Sukabumi, entah kenapa, selalu dikaitkan dengan pantai. Emang keren sih pantai-pantainya, tapi bukan berarti destinasi wisata selain pantai di Sukabumi nggak keren. Tetep juara! Nah, berikut Gloob! punya beberapa list tempat wisata di Sukabumi selain pantai yang patut kalian datangi.

 

WISATA KULINER DI JL. IR. H. JUANDA

objek wisata di sukabumi
Foto: portal.sukabumikota.go.id

Berjalan di tengah kota Sukabumi yang masih nuansa klasik sambil berburu makanan. Dari batagor, seblak, hingga martabak mini bisa kalian temuin. Umumnya, kawasan ini akan ramai sewaktu jam pulang sekolah, antara jam 12 siang – 3 sore. Memulai dan mengakhiri Sukabumi-trip di sini, adalah kenikmatan!

 

PIKNIK CANTIK SELABINTANA

objek wisata di sukabumi
Foto: hote.com.au

Destinasi wisata di Sukabumi yang cocok kalian pilih apabila kalian mau nyantai, melepas penat dengan nggak nglakuin apa-apa. Taman rekreasi yang udah dibangun sejak abad ke-19 ini punya hamparan rumput hijau yang nyejukin dan juga kolam renang. Kalian bisa gelar tikar, bawa bekal untuk makan siang di tengah pepohonan rimbun dan udara sejuk khas Sukabumi.

Lokasi: Jl. Selabintana, Sundajaya Girang, Sukabumi. +62 266 221501

Biaya masuk: Rp. 5.000/orang.

 

SELAM-SELAM SANTASEA WATERPARK

objek wisata di sukabumi
Foto: Yuhendri

Wisata yang baru diresmikan pada April 2016 ini patut kalian coba, karena memiliki fasilitas lengkap dan pastinya menghibur. Dengan kata lain, tempat ini cocok banget bagi kalian yang mau liburan atau rekreasi bareng keluarga!

Ada beberapa jenis wahana yang terdapat di SantaSea Waterpark, seperti kolam air hangat, kolam standar kejuaraan, kolam ombak, kolam arus, prosotan setinggi 30 m kolam untuk anak-anak, bahkan tersedia juga kebun binatang mini. Pedestarian yang bersih dan taman yang luas juga jadi nilai lebih.

Lokasi: Jl. Pramuka, Gedongpanjang, Citamiang. +62 877-2270-9190

Biaya masuk: Rp. 60.000/orang.

 

PACU ADRENALIN DI ARUNG JERAM SUNGAI CITATIH

objek wisata di sukabumi
Foto: wisatajawa.co.id

Untuk mencicipi objek wisata di Sukabumi yang satu ini butuh nyali besar. Gimana nggak? Cara menikmatinya adalah dengan mengarungi jeram Citatih, yang terkenal gahar itu.

Sungai Citatih seenggaknya mempunyai 20 jeram ekstrem yang harus dilewatin, dan yang terkenal adalah Jeram Gigi, Jeram Coffee, dan Jeram Naga. Jaraknya pun variatif, kalian bisa pilih sesuai keinginan. Biasanya, pihak pengelola juga menawarkan kegiatan outdoor lainnya, seperti mountain biking dan paint ball.

Lokasi: Jl. Raya Pelabuhan Ratu KM 30, Warung Kiara. +62 856 9574 7057/+62 812 1257 6009

Biaya: Jeram 13 km: (minimal 5 orang) Rp. 375/orang. Mountain Biking: Rp. 275.000/orang. Paint ball: Rp. 220.000/orang.

 

TANTANG NYALI DI ARUNG JERAM SUNGAI CITARIK

objek wisata di sukabumi
Foto: Indo Outbond

Jika Citatih terasa kurang, kalian bisa mencoba jeram sungai Citarik yang masuk kategori grade 4. Ada beberapa varian jarak yang bisa kalian pilih di Sungai Citarik, antara lain 5 km, 9 km, dan 12 km. Masing-masing jarak memiliki durasi dan tingkat kesulitan yang berbeda. Di sungai Citarik ini juga tersedia beberapa paket yang sama seperti di Sungai Citatih, seperti flying fox dan paint ball.

Lokasi: Jl. Raya Pelabuhan Ratu KM. 27, Cikiray, Cikidang. 0878 7513 7077/085774406386 (Talenta Outbond).

Biaya: Jeram 5 km (minimal 10 orang): Rp. 225.000. (Harga sudah termasuk makan, cemilan, jemputan di meeting point, dan asuransi).

 

SANTAI DI PONDOK HALIMUN

objek wisata di sukabumi
Foto: Fauzi Hidro

Liburan kembali ke alam. Inilah tempat yang pas bagi kalian pencinta aktivitas outdoor yang sedang malas capek-capek mendaki gunung tinggi, tapi juga nggak mau sepenuhnya dimanja. Destinasi wisata Pondok Halimun Sukabumi ini terdapat camping ground yang cukup luas, berada di ketinggian sekitar 1000 m di atas permukaan laut, dan tentunya kalian bisa diriin tenda disana.

Nggak jauh dari area berkemah, ada aliran sungai Cipelang yang bersih dan menyegarkan. Dari kejauhan, puncak Gunung Gede-Pangrango juga bisa terlihat, bahkan kalian bisa trekking menuju Curug Cibeureum yang legendaris.

Lokasi: Jl. Selabintana, Sundajaya Girang, Sukabumi. +62 857-8000-2200

Biaya masuk: Rp. 5.000 (pejalan kaki), Rp. 8.000 (motor), Rp. 20.000 (mobil). Biaya Masuk Curug Cibeureum: Rp. 5.000/orang. Retribusi berkemah: Rp. 27.500/malam.

 

GEMBOK CINTA PENUH ROMANSA

objek wisata di sukabumi
Foto: Supanji

Rekreasi di dalam kota atau biasa dikenal dengan urbantourism emang nggak bermasalah. Apalagi jika kalian bawa pasangan berkunjung ke Sukabumi, maka Taman Gembok Cinta ini bisa jadi tempat mampir sejenak yang patut dicoba.

Monumen berupa pagar yang bentang sepanjang 12 m dengan ketinggian sekitar 1,5 m ini jadi pusat perhatian terutama bagi anak muda. Bukan hanya dijadikan kawasan sakral bagi remaja yang sedang dimabuk cinta, tempat ini juga jadi lokasi berkumpulnya beragam komunitas yang tersebar di Sukabumi.

Lokasi: Jl. Tangkil, Kampung Cijambe, sekitar 20 menit dari Masjid Agung Kota Sukabumi.

Biaya: Gratis!

 

BELAJAR SEJARAH MUSEUM PEGADAIAN

objek wisata di sukabumi
Foto: I Love Sukabumi

Ada sejarah yang kuat di balik kegiatan pegadaian di Indonesia, dan itu semua tersaji di Museum Pegadaian ini. Mulai dari brankas yang digunakan Belanda saat kali pertama pegadaian lahir di Indonesia (sekitar awal abad ke-19), mesin tik, hingga sepeda ontel ditampilkan dan cukup menyita perhatian  banyak golongan.

Namun, karena tidak ada biaya retribusi, kondisi museum pun terlihat kurang terawat. Banyak debu yang menutupi koleksi. Meski demikian, objek wisata di Sukabumi yang satu ini cukup menarik dan beda untuk masuk ke daftar destinasi selanjutnya.

Lokasi: Jl. Pelabuhan II, Dayeuhluhur, hanya 10 menit dari SantaSea Waterpark. +62 266 222973. Jam buka: 8 pagi hinnga 3 sore.

 

MUSEUM KIPAHARE DAN SEJARAH SUKABUMI

objek wisata di sukabumi
Foto: sukabumiupdate.com

Jauh lebih spesifik dibanding Museum Pegadaian yang membahas tentang sejarah kepegadaian di Indonesia, Museum Kipahare utamanya membahas tentang sejarah berdirinya kota Sukabumi itu sendiri. Beragam foto dan dokumen yang ngegambarin kronologi lahirnya Sukabumi terpajang disana.

Bukan hanya itu, Museum Kipahare juga nampilin beberapa arca yang ditemukan di Sukabumi, dan perkakas masyarakat Sunda tempo dulu. Sederhananya, destinasi wisata Sukabumi ini cocok bagi kalian yang mau tau gimana kota ini lahir.

Lokasi: Jl. Baros, Kecamatan Baros, sekitar 30 menit dari SantaSea Waterpark.

 

TAMBAH WAWASAN DI KONSERVASI ELANG JAWA

objek wisata di sukabumi
Foto: Sukabumizone

Mengenal lebih dalam tentang Elang Jawa, satwa nasional yang nasibnya kini serupa menyedihkannya dengan Badak Jawa dan Harimau Sumatera. Tempat ini lebih diperuntungkan bagi mereka yang ingin melakukan penelitian atau konservasi tentang Elang Jawa, bukan sekedar wisata biasa. Namun, kalian bisa mencoba peruntungan untuk nyari dan liat Elang Jawa dengan melakukan prosedur perizinan terlebih dahulu.

Lokasi: Jl. Ciparay, Cikahuripan, kadudampit. Jam buka: 8 pagi hingga 5 sore. +62 852-1630-0201

 

KEMBALI LESTARI PENANGKARAN PENYU

objek wisata di sukabumi

Rekreasi bareng keluarga dengan melihat penyu dilepas ke alam liar merupakan pengalaman yang mustahil dilupakan. Di tempat ini, kalian juga bisa bermain sejenak bersama penyu dengan berbagai jenis dan ukuran, mempelajari tentang habitat dan kelangsungan hidupnya di Indonesia.

Jika beruntung, di destinasi wisata alam andalan Sukabumi ini kalian juga bisa liat penyu dewasa bertelur di pinggir pantai Pangumbahan. Namun, akses menuju tempat ini masih terbilang sulit. Kalian harus menyewa motor atau ojek untuk mencapai tempat konservasi ini. Jika ingin melihat pelepasan penyu, kalian harus datang sebelum matahari terbenam, sekitar jam 4 sore.

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Ciracap, Pantai Pangumbahan, Kawasan wisata Pantai Ujung Genteng, Sukabumi.

Biaya pelepasan penyu: Rp. 10.000/orang. Penginapan di area penangkaran: Rp. 250.000.

 

BUDAYA SUNDA DAN CIPTAGELAR

objek wisata di sukabumi
Foto: Fauzan Evan

Sebuah desa yang ngajarin kita kesederhanaan, tempat dimana kita bisa pelajarin budaya Sunda lebih dalam. Masyarakat Ciptagelar sangat konsisten menjaga kelangsungan adat dan budayanya. Bahkan, itu semua dapat terliat dari rumah panggung yang menjadi tempat tinggal masyarakat disana. Selain memiliki pemandangan yang memikat baik dari segi desa atau alamnya, Objek wisata di Sukabumi ini juga punya satu makanan khas yang wajib kamu coba, yakni Sangu Akeul.

Panganan ini adalah nasi yang terbuat dari beras yang udah berumur lama dan memiliki rasa yang berbeda dengan nasi yang biasa kita makan, karena kandungan gula dalam beras sudah sangat sedikit. Bukan hanya itu, ada juga kopi khas Ciptagelar, di mana kopinya sudah dicampur gula aren, dan pastinya bisa kalian bawa pulang.

Nggak ada tarif yang ditentukan untuk singgah dan menginap di Ciptagelar. Semuanya berdasarkan kesadaran. Ada beberapa jalur menuju Ciptagelar, namun yang udah beraspal dan mudah dilewati adalah jalur Cicadas. Dari Cicadas, kalian harus menuju Cikadu lalu lanjut ke Gunung Bongkok. Satu hal lagi yang perlu kalian ketahui, yaitu persiapkan fisik yang fit, karena trekking menuju Ciptagelar bukanlah perjalanan yang mudah ditaklukin.

 

SISI HIJAU SUKABUMI: GEOPARK CILETUH

objek wisata di sukabumi

Geopark nasional yang berada di tanah Sukabumi ini sangat kaya akan keanekaragaman satwa, tumbuhan, dan juga panorama alam. Tapi, menurut penuturan warga sekitar, butuh setidaknya 3-4 hari untuk menikmati sekitar 50% sajian wisata yang ada di Ciletuh Geopark ini. Bisa dibilang juga, Geopark Ciletuh cukup kompeten untuk dijadiin destinasi liburan keluarga.

Ada 9 curug, 4 pulau, 2 gua, dan 11 pantai yang masuk dalam kawasan Geopark Ciletuh, namun hanya beberapa yang memiliki popularitas tinggi karena pesonanya, seperti Curug Awang, Curug Sodong, dan Curug Simarinjung. Pengunjung juga bisa cari informasi lengkap dengan ngunjungin pos pengelola, baik yang berada di kawasan geopark maupun di pusat pemerintahan daerah Palabuhanratu.

 

SELUSUR GUA BUNIAYU

objek wisata di sukabumi
Foto: Taufik Alisandy

Objek wisata di Sukabumi yang satu ini bakal ngajak kamu menelusuri ruang sempit, bermandi lumpur, ngelewatin sungai, dan merayap untuk sedikit lebih dekat dengan inti bumi adalah pengalaman menantang yang menanti kalian di Gua Buniayu.

Ada dua jenis gua yang bisa kalian jelajahin, yakni Gua Angin (minat umum) dan Gua Kerek (minat khusus). Perbedaan yang mencolok antar kedua gua tersebut bukan hanya dari jarak, tapi juga tingkat kesulitan. Di Gua Kerek, kalian akan memakan waktu sekitar 3 jam berjalan menjelajah seisi gua dengan konturnya yang hampir vertikal.

Lokasi: Jl. Selakopi, Nyalindung, 1 setengah jam dari pusat kota Sukabumi.

Biaya: Gua Angin: Rp. 15.000/orang; Gua Kerek; Rp. 85.000/orang; Penginapan: Rp. 300.000/rumah.

 

JELAJAH KEDALAMAN GUA LALAY

objek wisata di sukabumi
Foto: Muhammad Aditio

Ini solusi liburan di Sukabumi yang nggak jauh-jauh amat dari kota. Gua Lalay dihuni oleh ratusan bahkan ribuan kelelawar, gua kaya pesona yang satu ini masih minim pengunjung. Bukan karena jarang yang tahu atau kurang tertarik, tapi lebih ke rasa takut.

Berbeda dengan Gua Buniayu yang terfasilitasi, selain harus menjaga suara agar nggak membangunkan ribuan kelelawar, pengunjung juga harus berhati-hati agar nggak terjatuh dari tangga bambu yang jadi satu-satunya pegangan untuk masuk ke dalam gua.

Diperkirakan kedalaman total gua ini mencapai 15 km, namun pengunjung hanya dianjurin untuk menjelajah sejauh 250 m ke dalam gua, mengingat keseluruhan gua belum sepenuhnya diteliti.

Lokasi: Jl. Pelita, Kecamatan Citarik, hanya 20 menit dari pusat Palabuhanratu.

Biaya: Pemandu: Rp. 50.000-Rp. 100.000.

 

MENELISIK GUA LAUT KUNTI

objek wisata di sukabumi
Foto: Noniq

Nggak seperti Gua Buniayu atau Gua Lalay, destinasi wisata Gua Laut Kunti Sukabumi hanya memiliki panjang sekitar 4 m dengan ketinggian 3 m. Berhadapan langsung dengan laut lepas, Gua Laut Kunti merupakan tempat yang ideal untuk bersantai dan berswafoto. Apabila kalian ingin mendirikan tenda, rekreasi bergaya petualang macho, kalian harus melakukan perizinan terlebih dahulu oleh pihak pengelola kawasan.

Lokasi: Masuk dalam kawasan Geopark Ciletuh, kecamatan Ciemas, terletak tepat di depan Pulau Kunti atau bagian barat Gunung Badak.

 

GUA LAUT SODONG BARAT

objek wisata di sukabumi
Foto: Ron Agusta

Objek wisata di Sukabumi selanjutnya adalah Gua Laut Sodong. Gua Laut Sodong Parat merupakan salah satu gua yang dapat membuat nyali kalian kendur. Memang hanya sepanjang 7 m dengan ketinggian sekitar 2 m, tapi air laut yang mengalir didalamnya adalah obstacle yang nggak mudah dilalui. Saat kondisi pasang, kalian bisa nglaluinnya dengan menaiki Kano, dan saat surut, kalian bisa telusuri gua tersebut hanya dengan berjalan kaki.

Lokasi: Berada di semenanjung Pantai Cikepuh, Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas.

 

Nih, masih ada destinasi wisata selain pantai di Sukabumi lainnya:

 

Tip: Biaya dan Akses/Cara Menuju Sukabumi

BY TRAIN

Terutama bagi kalian yang tinggal di Jabodetabek, moda transportasi ini adalah pilihan yang nguntungin. Kalian harus menuju Stasiun Paledang, sebuah stasiun kereta api yang berdekatan dengan stasiun utama Bogor dan menjadi satu-satunya stasiun yang digunakan untuk keberangkatan menuju Sukabumi. Stasiun Paledang sendiri berada tepat di seberang stasiun Bogor, 5 menit berjalan kaki. Kereta Api Pangrango yang melayani Bogor-Sukabumi dan sebaliknya tersedia dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Harga tiket kereta Bogor-Sukabumi adalah Rp. 20.000/orang. Pemesanan tiket dapat melalui www.tiket.kereta-api.co.id

BY BUS

Dari Jakarta, ada beberapa terminal yang tersedia angkutan dengan tujuan Sukabumi, antara lain Terminal Kali Deres, Terminal Pulogadung, dan Terminal Lebak Bulus. Ada juga dari Terminal Depok. Beda penyedia jasa angkutan, beda harga. Seperti PO. Parung Indah yang dibandrol dengan harga Rp. 30.000/orang, sedangkan PO. Langgeng Jaya Rp. 25.000/orang, dan PO. Tunggal Jaya Rp. 28.000/orang. Berbeda dengan Depok dan Jakarta, keberangkatan dari Terminal Baranangsiang, Bogor, jauh lebih murah, yakni Rp. 20.000/orang.

KENDARAAN PRIBADI

Menggunakan kendaraan pribadi bukan pilihan yang buruk. Selain lebih praktis, dengan membawa kendaraan pribadi juga dapat menghemat biaya. Kalian hanya tinggal mengikuti Jl. Raya Ciawi-Sukabumi selama 3 jam (jika lancar), hingga akhirnya kalian disambut dengan papan jalan bertuliskan “Selamat Datang di Kabupaten Sukabumi”.

 

Transportasi di Sukabumi

ANGKOT

Untuk menuju beberapa area pusat kota Sukabumi seperti Cikole atau Cibeureum, angkutan umum berupa minivan masih mudah ditemuin (Rp 4.000/orang). Namun, untuk capai beberapa wilayah yang cukup jauh seperti Pelabuhan Ratu, kalian harus naik bus. Bus dari terminal Sukabumi menuju Pelabuhan Ratu tersedia dari jam 5 pagi hingga 6 sore dengan harga yang berkisar dari Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000/orang.

MOBIL

Kalian bisa sewa mobil buat anter kalian keliling kota Sukabumi. Dengan rata-rata harga Rp. 500.000/12 jam, juga disediain supir. Namun, harga itu di luar biaya bensin atau parkir. Nisa Car Rental: 0812 8079 9229/0857 2323 7111. Sahel: 08567989696.

ANGKUTAN BERBASIS ON-LINE

Perusahaan penyedia jasa angkutan berbasis daring seperti AyoJek bahkan Go-Jek kini udah hadir di Sukabumi. Kalian bisa gunain buat jelajah Sukabumi. Cukup unduh aplikasinya di ponsel cerdas kalian, pilih tujuan, maka mereka akan siap dampingin kalian ke tempat tujuan.

 

Masih banyak lagi destinasi wisata di Sukabumi. Baca ulasan lengkapnya dalam majalah Gloob! edisi ke-10 yang bisa kalian download secara cuma-cuma melalui link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *