Menerawang Pahawang

Destinasi prioritas Lampung ini nggak akan bikin kalian nyesel. Keindahan pantai dan bawah lautnya pasti memesona kalian dan kalian pun bakal lupa waktu juga males balik ke rumah.

Melancong ke Pahawang juga nggak makan biaya banyak, karena kalian bisa melakukan perjalanan mandiri yang tentunya bisa menyesuaikan pendanaan kalian. Kalo kalian maunya menggunakan jasa wisata, biasanya per-orang kena Rp. 500-600 ribu, tergantung fasilitas yang kalian dapat.

_________

Baca juga: Kawasan Wisata Mudah, Murah, Indah

_________

Pamor tinggi yang dimiliki Pahawang bukanlah hal yang mudah didapat. Usaha pemerintah dan warga sekitar dalam memajukan potensi pariwisata Pulau Pahawang pernah gagal, sehingga perlu diadakannya upaya lanjutan. Sekarang, beberapa fasilitas pendukung seperti canoe dan banana boat sudah tersaji di Pahawang.

 

Dengan atraksi unggulannya, Taman Nemo dan Lumba-lumba, Pahawang telah menjadi destinasi wisata yang paling diincar di tanah Lampung. Cobalah sesekali kalian menerawang Pahawang. Disana berjejer pulau-pulau kecil di sekitar Pahawang yang kece buat snorkeling-an, dan tentunya setiap pulau tersebut memiliki beberapa pembeda, seperti:

Gosong Bekri

Gosong Bekri merupakan sebuah spot snorkeling yang memungkinkan kalian untuk berfoto dengan sebuah candi di dalam air. Hal ini cukup unik, mengingat di Kepulauan Seribu belum ada. Di spot ini selalu ada dua penjaga, guna membantu wisatawan yang sulit menyelam agar dapat berfoto dengan candi tersebut, karena terkadang kedalamannya dapat berubah, tergantung lagi pasang atau nggak.

_________

Baca juga: Arung Jeram Menantang dan Terbaik Sukabumi

_________

Tanjung Putus

Spot yang satu ini paling sesuatu, karena ada bangkai kapal di dalamnya yang menarik banget untuk diliat. Sayangnya, kalian perlu keahlian khusus untuk menemukan bangkai kapal tersebut, karena lokasinya tergolong dalam. Selain itu, di Tanjung Putus juga sering terlihat schooling fish, atau gerombolan ikan berjumlah ratusan yang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Taman Nemo

Nggak harus ke Raja Ampat atau Wakatobi untuk menemui ikan yang memiliki popularitas tinggi di dunia: Nemo. Di Pahawang, kalian juga dengan mudahnya dapat menemukan taman-taman bawah laut yang dibuat khusus untuk tempat tinggal para nemo. Bukan hanya lucu untuk dipandang, kalian juga dapat berfoto dengan Anemon yang berwarna-warni. Taman-taman tersebut juga merupakan bentuk pembudidayaan ikan badut (Nemo) oleh warga sekitar.

Gosong Pancong

Berbeda dengan Gosong Bekri, Gosong Pancong memiliki karakteristik yang unik tentang ketinggian air. Di spot ini, kalian yang cukup mahir dalam mengatur nafas bisa menjajal free dive dan melihat pemandangan laut yang sangat menggelegar khas Lampung. Jarak antara permukaan laut dengan karang bisa mencapai 6 meter, jadi jangan sembarangan saat menyelam. Minimal kalian harus menguasai teknik equalizing.

Cukuh Bedil

Cukuh Bedil memiliki ketinggian air yang pas, nggak terlalu dalam dan nggak terlalu rendah. Bagi kalian yang ingin berfoto sambil menunjukan keberadaan kalian, maka spot ini sangatlah cocok, karena di dalam airnya terdapat papan bertuliskan “Taman Bawah Laut Pahawang”. Adapula yang bertuliskan “Welcome to Pahawang”. Di Cukuh bedil kalian juga dapat melihat banyaknya taman transplantasi terumbu karang.

 

Cari tahu beragam hal menarik serta panduan berwisata ke Pahawang di majalah Gloob! edisi ke-9, yang bisa kalian baca atau unduh melalui link di bawah ini:

Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

 

 

 

 

 

 

__________________________________________________________

Manfaat Snorkeling Bagi Kesehatan Tubuh

Penulis: Dewa Aji Panggalih

Sederhananya, snorkeling atau skin diving adalah aktifitas yang serupa dengan berenang, namun snorkeling ini lebih bertujuan untuk melihat keindahan ekosistem bawah laut, bukan olahraga.

Bagaimanapun, sadar atau nggak, snorkeling juga memiliki dampak positif bagi tubuh, karena banyak gerakan dalam olahraga renang yang kita terapkan saat snorkeling. Nah, berikut Gloob! sudah rangkum beberapa manfaat snorkeling bagi tubuh.

Menurunkan Risiko Diabetes

Saat snorkeling, kita bisa menghabiskan waktu sampai 5 jam lebih di dalam air. Padahal, setiap 60 menitnya, ada 600 kalori yang telah terbakar akibat kegiatan tersebut. Coba bayangkan, berapa ribu kalori dan berapa banyak persentase turunnya risiko diabetes yang telah kita buang saat kita snorkeling.

Menurunkan Berat Badan

Cocok nih bagi kalian yang mau menurunkan berat badan tapi males diet. Snorkeling yang memaksa banyak gerak membuat pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh pun merata, nggak cuma di satu bagian aja. Bahkan, kelenturan sendi juga ikut terlatih sehingga bentuk tubuh jadi ideal, tegap, nggak bungkuk.

Otot & Tulang Menguat

Selain sendi, tentunya, otot dan tulang juga terkena dampak positifnya. Kebugaran tubuh pun ikut meningkat. Hal ini disebabkan karena tenaga yang kita keluarkan untuk mendorong beban tubuh jauh lebih berat saat di air dibandingkan udara (seperti ketika berlari).

_________

Baca juga: Biar Jadi Traveler Sehat, Makan Buah Ini

_________

Mengatasi masalah pernapasan

Seperti yang telah diketahui, berenang sangat berpengaruh bagi kesehatan paru-paru. Banyak permasalahan pernapasan yang dapat diatasi oleh aktifitas yang satu ini, mulai dari mendengkur, terlalu mudah lelah, bahkan ampuh menghindari asma.

Menjaga Kerja Jantung

Salah satu zat yang terkandung dalam air laut adalah kalsium sulfat. Kalsium sulfat itu sendiri sangat berperan aktif dalam menjaga metabolisme tubuh dan juga kerja jantung.

Menurunkan Risiko Kanker

Saat snorkeling, kulit kita terpapar sinar matahari. Perlu kalian ketahui, sinar matahari itu mengandung vitamin d, yang sudah terbukti ampuh menurunkan risiko kanker, seperti kanker prostat bagi pria dan kanker payudara bagi perempuan.

Mengeluarkan Racun

Adapula manfaat lain terpapar sinar matahari saat senorkeling, yaitu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini tanpa kalian sadari juga meningkatkan kinerja hati yang berfungsi mengeluarkan racun melalui urine atau keringat. Jadi, kalian nggak perlu takut-takut lagi terkena sinar matahari, tapi tetap harus tahu batasan, ya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *