Introvert?

Dalam keramaian, dia memilih efisien berbicara. Bukan karena teman bicara yang nggak disuka atau topik yang nggak dikuasai. Bukan pula tipe pemalu, tapi dia lebih banyak mengamati dan menjadi pendengar yang baik. Di tengah obrolan yang begitu seru tentang kisah asmara antar teman-temannya, kontribusi minimalnya hanya dengan memberi senyum dan maksimalnya dia memberi saran sederhana yang bisa bikin diem obrolan barang sejenak.

Introvert seringkali bakal kalah duel dengan Ekstrovert. Menurut siapa? Ya, tentu aja menurut orang-orang ekstrovert. Dalam kehidupan sosial, dia itu minoritas. Sementara norma yang berlaku adalah mayoritas akan menang dibandingkan minoritas. Sementara ini bukan sekedar menang-kalah, ini tentang persepsi. Lucunya, beberapa tipe introvert sendirilah yang termakan persepsi publik yang akhirnya dia nggak ada naluri buat fight di social life. Mereka itu introvert versi KW-nya dan itu sebutannya Pesimistis dan Pemalu. Jangan salah lagi!

Kendalanya seorang being an introverted adalah dia punya standar tinggi dalam berekspresi dan menampilkan kemampuannya. Bukan salahnya, dia cuma menjadi apaadanya, seperti orang lain. Nih, Si Einstein dan J.K. Rowling, salah dua contoh figur suksesnya (have to make sure these peoples apa beneran introvert, kan ketemu aja belum, apalagi kenal. Ini justifikasi namanya)

Ngomong soal percintaan, tipe ini terkesan cool dan misterius, bisa bikin penasaran lawan jenis. Dia nggak nyimpen pickup line dikepalanya, jadi proses pendekatan biasanya butuh waktu sedikit lebih lama. Ribet kalo contoh kasusnya: si cowok introvert dan si ceweknya jual mahal. Wah! Kelar! Nggak tau deh ada tipsnya atau nggak buat kondisi begitu.

At the end, sekali lagi, ini cuma masalah persepsi. Secara teori, Introvert vs Ekstrovert itu hasilnya 50:50. Nggak oke kalo kita menilai lebih di salah satu pihak. Apapun hasil paktiknya di lapangan, kedua tipe ini jangan diduelin.

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *