Kenapa Kita Tinggal di Bumi?

Tata surya ditempati oleh beberapa planet yang terdapat di dalamnya. Matahari jadi pusatnya, Venus, Mars, Bumi, dan yang lainnya menjadi pengikut. Lalu, dari sekian banyak planet yang ada di jagad raya, kenapa manusia tinggal dibumi?

Bumi adalah tempat paling masuk akal buat ditempatin manusia. Itu sih alasan klasik, tapi kenapa bisa begitu? Sebenernya kitab-kitab agama udah ngejelasin seputar hal tersebut. Namun, nggak semua orang ngerti maksud dari penjelasan yang ada di kitab. Nah, Gloob! mau ngasih tau secara sederhana aja kenapa kita bisa tinggal dibumi dan bukan diplanet lain.

  1. Jarak antara matahari dengan bumi tergolong pas, sehingga panas dan dinginnya suhu dibumi masih bisa diterima oleh tubuh manusia. Dinginnya kutub utara masih memungkinkan es mencair, sedangkan di venus dan mars hal tersebut tidak mungkin terjadi.
  2. Bulan yang berfungsi sebagai satelit dan pengatur pasang surutnya air memiliki posisi yan tepat. Gravitasi antara bumi dan bulan pun begitu presisi, sehingga kelangsungan hidup di bumi terjamin.
  3. Rotasi bumi terhadap matahari juga pas, itu menjadikan pembagian waktu antara pagi dan siang pun seimbang.
  4. Gravitasi yang ada dibumi sangat pas dengan kebutuhan manusia. Bayangkan jika kalian tinggal di mars, gravitasi yang lemah dapat membuat kita melayang hanya dengan satu langkah kecil.
  5. Kestabilan magnetik bumi yang terletak di kutub utara dan kutub selatan menjadi alasan yang kuat kenapa manusia menghuni bumi.
  6. Temperature dibumi paling tepat bagi seluruh mahluk. Walaupun suhu di antartika mencapai -89,2 drajat celcius, hal itu nggak sebanding dengan suhu di atmosfer Neptunus yang mencapai minus ratusan drajat celcius.
  7. Sebagian besar tubuh manusia mengandung air, dan air mengisi sebanyak 70% dari keseluruhan wilayah yang ada dibumi.
  8. Atmosfer menjaga kelangsungan hidup segala mahluk yang ada dibumi. Segala benda asing, sinar kosmik, hingga cahaya yang masuk kebumi terkontrol karena adanya atmosfer tersebut.
  9. Selain pemberi oksigen, hutan juga membantu fauna berkembang biak sehingga membantu kelangsungan hidup manusia.
  10. Walaupun judulnya bencana, gempa bumi dan letusan gunung berapi membuat tanah ladang semakin subur, sehingga asupan makanan untuk kelangsungan hidup manusia pun terjamin.

Sebenernya sih, semua pasti nyambungnya ke sang pencipta. Tinggal gimana kita manfaatin yang udah Ia ciptakan. So, semoga artikel ini bisa ngejawab pertanyaan yang udah bikin kalian pusing.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *