Bulu Gila, Perayaan Adat Maluku yang Lebih Mistis Dibanding Halloween

tags: wisata adat maluku, bulu gila

Sejumlah negara di Eropa punya perayaan atau festival yang mendunia, salah satunya adalah Halloween. Perayaan tersebut didedikasikan untuk mengenang orang-orang yang telah meninggal dunia, termasuk para kudus atau santa (saints, hallows), hingga semua arwah umat beriman. Perlu kalian ketahui, Indonesia juga memiliki festival Bulu Gila yang, ya, gila dan lebih bernuansa mistis dibanding Halloween!

Dari tanah Banten sampai ujung Maluku, Indonesia emang nggak bisa dilepasin sama hal-hal mistis. Beberapa dari mereka menganggap ini gangguan, tapi beberapa lainnya menganggap ini keajaiban. Beberapa rekan Gloob! yang pernah ngelihat Bulu Gila secara langsung bilang, “nggak ngerti gue.” Jadi, maksudnya, mereka tuh nggak ngerti kenapa suasana mistisnya kuat banget, padahal acaranya di gelar pas matahari masih ada, belum bobo.

tags: wisata adat maluku, bulu gila
wisata adat maluku, bulu gila
Foto: Indonesia Kaya

“terdapat pawang yang membaca-bacakan mantra dan membakar kemenyan untuk memanggil roh,”

Bulu Gila atau yang bisa di sebut sebagai Bambu Gila ini tergolong festival yang menantang nyali, menguji kekuatan, dan agak mistis. Jika hanya dilihat sekilas, festival ini terlihat mudah, dimana 1 batang bambu sepanjang 2,5 meter yang didiadu kekuatannya dengan 7 orang. Tapi, sebelum pertunjukan tersebut dimulai, terdapat pawang yang membaca-bacakan mantra dan membakar kemenyan untuk memanggil roh para leluhur yang nantinya akan mengisi bambu tersebut.

tags: wisata adat maluku, bulu gila

________

Baca juga: Destinasi Bernuansa Mistis Dari Kamboja

________

Setelah bambu tadi bisa dibilang sudah ‘terisi’, ketujuh pemuda tersebut mulai beradu kekuatan. Mereka menggenggam/memeluk erat bambu tadi, menahan hentakan yang datang entah dari mana. Festival ini berlangsung pada bulan April setiap tahunnya di dua desa: Desa Mamala, kecamatan Leihitu dan Desa Liang, Kecamatan Salahatu, Kabupaten Maluku Tengah.

Buat kalian yang pernah ngelihat langsung Bulu Gila, coba share pengalaman unik atau aneh kalian di kolom komen. Buat yang bellum, Gloob! sih cuma mau bilang, “merasa traveler gagah? Silahkan mencoba.”

Penulis: Faizal Satrio

tags: wisata adat maluku, bulu gila

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *