Negara-negara ini Memiliki Julukan yang Unik tapi Penuh Makna

Saat remaja, kita sering kali dikasih julukan yang didasarkan atas apa yang ada di diri kita. Kadang bagus, kadang aneh. Hal itu juga ternyata berlaku di banyak negara. Hampir setiap negara memiliki julukannya masing-masing, yang tentunya didapatkan atas dasar karakteristik khas negara itu sendiri. Nah, berikut beberapa negara yang memiliki julukan unik tapi bermakna dalam.

India-Negara Anak Benua

Ilustrasi: Wikipedia

Dulunya, sebelum lempeng tektonik negara Asia Selatan yang disebut Lempeng India bertumbukan dengan Lempeng Eurasia, India merupakan benua kecil. Lempeng India tersebut terus bergerak hingga kini, dan menyebabkan tinggi pegunungan Himalaya terus bertambah beberapa sentimeter setiap dasawarsa. Maka dari itu India disebut anak benua.

Inggris-The Black Country

Inggris termasuk dalam kategori negara maju. Hal itu disebabkan oleh perekonomian yang seimbang atas industri-industri yang mereka miliki. Pusat industri itu sendiri berada di Birmingham dan Sheffield. Nah, karena kedua kota itu merupakan pusat industri, udara disana tergolong kotor bahkan tercemar. Asap hitam kerap menyelimuti. Bukan hanya mengganggu pernapasan, tapi juga mengganggu pemandangan,  maka dari itu negara ini disebut “The Black Country”.

Jepang-Negara Matahari Terbit

Ilustrasi: Wikipedia

Sebenarnya julukan ini sudah nggak asing lagi ditelinga kita. Permasalahannya, nggak semua orang tau fakta-fakta lain di balik julukan tersebut. Kerap kali julukan itu dikaitkan dengan kedisiplinan. Memang benar, tapi kurang lengkap aja. Julukan “matahari terbit” itu juga didapat berdasarkan legenda masyarakat Jepang. Konon katanya, Jepang diciptakan oleh dewa matahari. Bahkan, kaisarnya dulu juga disebut-sebut sebagai putra dari dewa tersebut. Nah, dari situ juga gambar matahari di bendera Jepang berasal.

Kamboja-Hell On Earth

Ilustrasi: The Traveluster

Ini yang paling beda, Kamboja. Julukan “Hell On Earth” yang menempel di negara ini berasal dari peristiwa yang pahit. Pada tahun 1970-an, ada sebuah pembantaian massal oleh rezim Khmer Merah, yang menewaskan lebih dari 2 juta jiwa. Kaum intelektual adalah korban utama kala itu. Genosida tersebut berhenti setelah Vietnam mengambil alih Kamboja pada tahun 1978, dan saat itulah julukan “Hell On Earth” tercetus.

Singapura-Negera Seribu Satu Larangan

Ilustrasi: Wikipedia

Pernah melihat baju khas dari Singapura yang bertuliskan “Singapore is a Fine City” lalu di bawahnya ada gambar berupa tanda-tanda larangan? Yap, hal itulah yang menjadi sebab Singapura mendapatkan julukan “Seribu Satu Larangan”. Begitu banyak larangan yang diterapkan oleh pemerintah Singapura, bahkan hal-hal terkecil seperti meludah di tempat umum-pun dilarang.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *