Bikin Itinerary Nggak Segampang Yang Kalian Pikir!

Penyakit disemua orang yang gemar jalan-jalan: ada yang kelupaan. Alhasil, mereka harus kelabakan nyelesaiin permasalahan yang mereka dapat karena kelalaian sendiri.

Membuat itinerary adalah cara untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, tapi nggak semua menghasilkan hal yang diharapkan. Kadang tetap lupa. Nah, biar makin jauh dari penyakit di atas, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat membuat itinerary.

________

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Mulai Berkeliling Sukabumi

________

Di petakan sesuai kebutuhan

Bikin itinerary itu harus rinci, jangan sampe ada yang ketinggalan. Biar nggak ribet, nyolong ilmu dari travel agent juga boleh. Tapi, supaya lebih jelas dan mendetil, peta-kan semua kebutuhan dari umum ke khusus. Contoh, kebutuhan pribadi. Di kebutuhan pribadi, kalian pisahkan menjadi 2 bagian, yakni primer dan skunder.

Kebutuhan primer membahas tentang akomodasi, makan, hingga obat-obatan; Sedangkan kebutuhan sekunder membahas tentang biaya untuk membeli suvenir, pulsa, atau sekedar jajan. Kebutuhan sekunder mirip seperti sesuatu yang nggak terduga, tapi memiliki potensi besar untuk terjadi. Baik itu tujuan wisata, biaya yang harus dikeluarkan, atau lama waktu yang dibutuhkan harus detil, agar dapat dicatat dengan rinci dan nggak ketinggalan.

Foto: Money Matter

Opsi Tetap Ditulis

Jangan jadi traveler yang sering ngayal dan ngegampangin perjalanan. Seenggaknya, kalian harus punya solusi di balik solusi. Walaupun hal nggak terduga bakal selalu terjadi, tapi alangkah baiknya jika kalian emang udah memiliki pilihan penyelesaian sebelumnya.

Kalo bisa, kalian udah menyiapkan 2 lapis solusi apabila tujuan utama gagal. Misalnya kalian mau berkunjung ke Curug Seribu, Bogor, terus disana ramai, hampir susah buat nikmatin suasana. Kalian bisa menjadikan Curug Pangeran yang berjarak 30 menit dari sana, atau Curug Ngumpet yang masih dalam satu kawasan dengan Curug Seribu sebagai penyelesaiannya.

________

Baca juga: Tengok ‘Surga’ di Balik ‘Surga’ Ini

________

Penulis: Fikri Ardiansyah

Belum selesai! Masih ada 2 hal penting lain yang perlu kalian perhatiin saat ngebuat itinerary. Baca selengkapnya dalam majalah Gloob! edisi ke-10 yang bisa kalian download pada link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

 

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *