Sederhananya, snorkeling atau skin diving adalah aktivitas yang serupa dengan berenang, namun snorkeling ini lebih bertujuan untuk melihat keindahan ekosistem bawah laut, bukan olahraga.

Bagaimana pun, sadar atau nggak, snorkeling juga memiliki dampak positif bagi tubuh, karena banyak gerakan dalam olahraga renang yang kita terapkan saat snorkeling.

manfaat snorkeling dan renang

Nah, berikut Gloob! sudah rangkum beberapa manfaat snorkeling bagi tubuh.

Menurunkan Risiko Diabetes

Saat snorkeling, kita bisa menghabiskan waktu sampai 5 jam lebih di dalam air. Padahal, setiap 60 menitnya, ada 600 kalori yang telah terbakar akibat kegiatan tersebut.

Coba bayangkan, berapa ribu kalori dan berapa banyak persentase turunnya risiko diabetes yang telah kita buang saat kita snorkeling.

Menurunkan Berat Badan

Cocok nih bagi kalian yang mau menurunkan berat badan tapi males diet. Snorkeling yang memaksa banyak gerak membuat pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh pun merata, nggak cuma di satu bagian aja.

Bahkan, kelenturan sendi juga ikut terlatih sehingga bentuk tubuh jadi ideal, tegap, nggak bungkuk.

Otot & Tulang Menguat

Selain sendi, tentunya, otot dan tulang juga terkena dampak positifnya. Kebugaran tubuh pun ikut meningkat.

Hal ini disebabkan karena tenaga yang kita keluarkan untuk mendorong beban tubuh jauh lebih berat saat di air dibandingkan udara (seperti ketika berlari).

Mengatasi masalah pernapasan

Seperti yang telah diketahui, berenang sangat berpengaruh bagi kesehatan paru-paru. Banyak permasalahan pernapasan yang dapat diatasi oleh aktifitas yang satu ini, mulai dari mendengkur, terlalu mudah lelah, bahkan ampuh menghindari asma.

Menjaga Kesehatan Kerja Jantung

Ini jelas. Penelitian telah menunjukan bahwa kita seenggaknya perlu olahraga sebanyak 150 menit dalam seminggu, untuk menjaga kesehatan organ tubuh kita, termasuk salah satunya yang terpenting adalah jantung.

Kalo mau lebih jelas, coba baca artikel dari Web MD ini: Exercise With Heart Disease.

Menurunkan Risiko Kanker

Saat snorkeling, kulit kita terpapar sinar matahari. Perlu kalian ketahui, sinar matahari itu mengandung vitamin D, yang sudah terbukti ampuh menurunkan risiko kanker, seperti kanker prostat bagi pria dan kanker payudara bagi wanita.

Mengeluarkan Racun

Adapula manfaat lain terpapar sinar matahari saat senorkeling, yaitu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini tanpa kalian sadari juga meningkatkan kinerja hati yang berfungsi mengeluarkan racun melalui urine atau keringat.

Jadi, kalian nggak perlu takut-takut lagi terkena sinar matahari, tapi tetap harus tahu batasan, ya.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat snorkeling yang bisa kalian dapat. Mulai sekarang, sisihin uang jajan supaya bisa snorkeling bulan depan, oke!

_______

Baca juga: Biar Jadi Traveler Sehat, Makan Buah Ini

Penulis: Galih

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *