Nasi Liwet adalah nasi yang dimasak lebih dari matang, sehingga teksturnya mirip kayak bubur namun nggak sehalus tekstur bubur kebanyakan. Mungkin di Jakarta juga udah banyak yang kenal makanan yang satu ini, dan biasanya disajikan dengan ikan-ikanan. Berbeda dengan hal tersebut, Kota Solo memiliki legenda nasi liwetnya sendiri, yakni Nasi Liwet Wongso.

Lauk tambahan pada Nasi Liwet ini emang tergolong biasa: irisan ayam, sayur labu, dan telur. Namun, yang membedakan adalah kuahnya, atau biasa dikenal dengan nama areh. Kuah yang dimiliki Nasi Liwet Wongso sangat nikmat. Rasa gurihnya pekat, berpadu dengan rasa manis khas Solo, ditambah olahan rempah yang lumayan kuat.

Lokasi Nasi Liwet Wongso, Solo: Nasi Liwet Wongso terletak di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Solo. Sekitar 5 menit jalan kaki dari Vastenburg Fortress.

Harga Nasi Liwet Wongso, Solo: Untuk satu porsi nasi, harga yang dibandrol berkisar Rp. 15.000. Harga yang lumayan untuk makanan tradisional, tapi sebanding kalo dilihat dari sudut pandangnya sebagai legenda kuliner Solo.

Rasa Nasi Liwet Wongso, Solo: Perihal rasa, ini cocok-cocokan. Buat kalian pencinta rasa asin kegurih-gurihan, Nasi Liwet Wongso bisa jadi pilihan kuliner kalian selanjutnya.

________

Baca juga: Kuliner Gosong Khas Solo yang Mengguncang Lidah

 

Penulis: Fikri Ardiansyah

 

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Segarnya Nasi Liwet Khas Solo […]