Buat kamu yang mungkin sedang dilimpahkan rezeki dan kepikiran untuk liburan ala Syahroni ke kawasan Los Angeles, tempat yang satu ini kayaknya cocok untuk digerebek.

Apalagi buat kamu yang bener-bener pecinta musik. Nama tempatnya Hotel Café. Kalau kamu belum pernah denger tempat ini, pasti bingung sebenernya tempat ini hotel atau kafe tongkrongan.

Mengenal Hotel Cafe

Jadi apa sih Hotel Café itu? Nah, Hotel Café adalah tempat pertunjukan musik untuk para musisi dan pencipta lagu. Sebagian besar musisi yang tampil di tempat ini sih musisi independen yang memang belum se-terkenal bang John Mayer.

Foto: BespokeMagazine

Malah, mungkin cuma 1 dari 10 orang yang tau tentang musik mereka. Tapi kadang-kadang, musisi besar juga ngadain live performance kok di sini.

Kalo kamu penasaran siapa yang ngamplas dinding sama ngecat ini tempat, tentunya saya tidak tau. Yang pasti, ini tempat memang bangunan tua yang ditemuin sama Max Mamikunian dan Marko Shafer di Cahuenga Boulevard pas tahun 2000.

Rencana awal mereka memang jadiin Hotel Cafe sebagai tempat ngopi cantik sambil dengerin live performance dari musisi lokal. Tempat ini makin cetar membahana waktu musisi sekelas Gary Jules mulai tampil di sini.

Sejak itu, Hotel Cafe mulai menyajikan penampilan yang aduhai, mulai dari musisi lokal yang baru unjuk gigi sampe musisi terkenal yang mulai unjuk piala Grammy. Beberapa jeblosan musisi Hotel Café, misalnya Sara Bareilles, Ingrid Michaelson, Laura Jansen, Ed Sheeran, Mumford and Sons, Greg Laswell, sampai Damien Rice.

Nah, bisa dibilang Hotel Cafe jadi sarangnya para musisi dan pencipta lagu yang ga cuma punya potensi merebut hati juri kontes nyanyi antarkelurahan, tapi juga sekelas perebut piala Grammy. Kalo kata anak zaman sekarang, mantul a.k.a mantap betul kan.

Foto: Filter Magazine

‘Si Pemantau’ Hotel Cafe

Salah satu orang yang jadi tamu langganan di Hotel Café adalah Alexandra Patsavas, musik supervisor yang paling kece badai. Kalo kamu penggemar berat serial Grey’s Anatomy atau pernah nonton film Twilight, pasti tau bener kiprahnya mbak ini di dunia musik dan perfilman.

Siapa sih yang kenal sama Iron and Wine sebelum mereka teriak ‘Have I found youuuuu? Flightless bird..’ waktu bang Cullen dansa sama neng Bella. Nah, itu perannya Alexandra Patsavas.

Dia memang paling jago ngenalin musisi lokal yang jarang atau belum pernah kita denger sebelumnya melalui layar kaca sampe akhirnya kita klepek-klepek sama musik mereka.

Jadi, menurut pandangan saya, Hotel Cafe bisa dibilang tempat yang penting banget buat perkembangan musik dunia. Ga hanya untuk musisi yang dapat kesempatan buat ngenalin musik mereka lebih luas, tapi juga memperluas wawasan para penikmat musik di seluruh dunia.

Penasaran? Cuss langsung deh ke sana. Barangkali pulang jalan-jalan ga cuma bawa cucian, tapi juga gandengan sekelas musisi. Aaminn.

Ditulis oleh Elsa dari Kustosica

Cari tau lagu-lagu bermutu yang belum banyak diketahui dan aneka fakta dunia musik yang jarang diomongin media arus utama di kustosica.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *