Langkah Pasti Upaya Meningkatan Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Menpar Arief Yahya menjelaskan, untuk meningkatkan kunjungan wisman secara signifikan, go digital menjadi strategi yang harus dilakukan khususnya untuk merebut pasar wisman Tiongkok, yang  menjadi fokus pasar utama dan akan memberikan kontribusi terbesar  bagi Indonesia. “Tiongkok merupakan sumber wisman paling besar dunia. Indonesia baru bisa menarik sekitar 1,2 juta wisman atau 1 persen dari seluruh outbound  Tiongkok, sedangkan Thailand sudah meraih 8 juta wisman,” kata Arief Yahya.

Untuk mengejar ketertinggalan  dari Thailand,   Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng Baidu, perusahaan searching engine terbesar Tiongkok (sebagai Google-nya Tiongkok) untuk meng-create program mempromosikan destinasi wisata Indonesia. “Baidu sanggup meng-create banyak program untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia dari hilir ke hulu. Mulai dari branding, advertising sampai ke selling  dan menyanggupi menaikkan kunjungan wisman Tiongkok ke Indonesia hingga 10 juta wisman pada di 2019,” kata Menpar Arief Yahya yang belum lama ini mengadakan kunjungan ke Tiongkok.  Dengan datangnya 10 juta wisman Tiongkok tersebut, menurut Arief Yahya, memberikan kontribusi 50% dari target kunjungan 20 juta wisman  pada 2019.

Menpar mengatakan, go digital menjadi tuntutan dalam merebut pasar global terutama wisman Tiongkok yang sebagian besar menggunakan internet  atau searching engine Baidu untuk  melakukan perjalanan (traveler);  mulai dari  mencari dan melihat-lihat informasi (look), kemudian memesan paket wisata yang diminati (booked) hingga membayar  secara online (pay).  “Gaya hidup wisatawan dalam mencari informasi destinasi, memperbandingkan antar produk, memesan paket wisata, dan berbagi informasi kini telah mereka lakukan secara digital. Dengan kata lain kini wisman  melakukan  search and share menggunakan media digital,” kata Menpar Arief Yahya. (Sumber: KEMENPAR)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *