Curug Cigangsa, Keindahan Di Balik Bencana

Efek yang bakal dirasa setelah berkunjung ke Sukabummi itu cuma 2: berkesan sama berkesan banget. Kenapa? Sederhananya karena segelintir destinasi yang ada di Sukabumi punya nilai lebih yang lumayan pusing buat dijelasin, tapi mega-super-asik buat dinikmatin. Contohnya, Curug Cigangsa.

_________

Baca juga: Jajal Arung Jeram Terbaik Sukabumi

_________

cara dan biaya curug cigangsa
Foto: Lily Eliani
Tags: Cara dan Biaya Curug Cigangsa, wisata curug di Sukabumi, Curug di Ujung Genteng, 

Cigangsa memiliki aliran air yang lebih tenang dibanding Curug Cikaso atau curug lain di kawasan Surade, karena kontur tebingnya seperti tangga sehingga air pun nggak langsung jatuh ke dasar curug. Kalo diliat dari kejauhan, Curug Cigangsa mirip Air Terjun Niagara di Amerika.

_________

Baca juga: Inilah Curug Lagenda Dari Sukabumi Selatan

_________

Selain itu, area sekitar curug juga lebih didominasi oleh tebing dan perbukitan, bukan sekedar hutan. Maka, jangan bingung kalo disini banyak fotografer-fotografer berkeliaran, karena emang ini habitat mereka. Persoalan bisa berenang atau nggak, semuanya tergantung cuaca. Perhatikan debit dan kencangnya arus air. Penting: apabila langit mulai mendung, kalian harus balik ke pos awal, karena aliran air Curug Cigangsa dapat meluap sewaktu-waktu. Jangan biarin pacar atau calon pacar yang masih dirahasiain tuhan khawatir!

cara dan biaya curug cigangsa

Tags: Cara dan Biaya Curug Cigangsa, wisata curug di Sukabumi, Curug di Ujung Genteng, 

Akses Menuju Curug Cigangsa

Kendaraan nggak bisa masuk. Kalian harus berjalan kaki selama 15 menit dari tempat parkir/pintu masuk, lewatin pematang sawah dan perkebunan warga. Biaya masuk: Rp. 3.000. Parkir: Rp. 12.000.

*harga dapat berubah sesuai kebijakan pengelola

LokasiDusun Batusuhunan, Kecamatan Surade, 30 menit dari Curug Cikaso, 90 menit dari Ujung Genteng. 

Penulis: Fikri Ardiansyah

Cari tau curug keren lain di Sukabumi dalam majalah Gloob! edisi ke-10 yang bisa kalian download secara cuma-cuma melalui link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

Tags: Cara dan Biaya Curug Cigangsa, wisata curug di Sukabumi, Curug di Ujung Genteng, 
___________________________________________________________

4 Kawasan Wisata Murah, Mudah, Indah

Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

Tempat wisata yang nyuguhin pemandangan indah itu udah pasti banyak disuka. Permasalahannya, biaya yang harus keluar untuk ke tempat itu kadang nggak sehati sama isi kantong. Bahkan beberapa kali putus tanpa alasan. Bikin lemes, karena mau nggak mau harus pasrah sama keadaan, meskipun jiwa petualang  udah bergejolak banget. Kalian setuju sama hal barusan? Kalo iya, khusus buat kalian yang tinggal di Jabodetabek, Gloob! punya beberapa tempat wisata murah yang tetep indah dan deket dari rumah. Semua tempat wisata yang ada dalam kawasan-kawasan di bawah ini, biaya masuknya nggak nyampe Rp. 30.000!

Gunung Bunder

Di kawasan ini, ada bermacam-macam curug dengan ketinggian dan wahan yang berbeda-beda. Mulai dari Curug Ngumpet, Curug Pangeran, hingga Curug Cigamea, semuanya memiliki air yang biru dan jernih. Untuk fasilitas pendukung, di masing-masing curug juga udah tersedia warung bahkan toilet, jadi kalian nggak perlu panik lagi kalo tiba-tiba dilanda sakit perut yang ngeselin.

________

Baca juga: Di Bogor, Ada Destinasi Di Balik Destinasi 

________

Jonggol

Tempat wisata yang paling ikonik dari Jonggol adalah Gunung Batu. Gunung, atau lebih tepatnya bukit, yang memiliki ketinggian 875 meter di atas permukaan laut ini pasti bikin kalian dag-dig-dug-der. Kenapa? Selain karena kemiringingan jalurnya yang hampir menyentuh 75 derajat, puncak Gunung Batu juga berupa jalan setapak yang kiri-kanannya langsung jurang, tanpa pagar pembatas. Tapi, yang jarang orang tau, di Jonggol juga ada beberapa curug kece yang patut dikunjungi, seperti Curug Ciherang dan Curug Cipamingkis.

Babakan Madang

Nama Leuwi Hejo nggak akan pernah lepas dari Babakan Madang. Babakan Madang merupakan sebuah kawasan/kelurahan yang terletak di Kabupaten Bogor, berdekatan dengan Cibinong, atau lebih gampangnya bersampingan dengan taman wisata JungleLand. Disana, selain Leuwi Hejo, masih ada Curug Ciburial, Curug Cibaliung, dan Curug Hordeng yang bisa kalian jadikan kolam pemandian alami. Sebagian besar area di curug-curug tersebut masih sangat terjaga keasriannya. Airnya jernih, tebing-tebing berdiri kokoh di sisi curug, dan pepohonan rimbun masih tumbuh subur di sekelilingnya.

_________

Baca juga: Rasakan Sejuknya Air ‘Pangeran’ Bogor

_________

Tags: Cara dan Biaya Curug Cigangsa, wisata curug di Sukabumi, Curug di Ujung Genteng, 

Rumpin

_________

Baca juga: Kuliner Berkelas Dari Bogor

_________

Kalo ngedenger kata ‘Rumpin’, pasti beberapa dari kalian langsung inget Gunung Munara. Gunung atau bukit yang masih tegap menjulang di ketinggiannya yang mencapai 1119 meter di atas permukaan laut ini, emang sedikit lebih unggul dibanding Gunung Batu karena jalur menuju puncaknya udah tertata rapih, tapi bukan berarti gampang. Butuh berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, melewati akar-akar besar pepohonan yang tumbuh disepanjang jalur, dan sesekali diperlukan sedikit sentuhan teknik climbing. Tapi, sayangnya, nggak semua orang pernah denger nama Curug Dengdeng, Curug Rahong, dan Danau Jayamix, yang faktanya masih satu kawasan dengan Gunung Munara. Padahal, tempat-tempat wisata yang ada di Rumpin ini bisa dibilang pesaing kuat destinasi lain yang ada pada 3 kawasan di atas.

Tags: Cara dan Biaya Curug Cigangsa, wisata curug di Sukabumi, Curug di Ujung Genteng, 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *