Shwedagon: Terbesar dan Tersuci

Indonesia memang memiliki ratusan candi, bahkan mungkin masih banyak lagi yang masih belum ditemukan dan di gali keberadaanya. Nggak mau kalah, di Myanmar juga terdapat sebuah kuil yang begitu megah, dimana warna emas terlihat dari segala penjuru, Shwedagon. Kuil ini sudah berusia kurang lebih 2500 tahun dengan luas lahan 114 hektar. Berjalan di dalamnya akan membuat imaji menguat, serasa kembali ke masa lalu. Saat kalian memasuki kawasan Shwedagon, akan terlihat dari kejauhan sebuah bangunan yang besar, terang, dan sangat berbeda dengan bangunan di sekitarnya. Stupa atau pagoda terbesar disana merupakan tempat penyimpanan relik Buddha terdahulu, seperti tongkat Kakusandha, saringan air Konagamana, sepotong jubah Kassapa, dan delapan helai rambut Siddharta Gautama, Buddha historis.

When: Kalian dapat datang ke sini pada waktu siang hari untuk melihat pantulan cahaya matahari di permukaan emas Shwedagon Pagoda.

Where: Singuttara Hill, Kota Yangon, Myanmar

Why: Kuil ini dilapisi dengan emas dan berlian yang sangat indah. Ditambah lagi dengan adanya 8 helai rambut Buddha yang sakral.

How: Untuk pergi ke sana kalian harus pergi dulu ke Negara Myanmar lebih tepatnya ke Kota Yangon (RGN) dengan harga tiket dari Jakarta (CGK) kurang lebih sebesar Rp 2.400.000,00. Dari bandara kota Yangon kalian dapat menaiki taksi Bandara menuju Shwedagon Pagoda dengan harga 7.000 Kyat (1 USD = 950 kyat).

Penulis: Dewa Aji Panggalih

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *