Pacu Adrenalin di Open Pit Bukit Kik Karak

Belitung itu seperti tanah wisata. Semua hal bisa dijadikan sesuatu yang menarik. Contohnya Open Pit Bukit Kik Karak ini, yang nggak lain adalah lahan bekas penambangan.

_________

Baca juga: Kejutan Wisata Ala Belitung

_________

Di Belitung emang banyak areal bekas penambangan, tapi sedikit yang punya pemandangan hijau seperti ini. Terletak di Desa Senyubuk, Kelapa Kampit, jalur menuju Open Pit Bukit Kik Karak tergolong menantang karena di beberapa bagian kontur jalannya masih tanah dan bebatuan licin.

Kerennya, destinasi wisata Belitung yang belum terkenal-terkenal amat ini udah dikelola cukup baik. Aktivitas seperti climbing dan caving juga bisa disediakan oleh pihak pengelola bagi kalian yang ingin memacu adrenalin di Open Pit Bukit Kik Karak. Persoalan fasilitas umum, pihak pengelola belum punya kesempatan untuk mewujudkannya. Tapi, menurut Gloob! sih, mending begitu, biar back to nature-nya terasa lebih gereget!

Dari awal masuk, Open Pit Kik Karak ini nggak ada tempat parkir kayak di Bromo atau Bukit Batu. Kurang menantang apa, tuh? Belum lagi kalian harus jalan kaki menuju spot utamanya. Jangan bingung kalo kalian nemu binatang-binatang yang mungkin belum kalian liat sebelumnya, karena emang ke-liar-an hutan di Bukit Kik Karak ini lumayan murni.

Saat sampai di titik utama pun kalian perlu usaha ekstra, seandainya kalian mau lebih deket ke danau yang ada di Open Pit Kik Karak itu. Dari atas atau dari titik awal tadi, kalian harus jalan melingkar ke bawah, yang memakan waktu sekitar 5-15 menit.

________

Baca juga: Sa Pa, Surga Petualangan Khas Vietnam

________

Di Open Pit Kik Karak ini juga ada gua, tapi kalian jangan sembarang masuk, ya. Usahakan minta izin ke pihak pengelola jika kalian emang penget banget masuk ke gua itu.

Simak ulasan lengkapnya pada majalah Gloob! edisi ke-8, yang bisa kalian baca atau download melalui link di bawah:

Penulis: Faizal Satrio

Foto: Dewa Aji Panggalih

 

 

 

 

 

 

___________________________________________________________

Destinasi Wisata Unggulan Belitung: Pulau Lengkuas

Teks: Faizal Satrio

Foto: Faizal Satrio & Dewa Aji

Pulau Lengkuas merupakan destinasi yang paling diincar di Belitung. Mungkin ikon yang cukup terkenal adalah menaranya, tapi jangan salah, bawah laut Pulau Lengkuas juga memanjakan.

Ribuan ikan dengan aneka jenis karang yang asri tersaji dengan sempurna disana. Bahkan, biaya yang dibutuhkan untuk ke Pulau Lengkuas pun nggak menyiksa dompet.

Perihal menara, emang butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke puncaknya. Ratusan anak tangga yang melingkar harus kalian tantang. Tapi tenanglah, karena di setiap lantainya, pemandangan yang disuguhkan pastinya ajaib. Belum lagi ada beberapa pajangan foto yang ngejelasin tentang sejarah menara tersebut dan bakal jadi tambahan wawasan untuk kalian. Oh, iya. Satu lagi, yakni saat kalian emang niat ke puncak menara, terus kalian datangnya di siang hari, usahakan bawa alas kaki, apapun itu.

_________

Baca juga: Solusi Terbaik Mengatasi Kulit Gosong Setelah ke Pantai

_________

Dari atas menara, kalian bakal takjub sama apa yang kalian liat. Walaupun di Google gambar pemandangan dari puncak menara tersebut udah banyak, sensasi ya tetep sensasi, bakal jauh beda saat kalian beneran nyata ada di tempat.

Dari pintu puncak menara, kalian bakal langsung ngeliat pantai yang berjejer perahu pengantar wisatwan. Di beberapa titik, kalian bisa ngeliat pola karang yang sedikit banyak bakal bikin kalian ngerti kenapa jalannya perahu sering belak-belok. DI arah sebaliknya, bebatuan khas pantai-pantai Belitung berkerumun membentuk formasi abstrak tapi maha-keren.

Lebih lengkapnya seputar hal-jal seru dan panduan berlibur ke Belitung, silahkan baca majalah Gloob! edisi ke-8 pada link di bawah. It’s Free!

Teks: Faizal Satrio

Foto: Faizal Satrio & Dewa Aji Panggalih

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *