Wat Xieng THong: Lambang Seni, Kesetiaan, dan Semangat Beragama Laos

Mencari emas di kota emas, kenapa nggak? Emas disini bukan berarti hal yang bisa memperkaya kalian secara materi, melainkan rohani. Keren, ‘kan? Kuil dari Kota Emas (Temple of The Golden City) atau yang bernama asli Wat Xieng Thong merupakan kuil terpenting di Laos, karena menjadi penggambaran yang nyata atas kesetiaan, seni tradisional, dan semangat beragama dari negara itu sendiri. Berbagai pahatan khas Laos, baik itu bangunan atau ornamen di dalamnya, memiliki nuansa emas yang erat melekat dan menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Where: Temple of the Golden City terletak di bagian utara kota Luang Prabang, Laos.

When: Setiap bulan.

Why: Wat Xieng Thong berdekatan dengan destinasi-destinasi keren lainnya, seperti Istana Victoria Xiengthong. Selain itu, tempat ini juga berada di tengah-tengah  Sungai Nam Khan dan Sungai Mekong, jadi kalian dapat berkeliling kawasan menggunakan perahu yang warga sekitar sewakan.

How: Jika dari Bandara Soekarno-Hatta, kalian pilih tujuan ke Bandara Internasional Luang Prabang, Laos. Harga tiket pesawat berkisar Rp. 1.500.000 hingga Rp. 3.000.000 (Pemesanan seminggu sebelum keberangkatan; harga selalu berubah). Selanjutnya, kalian bisa menyewa taksi untuk menuju Temple of Golden City dengan harga sekitar Rp. 90.000; Atau kalian bisa menggunakan Tuk-Tuk (semacam ojek), mengingat harganya jauh lebih murah, yakni Rp. 35.000.

Penulis: Fikri Ardiansyah

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *