Gudeg di Jogja tuh banyak banget. Hampir di setiap sudutnya ada! Kadang, bukannya kenyang, kita pusing duluan karena bingung milih yang mana.

Emang sih semuanya enak dan kentel citarasa Jogja, tapi kita juga perlu tau yang terbaik, toh? Nah, di sini Gloob! bakal ngasih daftar rekomendasi gudeg Jogja yang mahir menggoyang lidah. Menggoyang lidah kamu sampai porak poranda!

Apa aja sih? Lanjutin aja bacanya!

Gudeg Sagan

Rekomendasi Gudeg Jogja
Foto: Gudeg(dot)net

Gudeg dengan pengemasan modern. Bukan makanannya, tapi tempatnya. Ada WiFi, bahkan juga ada live music. Gudeg sagan lahir pada tahun 2003, dan dinamakan Sagan karena berasal dari kampung Sagang, yang tentu terkenal banget atas gudegnya.

Lokasi Gudeg Sagan: Jl. Profesor Dr. Herman Yohanes, Kec. Depok, 5 menit dari kampus UGM.

Harga Gudeg Sagan: Rp. 10.000 – Rp. 25.000

 

Gudeg Yu Djum

Rekomendasi Gudeg Jogja
Foto: Yu Djum

Nggak perlu ditanya, gudeg yang satu ini sudah terkenal seantero Jogja. Resepnya turun temurun, bikin rasa gudeg di tempat ini nggak bisa disamain dengan yang lain. Dari tahun 1951, lho. Kerennya lagi, Gudeg Yu Djum juga bisa dipesan secara online.

Lokasi Gudeg Yu Djum: Jl. Dagen, Sosro menduran, Kota Yogya, atau gampangnya adalah malioboro.

Harga Gudeg Yu Djum: Rp. 20.000 – Rp. 40.000

 

Gudeg Pawon

Rekomendasi Gudeg Jogja
Goto: Gudeg(dot)net

Jika kamu punya sisi nocturnal, kelaparan di malem hari saat di Jogja, Gudeg Pawon bisa jadi solusinya. Gudeg ini buka jam 10 malem! Racikan yang sudah teruji kualitasnya dari tahun 1958 bakal bikin kamu makin susah ngelupain Jogja.

Lokasi Gudeg Pawon: Jl. Janturan, Warungbroto, sekitar 5 menit dari Fakultas Sains dan Teknologi UTY.

Harga Gudeg Pawon:  Rp. 15.000 – Rp. 25.000

 

Gudeg Song Djie Bu Atmo

Rekomendasi Gudeg Jogja
Foto: Tripadvisor

Rekomendasi gudeg Jogja selanjutnya adalah Gudeg Bu Atmi. Telisik punya telisik, Gudeg Bu Atmo ini ternyata satu angkatan sama Gudeg Yu Djum, lho!

Bukan cuma gudeg, di sini kamu juga bisa mencicipi bubur khas Jogja yang bercitarasa dahsyat. Tapi, kamu harus datang lebih awal, lebih pagi, karena bubur ini cepet banget habisnya.

Lokasi Gudeg Bu Atmo: Jl. Brigjen Katamso, lebih kurang 15 menit perjalanan dari Pura Wisata.

Harga Gudeg Bu Atmo: Rp. 10.000 – Rp. 20.000

 

Gudeg Bu Hj. Amad

Rekomendasi Gudeg Jogja
Foto: Anishidayah

Inilah gudeg paling berani, karena rasa manis yang harusnya dimiliki oleh gudeg pada umumnya kalah sama rasa asin dan gurih. Tapi tenang, rasa khas gudeg Jogjanya tetap ada, dan juga tetap nikmat. Bu Hj. Amad sendiri sudah berkecimpung dengan gudeg dari tahun 1950.

Lokasi Gudeg Bu Hj. Amad: Jl. Kaliurang, Kec. Depok, sekitar 15 menit dari Stadion Pancasila, Yogyakarta.

Harga Gudeg Bu Hj. Amad: Rp. 30.000 – Rp. 50.000

 

Gudeg Bu Tjitro

Rekomendasi Gudeg Jogja
Foto: Visiting Jogja

Satu lagi rumah makan gudeg legendaris asal Jogja, yang telah ada dari tahun 1925, Gudeg Kendil Bu Tjitro. Keunggulan Gudeg Bu Tjitro adalah sambelnya, yang dibuat secara kering, tanpa digoreng. Suasananya juga tenang, tempatnya luas, bikin kamu nyaman bersantap disana.

Lokasi Gudeg Kendi Bu Tjitro: Jl. Janti, Banguntapan, Bantul, di seberang Graha Pradipta Jogja Expo Center.

Harga Gudeg Kendil Bu Tjitro: Rp. 15.000 – Rp. 50.000

Nah, itulah rekomendasi gudeg Jogja yang moga-moga bisa ngebantu kamu memilih gudeg mana yang bakal kalian coba. Atau mungkin, ada salah satu dari gudeg di atas yang pernah kamu coba? Kalo iya, share dong cerita serunya.

_______

Baca jugaYumm! 9 Wisata Kuliner Malam Terbaik Sukabumi

Penulis: Dewa Aji Panggalih

2
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
Andy Mardi Hidayat
Guest

Nice Info Bro

trackback

[…] Baca juga: Gudeg-Gudeg Asal Jogja yang Selalu Bikin Kangen […]