Penemuan ‘Surga’ Di Balik Leuwi Lieuk

Nama Leuwi Lieuk sempat heboh di kalangan traveler, dan pamornya pun mencuat ke permukaan masyarakat luas. Popularitas Leuwi Lieuk sebagai salah satu destinasi idaman dengan biaya murah bertahan cukup lama, bahkan banyak turis mancanegara mengagumi pesona yang ada di balik tebing dan biru airnya. Ya, habis manis sepah dibuang, kini Leuwi Lieuk udah nggak se-terkenal dulu.

Bukan merapihkan kawasan atau mempermurah harga tiket sebagai ‘umpan’ penarik perhatian, warga sekitar malah menemukan ‘surga’ baru yang terletak tepat di belakang Leuwi Lieuk.

Tags: Leuwi Lieuk, Curug Sentul, Curug Daerah Bogor

________

Baca juga: Gaya Baru Kulineran di Bogor

________

Dari pertama kali Gloob! singgahi, Leuwi Lieuk yang terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, ini emang terlihat seperti ada jalur lagi di bagian timur lokasi wisata tersebut. Tapi, saat itu jalurnya belum rampung, alias buntu. Setelah beberapa waktu, akhirnya tim Gloob! mendapat kabar bahwa jalur tersebut telah resmi dibuka pada bulan Desember 2016. Nggak pake banyak mikir, kami langsung datang dan melihat hal baru yang ada disana.

___________

Baca juga: Ini Kawasan yang Memiliki Wisata Indah Dengan Harga Murah

________

Sebenarnya, yang ingin diperlihatkan warga sekitar adalah Curug Cibaliung, namun Gloob! jauh lebih tertarik dengan keindahan tebing yang ada di balik Leuwi Lieuk tersebut. Sensasi dan pemandangan yang ada di balik Leuwi Lieuk itu membuat kita serasa lagi di Green Canyon, Pangandaran. Untuk ke tempat ini, seenggaknya kalian memerlukan berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit, menaiki dan menuruni anak tangga, juga melewati beragam obstacle yang ada disana, namun semua kerumitannya akan terbayar saat kalian sampai.

Biaya masuk Leuwi Lieuk sendiri adalah Rp 15.000 di awal, termasuk parkiran motor. Kemudian, bakal ada tiket lanjutan seharga Rp. 5.000/orang. Untuk masuk ke kawasan belakang Leuwi Lieuk yang Gloob! maksud, kalian nggak perlu bayar lagi, kok. Modal kaki aja. Kebangetan juga sih kalo bayar terus.

Tags: Leuwi Lieuk, Curug Sentul, Curug Daerah Bogor
*Baca artikel lengkapnya di majalah Gloob! edisi ke-6 pada link di bawah. Informasi yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu.

Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

Download majalah Gloob! edisi 6

 

Tags: Leuwi Lieuk, Curug Sentul, Curug Daerah Bogor

 

 

 

rekomendasi wisata bogor, wisata baru di bogor, curug baru di bogor, wisata curug leuwi lieuk, curug leuwi hejo, curug babakan madang, biaya masuk, tiket masuk curug, wisata alam bogor jawab barat, fakta leuwi lieuk

_________________________________________________________

Curug Cigangsa, Keindahan Di Balik Bencana

Penulis: Fikri Ardiansyah

Chrisye pernah bilang, “badai pasti berlalu,” dan disaat badai berlalu, datanglah sebuah keajiban dalam bentuk yang berbeda-beda. Salah satu bukti yang nyata atas kepercayaan tersebut adalah Curug Cigangsa ini, yang terukir dengan indah setelah gempa yang pernah mengguncang Sukabumi beberapa tahun silam.

_________

Baca juga: Jajal Arung Jeram Terbaik Sukabumi

_________

Foto: Lily Eliani

Cigangsa memiliki aliran air yang lebih tenang dibanding Curug Cikaso atau curug lain di kawasan Surade, karena kontur tebingnya seperti tangga sehingga air pun nggak langsung jatuh ke dasar curug. Kalo diliat dari kejauhan, Curug Cigangsa mirip Air Terjun Niagara di America.

_________

Baca juga: Inilah Curug Lagenda Dari Sukabumi Selatan

_________

Selain itu, area sekitar curug juga lebih didominasi oleh tebing dan perbukitan, bukan sekedar hutan. Maka, jangan bingung kalo disini banyak fotografer-fotografer berkeliaran, karena emang ini habitat mereka. Persoalan bisa berenang atau nggak, semuanya tergantung cuaca. Perhatikan debit dan kencangnya arus air. Penting: apabila langit mulai mendung, kalian harus balik ke pos awal, karena aliran air Curug Cigangsa dapat meluap sewaktu-waktu.

Tags: Leuwi Lieuk, Curug Sentul, Curug Daerah Bogor

Akses Menuju Curug Cigangsa

Kendaraan nggak bisa masuk. Kalian harus berjalan kaki selama 15 menit dari tempat parkir/pintu masuk, lewatin pematang sawah dan perkebunan warga. Biaya masuk: Rp. 3.000. Parkir: Rp. 12.000.

LokasiDusun Batusuhunan, Kecamatan Surade, 30 menit dari Curug Cikaso, 90 menit dari Ujung Genteng. 

Tags: Leuwi Lieuk, Curug Sentul, Curug Daerah Bogor

Penulis: Fikri Ardiansyah

Cari tau curug keren lain di Sukabumi dalam majalah Gloob! edisi ke-10 yang bisa kalian download secara cuma-cuma melalui link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *