Suku Baduy: Jangan Sembarangan!

Singkatnya, suku Baduy adalah salah satu dari segelintir suku asli Nusantara yang mampu bertahan di zaman yang terlalu berisik untuk jadi tenang ini. Banyak adat dan budaya yang tentunya masih dipertahankan oleh Urang Kanekes—mereka dari suku Baduy—hingga hari ini.

Tags: fakta, suku yang ada di Banten

Meski pun kultur di suku Baduy masih murni, bukan berarti mereka sepenuhnya menutup diri. Kalian boleh berkunjung, bahkan sampai ke Baduy Dalam, wilayah di mana kalian akan merasa seperti balik ke masa lampau. Tentunya, aturan yang berlaku pun jauh lebih ketat. Kalian nggak boleh sembarangan ngeluarin barang-barang elektronik, apalagi mengambil foto. Selfie? Ya, silahkan, kalo kalian mau diusir secara memalukan.

Suku Baduy, Fakta, Suku yang ada di Banten

Sama tempatnya aja kita nggak boleh sembarangan, apalagi sama orang-orangnya. Harus sopan, jangan pake bahasa g4uL kalo ngobrol sama warga sekitar. Sapa setiap warga yang melintas di depan kalian, biar kelihatan bahwa kalian menunjukan rasa hormat terhadap apa yang telah mereka jaga.

Tags: fakta, suku yang ada di Banten

Di balik aturan ketat yang berlaku, ada beberapa sosok penting yang wajib kalian tahu: Jaro dan Puun. Ibarat negara, Jaro dan Puun adalah presiden dan wakilnya. Jaro sendiri terbagi tiga: Ada yang mengurus hukum adat (Jaro Tangtu), ada yang mengurus warisan leluhur atau agraria (Jaro Dangka), dan ada yang mengurus hubungan suku Baduy dengan pemerintah nasional (Jaro Pamerentah/Saija). Sedangkan Puun, ia adalah pemimpin tertinggi yang ada di suku Baduy, nggak tersentuh dunia luar, dan pastinya sangat dihormati oleh seluruh warganya. Puun juga yang memiliki kuasa untuk menentukan dan membentuk kegiatan adat selama setahun.

Suku Baduy, Fakta, Suku yang ada di Banten

Nah, disaat kalian membuat ulah di Baduy, melanggar peraturan yang telah disepakati, sosok-sosok seperti di atas-lah yang bakal turun tangan untuk mengurusi permasalahan yang sudah kalian buat. Mereka akan menentukan hukuman yang cocok untuk kalian. Walau pun sifat baik dan ramah tamah suku Baduy sangat terkenal, untuk urusan menangani pelanggaran, mereka tegas.

Baca: Wisata ke Baduy: Cara, Biaya, dan Aturan

Tags: fakta, suku yang ada di Banten

Penulis: Dewa Aji Panggalih

Mau tahu berbagai hal menarik lainnya tentang suku Baduy? Baca aja dalam majalah Gloob! edisi ke-8 di bawah ini:

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *