Kek Lok Si, Kuil Terbesar di Malaysia

Apabila kalian ingin berkunjung ke tempat yang masuk dalam kategori ‘terbesar’ di suatu negara, dalam hal ini Malaysia, maka Kuil Kek Lok Si adalah jawabannya. Dari kejauhan, kuil ini dapat terlihat dengan jelas kemegahannya, terutama saat malam hari, dimana semua lampu yang menyala dan menerangi menambah keanggunan destinasi wisata yang satu ini. Bangunan besar yang berdiri tegak di tanah seluas 4 hektar memperlihatkan kegagahan sejarah yang dimilikinya. Kuil ini dibangun sekitar tahun 1890 sampai 1930, yang merupakan inisiatif dari kepala biara kala itu, Beow Lean. Hal yang menarik perhatian disini adalah pagoda 7 lantai dari Rama VI. Di dalamnya terdapat 10.000 perhiasan dan patung buddha yang terbuat dari perungu. Disana juga berdiri tegak setinggi 37 meter patung Kuang Yin, Dewa Pengampun, yang sama terbuat dari perungu.

Where: Kek Lok Si terletak di bagian barat daya George Town, Penang, Malaysia.

When: Every day, every month, and every year.

Why: Disana, kalian dapat mempelajari tentang akulturasi budaya dari 3 negara: Kamboja, Cina, dan Thailand, yang diterapkan dalam bangunan suci. Selain itu, di sekitar kawasan Kek Lok Si juga ada penjajak makanan khas malaysia yang wajib kalian coba, dan salah satu yang paling mencolok adalah mie kari.

How: Dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, menuju Bandara Internasional Penang, Malaysia, harga tiket berkisar Rp. 1.000.000 hingga Rp. 1.200.000 (pemesanan seminggu sebelum keberangkatan; harga selalu berubah). Lalu, kalian bisa melanjutkannya menggunakan bus berkode 201, 202, 203, 206, 306, atau U502, dengan biaya sebesar Rp. 14.000, dan pemberhentian di Jalan Pasar.

Penulis: Harry Ferdiansyah

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *