Kata Siapa Memiliki Dua Ginjal Lebih Sehat?

Jual beli ginjal semakin marak nih. Banyak juga yang khawatir atas fenomena tersebut. Soalnya, stigma masyarakat tentang ginjal tuh agak sensitif. Umumnya, masyarakat berpendapat bahwa ginjal harus lengkap. Kalo hilang satu, habislah nyawa.

Dari sekian banyak pembicaraan kayak gitu, dr. Tunggul D. Situmorang, SpPd-KGH dari PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia) menyataan bahwa, hidup seseorang yang memilki satu ginjal nggak beda-beda banget sama mereka yang ginjalnya masih dalam formasi awal.

Ada juga penelitian terkait permasalahan tersebut yang menyimpulkan bahwa, kehidupan seseorang yang mempunyai satu ginjal nggak sepenuhnya mati gaya. Mereka tetap bisa beraktifitas, meski merasakan sesuatu yang berbeda pada awalnya. Emang sih, single ginjal itu bakal bekerja lebih keras, tapi nantinya dia dapat beradaptasi dan membuat tubuh terasa cukup normal kok.

Bahkan nih ya, orang yang punya satu ginjal tuh biasanya lebih sehat dibandingkan orang yang ginjalnya masih nempel lengkap ditubuh. Kenapa? karena mereka yang hanya mempunyai satu ginjal lebih bisa menghargai kehidupan yang masih mereka miliki. Nggak cuma kesehatannya yang dierhatikan, mentalnya pun dibentuk dijalur yang tepat. Kalo Kata dr. Tunggul, ngejaga ginjal biar sehat terus tuh nggak susah. Cukup lakukan diet rendah protein, sering memeriksa tekanan darah, dan hindari obat-obatan yang bisa mengganggu ginjal, seperti nephrotox.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *