Shwezigon Pagoda merupakan tempat suci umat Buddha Myanmar yang dibangun sejak zaman Raja Anawrahta dan selesai pada tahun 1102.

Mungkin sekilas terlihat seperti Borobudur, dimana stupa-stupa kecil membentuk sebuah bukit dengan stupa terbesar sebagai puncaknya. Namun, jika dilihat dari ukuran dan warna, Shwezigon jelas berbeda dengan Borobudur. Memang nggak semegah dan sebesar Borobudur, tapi warna emas yang sangat mencolok membuat salah satu destinasi wisata unggulan Myanmar ini terlihat begitu memesona, cantik, jauh lebih anggun dari Beyonce dikala menyanyikan Listen di Oprah 2006 silam.

Waktu Terbaik ke Shwezigon Pagoda: Kapan pun!

Lokasi Shwezigon Pagoda: Shwezigon Pagoda atau Shwezigon Paya terletak di Nyaung-U, sebuah wilayah dekat kota Bagan, Myanmar. Bersebelahan persis dengan sungai Irrawaddy.

Kenapa ke Shwezigon Pagoda, Myanmar: Di sini, kalian bukan hanya disuguhkan pemandangan arsitektur cantik khas Myanmar, tapi kalian juga dapat mempelajari tentang kerajaan Pagan (Dinasti Pagan), kerajaan pertama yang menyatukan daerah-daerah yang kemudian menjadi Burma (Myanmar) modern.

Cara dan Biaya ke Shwezigon Pagoda, Myanmar: Dari Bandara Soekarno-Hatta, jakarta, menuju Bandara Internasional Mandalay, Myanmar, harga tiket berkisar Rp. 6.300.000 (pemesanan seminggu sebelum keberangkatan; harga dapat berubah).

Setelah sampai di mandalay, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Bagan dengan bus. Harga bus berkisar di Rp. 73.000 hingga Rp. 85.000, tergantung jenis dan jam keberangkatannya. Lalu kalian dapat meminta pihak bus untuk menurunkan kalian di sekitar kantor pos yang terletak di Jl. Anawrahta, dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menelusuri jalan Thi Ri Pyitsaya 3 atau 4 di seberang kantor pos tersebut.

*Informasi dan harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu

___________________________________

Baca Juga: Ikon Pariwisata Brunei Darussalam

 

Penulis: Dewa Aji

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *