Pantai di Ujung Genteng yang Gloob! rekomendasiin kali ini kayaknya jarang kalian denger.

Sebenernya bukan baru sih, tapi pantai-pantai ini emang nggak se-terkenal pantai lain yang ada di Ujung Genteng. Nah, apaan aja sih? Monggo, disimak aja langsung:

PANTAI AMANDA RATU

Pantai di ujung genteng, biaya, harga tiket masuk, akses,

Terletak agak jauh sebelum pemukiman Ujung Genteng, Pantai Amanda Ratu cukup kontras dengan pantai-pantai lain di Ujung Genteng yang khas dengan halus pasirnya.

Pantai di Ujung Genteng yang agak asing ini lebih terkenal karena ada pulau kecil yang memisah agak jauh dari bibir pantai. Kerennya, Pantai Amanda Ratu dijuluki sebagai Tanah Lot dari Pasundan. Di pantai ini juga terdapat sebuah penginapan yang cukup menarik namun kayaknya udah nggak beroperasi lagi.

PANTAI KARANG TRISNA & MINAJAYA

Untuk menuju pantai ini, jauh sebelum sampai di Ujung Genteng, tepatnya masih di Jl. Surade-Ujung Genteng, kalian harus berbelok kiri menuju Jl Cibungur-Minajaya. Dari situ, kalian hanya tinggal mengikuti jalan.

Sebenarnya, Pantai Karang Trisna dan Minajaya adalah dua pantai berbeda, namun jarak antar-pantai tadi memang sangat berdekatan. Kedua pantai itu tergolong ramai, kebanyakan pengunjungnya adalah masyarakat sekitar.

Area pantainya didominasi oleh pasir padat dan beberapa karang kecil. Terdapat juga warung-warung kecil dan tempat makan, cocok bagi kalian yang memang hanya ingin bersantai di tepinya.

 

Panduan menuju pantai di Ujung Genteng, Sukabumi:

Dari Jakarta, untuk menuju Ujung Genteng seenggaknya memakan waktu perjalanan selama 7-9 jam. Rute yang harus diambil adalah Jl. Raya Ciawi-Sukabumi, lalu belok kanan menuju Jl. Nasional III (atau lebih akrab dengan sebutan Jalur Cibadak).

Setelah sekitar 2 jam mengarungi Jl. Nasional III, beloklah ke kiri menuju Jampang Kulon atau Surade.

Dari sana, kalian hanya tinggal mengikuti jalan utama selama kurang lebih 4 jam Papan penunjuk jalannya juga jelas, sehingga mempermudah kalian mencapai Ujung Genteng. Jalurnya pun kini telah diperbaiki, cukup bagus, nggak seperti tahun 2010 dimana banyak bagian jalan yang rusak dan mengganggu perjalanan.

Biaya/harga tiket masuk Pantai di Ujung Genteng, Sukabumi:

Biaya masuk sebenarnya hanya sekali, di gerbang awal, agak jauh sebelum masuk kawasan Ujung Genteng yang sebesar Rp. 27.000/mobil. Namun, terkadang muncul beberapa pos ‘ghaib’ di dalam kawasan Ujung Genteng yang meminta pungutan sebesar Rp. 5.000.

Bagi kalian yang membawa mobil pribadi ke Ujung Genteng tapi kalian maunya berkeliling pantai menggunakan motor karena kontur jalur antar-pantainya kurang bagus, kalian bisa menyewa ojek seharga Rp. 50.000 untuk mengeksplor keseluruhan Ujung Genteng. Tapi, memang lebih baiknya menggunakan motor saja, atau bawa sepeda sendiri.

Penginapan di Ujung Genteng, Sukabumi:

Mostly, harga penginapan di pantai Ujung Genteng dan pantai-pantai yang disebutin di atas berkisar 200-300 rb. Rata-rata sih ber-AC, dan punya kasur yang aduhai banget. Tapi, kalo lagi high season, harganya bisa bikin hipertensi! se-murah-murahnya kalo lagi musim liburan, sekitar 400rb.

 

Baca juga:

Penulis: Dewa Aji Panggalih

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *