Pantai Asing di Ujung Genteng

Mungkin beberapa dari kalian ngerasa asing sama pantai-pantai ini, padahal lokasinya ada di Ujung Genteng. Sebenernya bukan baru, tapi pantai-pantai ini emang nggak se-terkenal pantai lain yang ada di Ujung Genteng.

Autotags: Pantai di Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa barat, Biaya, Harga, Tiket, Penginapan, Cara, Akses

PANTAI AMANDA RATU

Pantai ini terletak agak jauh sebelum pemukiman Ujung Genteng. Uniknya, pantai ini cukup kontras dengan pantai-pantai lain di Ujung Genteng yang khas dengan halus pasirnya. Pantai Amanda Ratu ini lebih terkenal karena ada pulau kecil yang memisah agak jauh dari bibir pantai. Bahkan, Pantai Amanda Ratu dijuluki sebagai Tanah Lot dari Pasundan. Di pantai ini juga terdapat sebuah penginapan yang cukup menarik namun sepertinya sudah nggak beroperasi, yakni Amanda Ratu Resort.

_______

Baca juga: Jajal Nuansa Romantis Khas Bali

________

Autotags: Pantai di Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa barat, Biaya, Harga, Tiket, Penginapan, Cara, Akses

PANTAI KARANG TRISNA & MINAJAYA

Untuk menuju pantai ini, jauh sebelum sampai di Ujung Genteng, tepatnya masih di Jl. Surade-Ujung Genteng, kalian harus berbelok kiri menuju Jl Cibungur-Minajaya. Dari situ, kalian hanya tinggal mengikuti jalan. Sebenarnya, Pantai Karang Trisna dan Minajaya adalah dua pantai berbeda, namun jarak antar-pantai tadi memang sangat berdekatan. Kedua pantai itu tergolong ramai, kebanyakan pengunjungnya adalah masyarakat sekitar. Area pantainya didominasi oleh pasir padat dan beberapa karang kecil. Terdapat juga warung-warung kecil dan tempat makan, cocok bagi kalian yang memang hanya ingin bersantai di tepinya.

________

Baca juga: Ini Wisata Sejuk Unggulan Ujung Genteng

________

Panduan: Biaya dan Akses Menuju Ujung Genteng

Dari Jakarta, untuk menuju Ujung Genteng seenggaknya memakan waktu perjalanan selama 7-9 jam. Rute yang harus diambil adalah Jl. Raya Ciawi-Sukabumi, lalu belok kanan menuju Jl. Nasional III (atau lebih akrab dengan sebutan Jalur Cibadak). Setelah sekitar 2 jam mengarungi Jl. Nasional III, beloklah ke kiri menuju Jampang Kulon atau Surade. Dari sana, kalian hanya tinggal mengikuti jalan utama selama kurang lebih 4 jam Papan penunjuk jalannya juga jelas, sehingga mempermudah kalian mencapai Ujung Genteng. Jalurnya pun kini telah diperbaiki, cukup bagus, nggak seperti tahun 2010 dimana banyak bagian jalan yang rusak dan mengganggu perjalanan. Biaya masuk sebenarnya hanya sekali, di gerbang awal, agak jauh sebelum masuk kawasan Ujung Genteng yang sebesar Rp. 27.000/mobil. Namun, terkadang muncul beberapa pos ‘ghaib’ di dalam kawasan Ujung Genteng yang meminta pungutan sebesar Rp. 5.000. Bagi kalian yang membawa mobil pribadi ke Ujung Genteng tapi kalian maunya berkeliling pantai menggunakan motor karena kontur jalur antar-pantainya kurang bagus, kalian bisa menyewa ojek seharga Rp. 50.000 untuk mengeksplor keseluruhan Ujung Genteng. Tapi, memang lebih baiknya menggunakan motor saja, atau bawa sepeda sendiri.

Penginapan di Ujung Genteng, Sukabumi

Mostly, harga penginapan di pantai Ujung Genteng dan pantai-pantai yang disebutin di atas berkisar 200-300 rb. Rata-rata sih ber-AC, dan punya kasur yang aduhai banget. Tapi, kalo lagi high season, harganya bisa bikin hipertensi! se-murah-murahnya kalo lagi musim liburan, sekitar 400rb.

Penulis: Dewa Aji Panggalih

 

Autotags: Pantai di Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa barat, Biaya, Harga, Tiket, Penginapan, Cara, Akses

Yuk, download majalah Gloob! yang ngebahas aneka destinasi seru yang ada di Sukabumi. Gratis, kok! Tinggal klik link di bawah, dan siap-siap buat ngatur jadwal traveling kalian!

Gloob! edisi 10 via Issuu

 

 

 

 

_______________________________________________________

Taman Nasional Erawan, Wisata Wajib dari Thailand

Penulis: Harry Ferdiansyah

Akhir-akhir ini lagi banyak ngayal berlibur ke Thailand, tapi males kalo singgahnya di Bangkok atau Pattaya karena udah terlalu mainstream? Yaudah, ke Taman Nasional Erawan aja! Kalian bakal nemu hal-hal yang nggak biasa tentang Thailand.

Foto: touropia

Luasnya 550 km persegi, dan memiliki beragam sajian alam. Salah satu yang paling menggoda wisatawan adalah Air Terjun Erawan. Taman Nasional Erawan telah berdiri sejak 1975, dan merupakan taman nasional ke-12 yang berada di Thailand. Nama ‘Erawan’ sendiri diambil dari mitologi Hindu kuno, yakni gajah berkepala 3.

________

Baca Juga: Tips Membuat Itinerary yang Sebenarnya

_______

Autotags: Pantai di Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa barat, Biaya, Harga, Tiket, Penginapan, Cara, Akses
Foto: bangkokbesttravel

Where: Taman Nasional Erawan terletak di provinsi Kanchanaburi, lebih tepatnya berada di wilayah Tha Kradan, Thailand.

When: Thailand bagian selatan memang terkenal dengan kondisinya yang lembab dan sering hujan. Hindari berkunjung di bulan April hingga Oktober, karena kerap terjadi hujan lebat disertai petir.

Why: Bukan hanya bermain air, kalian juga bisa berenang dengan ikan-ikan yang ada di Air Terjun Erawan. Selain itu, kalian juga bisa menelusuri 4 gua yang berada di Taman Nasional Erawan, yaitu Gua Mi, Gua Rua, Gua Wang Bahda, dan Gua Phartat. Di bagian utara taman nasional tersebut, adapula bukit bernama Khao Nom Nang yang dapat kalian daki.

________

Baca Juga: Destinasi Aneh yang Patut Jadi Tujuan Kalian Selanjutnya

_______

How: Dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, menuju Bandara Internasional Don Mueang, Thailand, harga tiket berkisar dari Rp. 1.200.000 hingga Rp. 1.500.000 (pemesanan seminggu sebelum keberangkatan; harga selalu berubah). Setelah sampai di Bandara Don Mueang, kalian bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus menuju Kanchanaburi dengan harga tiket sekitar Rp. 45.000. Di terminal Kanchanaburi, kalian harus naik bus lagi menuju Taman Nasional Erawan, dan memakan biaya sebesar Rp. 15.000.

Autotags: Pantai di Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa barat, Biaya, Harga, Tiket, Penginapan, Cara, Akses

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *