Curug Pangeran Itu Wajib Hukumnya

Bogor itu menjadi solusi terbaik untuk liburan enak, harga yang terjangkau, dengan pemandangan indah bukan main. Nggak jarang banyak wisatawan yang menjadikan Bogor sebagai salah satu ‘tempat favorit’-nya karena alasan mudah, murah, dan megahnya itu. Nah, salah satu destinasi yang wajib kalian jajal didasari oleh 3 hal tadi adalah Curug Pangeran. Kenapa?

Biar nggak bingung dan terlalu nebak-nebak berapa uang yang bakal keluar, nih tim Gloob! coba kasih perhitungannya. Pada awal jalan (naik motor), kalian harus menyediakan sedikitnya 50 ribu untuk bensin. Lalu, harga tiket masuk kawasan wisata Gunung Bunder itu 5 ribu rupiah untuk pengunjung, dan 10 ribu rupiah untuk kendaraannya, jadi totalnya 15 ribu rupiah.

_________

Baca juga: Ini Caranya Mempermudah Liburan

_________

Setelah masuk, sekitar 2 km ke depan kalian bakal nemuin belokan yang langsung berpapasan dengan pertigaan. Ke kanan adalah jalur utama, ke kiri itulah yang menuju curug Pangeran. Saat sampai di lokasi, kalian harus bayar lagi tiket masuk ke curug sebesar 7.500 rupiah, maka sampailah kalian ke tempat menakjubkanyang tim rekomendasikan. (Harga Mei 2017)

Eits, satu lagi, bayar parkir seharga 5 ribu rupiah. Jadi, jika di total biaya yang harus dikeluarkan adalah 77.500 rupiah. Tapi, kalo kalian mau jajan-jajan gitu, bawa aja 100 ribu, biar bisa dijadiin pegangan untuk hal tak terduga lainnya.

 

HARUS BANGET?

Disana, kalian nggak cuma bisa berenang aja di air yang beningnya bukan main, tapi kalian juga bisa selusur aliran airnya tersebut. Kalian bakal temuin spot-spot keren yang ada di kawasan Curug Pangeran. Warga sekitar Curug Pangeran juga sudah menemukan curug baru yang nggak kalah keren dengan curug Pangeran, yakni Curug Kondang.

_________

Baca juga: Ada Curug Di Sebelah Curug

_________

Akses untuk berjalan dan menyusuri beragam keindahan Curug Pangeran juga udah ditata rapih banget. Ibarat pepatah mengatakan, “sambil menyelam minum air.” Banyak yang bisa kalian jelajahi dalam satu lokasi, jadi nggak cepet bosen kalo datang kesana. Tapi, kalian harus bayar lagi kalo mau masuk ke teritorinya Curug Kondang, yaitu 7.500 rupiah aja.

Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

*Di atas adalah kutipan dari artikel majalah Gloob! edisi ke-2. Baca secara lengkap ulasan Curug Pangeran atau destinasi istimewa lainnya di majalah Gloob! melalui link ini:

__________________________________________________________

Curug Cigangsa, Keindahan di Balik Bencana

Penulis: Fikri Ardiansyah

Chrisye pernah bilang, “badai pasti berlalu,” dan disaat badai berlalu, datanglah sebuah keajiban dalam bentuk yang berbeda-beda. Salah satu bukti yang nyata atas kepercayaan tersebut adalah Curug Cigangsa ini, yang terukir dengan indah setelah gempa yang pernah mengguncang Sukabumi beberapa tahun silam.

_________

Baca juga: Jajal Arung Jeram Terbaik Sukabumi

_________

Foto: Lily Eliani

Cigangsa memiliki aliran air yang lebih tenang dibanding Curug Cikaso atau curug lain di kawasan Surade, karena kontur tebingnya seperti tangga sehingga air pun nggak langsung jatuh ke dasar curug. Kalo diliat dari kejauhan, Curug Cigangsa mirip Air Terjun Niagara di America.

_________

Baca juga: Inilah Curug Lagenda Dari Sukabumi Selatan

_________

Selain itu, area sekitar curug juga lebih didominasi oleh tebing dan perbukitan, bukan sekedar hutan. Maka, jangan bingung kalo disini banyak fotografer-fotografer berkeliaran, karena emang ini habitat mereka. Persoalan bisa berenang atau nggak, semuanya tergantung cuaca. Perhatikan debit dan kencangnya arus air. Penting: apabila langit mulai mendung, kalian harus balik ke pos awal, karena aliran air Curug Cigangsa dapat meluap sewaktu-waktu.

Akses Menuju Curug Cigangsa

Kendaraan nggak bisa masuk. Kalian harus berjalan kaki selama 15 menit dari tempat parkir/pintu masuk, lewatin pematang sawah dan perkebunan warga. Biaya masuk: Rp. 3.000. Parkir: Rp. 12.000.

LokasiDusun Batusuhunan, Kecamatan Surade, 30 menit dari Curug Cikaso, 90 menit dari Ujung Genteng. 

Cari tau curug keren lain di Sukabumi dalam majalah Gloob! edisi ke-10 yang bisa kalian download secara cuma-cuma melalui link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *