Kunjungi Kepulauan Cham, Situs Keindahan Nasional Vietnam

Cham, mungkin nama itu sudah nggak asing di telinga traveler kawakan. Memang destinasi yang satu ini mempunyai kharisma yang tiada henti. Gimana nggak! Begitu bagusnya panorama yang ada disana, Kepulauan Cham diklaim sebagai Vietnam’s National Scenic Site. Sedikitnya ada 135 spesies koral yang tersebar di area bawah laut seluas 500 hektar. Bahkan, beberapa spesies koral yang ada disana termasuk dalam kategori spesies terancam punah.

Where: Kepulauan Cham termasuk dalam pemerintahan kota Hoi An, Provinsi Quang Nam, Vietnam.

When: Mei hingga Oktober. Namun, untuk snorkeling atau diving, Juni hingga Agustus adalah pilihan yang tepat untuk berkunjung.

Why: Ada 8 pulau yang bisa dijelajahi, yaitu Pulau Hon Lao, Hon Dai, Hon Mo, Hon Kho me, Hon Kho con, Hon La, Hon Tai, dan Hon Ong. Masing-masing pulau mempunyai karakter pantai dan bebatuan yang berbeda. 25% dari pulau ini juga tertutup hutan, yang mana di dalamnya masih banyak hidup monyet liar, sehingga sensasi yang dirasakan lebih variatif. Salah satu hal yang wajib dicoba adalah sup sarang burung, yang sudah terkenal seantero jagad raya.

How: Dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, menuju Bandara Internasional Da Nang, Vietnam, harga tiket berkisar Rp. 1.300.000 hingga Rp. 1.500.000 (pemesanan seminggu sebelum keberangkatan; harga selalu berubah). Cara terhemat untuk menuju Hoi An dari Bandara Da Nang adalah naik bus, yang hanya membutuhkan biaya sebesar Rp. 13.000 untuk sekali jalan. Namun, Gloob! lebih menyarankan kalian menggunakan taksi. Meskipun harus membayar hingga Rp. 300.000 dari bandara, setidaknya keamanan kalian terjaga, mengingat banyak terjadi penipuan pada traveler yang menggunakan bus. Selain itu, kalian tidak harus pusing lagi saat sampai di Hoi An jika menggunakan taksi, karena kalian bisa langsung diantar ke Cua Dai, tempat dimana kalian akan melanjutkan kembali perjalanan. Saat sampai di Cua Dai, kalian dapat menggunakan perahu penyebrangan lokal, dengan harga tiket sekitar Rp. 100.000. Namun, jika tujuan kalian memang menyelam, lebih baik lagi kalian langsung menggunakan jasa perusahaan seperti Cham Island Divers atau Blue Coral Diving, yang bisa mengantar dan mendampingi kalian menikmati pesona Pulau Cham.

Penulis: Dewa Aji Panggalih

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *