ya.

Ohya. Bagi kamu yang suka nulis, foto, curhat, dan mau berbagi pengalaman seru waktu liburan, kamu bisa ngirim ke redaksi@gloob-online.com. Karyamu pasti dimuat kok. Pengalaman setiap orang berharga, dan terkadang seru diketahui!

Baca juga:

Penulis: Galih

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of