Yumm, 4 Wisata Kuliner Cirebon Favorit Traveler Tulen

Emang kalian udah segitu pahamnya tentang Cirebon? Emang list destinasi kalian di Cirebon udah lengkap? Hmm, coba baca dulu, terus di cek lagi. 

Waktu Gloob! ke Cirebon, awalnya emang agak pesimis kalo perjalanan kali ini bakal istimewa. Tapi, perlahan anggapan itu mulai pudar. Pas tim Gloob! ngobrol-ngobrol bareng Pak Rahman, penduduk asli Cirebon yang juga penjaga tempat penginapan yang Gloob! singgahi, tim Gloob! mulai bingung karena ternyata banyak banget atraksi wisata yang bisa didatengin. Gloob! mencoba fokus ke kulinernya. Nah, dari sekian banyak tempat, di bawah ini adalah beberapa wisata kuliner Cirebon yang udah disaring dan dipilih dengan seksama oleh tim Gloob!.

Tags: Wisata Kuliner Cirebon

NASI JAMBLANG

Kuliner nasi jamblang cirebon, ibu nur

Cirebon adalah daerah yang cukup terkenal akan kekayaan wisata kulinernya. Bahkan, salah satu makanan era 90 an, Rujak Bebeg, juga berasal dari kota ini. Dibanding beragam makanan khas yang ada di Cirebon, salah satu makanan yang memiliki sifat wajib untuk dijajal saat kalian hendak ke sana yakni Nasi Jamblang. Jika dilihat sekilas, nasi jamblang adalah makanan layaknya di tempat makan biasa, yang menyediakan nasi dan lauk-pauk. Namun, apabila kalian perhatikan, terdapat perbedaan antara nasi jamblang dan penjaja makanan pada umumnya, yaitu pada penyajiannya.

Nasi jamblang wajib disajikan dengan daun jati sebagai alasnya. Daun jati tersebut dipercaya dapat membuat makanan menjadi lebih wangi dan sedap. Nah, salah satu penjual nasi jamblang terkenal adalah Ibu Nur. Nasi Jamblang Ibu Nur punya banyak penggemar, yang bikin kita harus antre jika kita mau mencicipinya.

Lokasi Nasi jamblang Ibu Nur, CIrebon: Jl. Cangkring II, dekat dengan Grage Mall, tepat di jalur utama, papan/spanduk namanya mudah terlihat.

Harga Nasi jamblang Ibu Nur, Cirebon:  Jika kalian menyantap nasi jamblang yang dilengkapi menu standar, seperti tahu, tempe, dan telor, harganya dikisaran Rp. 15.000.

Tags: Wisata Kuliner Cirebon

TAHU GEJROT

Wisata Kuliner Cirebon

Apakah kalian pernah berpikir bahwa setiap makanan, dalam hal ini berjenis sama, akan terasa berbeda jika dijual oleh orang atau toko yang berbeda? Gloob! sih yakin begitu adanya.

Tim Gloob! menemukan penjaja tahu gejrot tanpa nama di Cirebon. Kenapa tim merekomendasikan tahu gejrot yang bahkan nggak punya nama ini? Karena rasa dan kesesuaian harga adalah hal yang nggak bisa dustai. Awalnya tim Gloob! cuma mau muter-muter aja. Tapi, karena ngelihat ‘titik keramaian’, tim pun penasaran dan menghampirinya. Pas tim coba, ya, muncul lah cinta pada pandangan pertama. Rasa gurihnya jauh lebih pekat dari tahu gejrot yang pernah tim coba di Jakarta. Kuahnya kental, rempahnya mengigit. Cocok banget buat dijadiin cemilan di siang atau pun malam hari.

Lokasi Tahu Gejrot tanpa nama, Cirebon: Jl. Khanoman, lebih tepatnya di pertigaan jalan Khanoman dan Lemahwunguk.

Harga Tahu Gejrot tanpa Nama, Cirebon: Rp. 8.000/porsi.

Tags: Wisata Kuliner Cirebon

SATE KALONG

Wisata Kuliner Cirebon

Eits, Sate Kalong ini cuma nama, bukan berarti terbuatnya dari kalong a.k.a kelelawar. Daging yang digunakan adalah daging kerbau. Dinamakan sate kalong karena keluarnya atau berjualannya itu saat malam hari, lebih tepatnya sekitar jam 19.00 WIB. Salah satu penjual sate kalong yang paling terkenal dan paling direkomendasikan berlokasi di Jl. Kesambi Dalam, kota Cirebon. Kenapa? karena paling berpengalaman dan memiliki rasa yang unik. Usut punya usut, umur sate kalong di Jl. Kesambi ini sudah lebih dari 40 tahun. Nah, terasa unik karena penggunaan daging kerbau untuk disate memang jarang, teksturnya-pun memang nggak selembut daging ayam, tapi rasa legit yang dihasilkan dari daging tersebut sangatlan candu. Dengan membayar kurang dari Rp. 20.000 untuk 10 tusuknya, kalian langsung bisa mencicipi rasa daging sate yang diolah sangat mewah, dan dibalut bumbu kacang bercitarasa khas Cirebon.

Lokasi Sate Kalong, CIrebon: Jl. Kesambi Dalam

Harga Sate Kalong, Cirebon: Rp. 20.000/porsi

Tags: Wisata Kuliner Cirebon

BUBUR SOP

Wisata Kuliner CIrebon

Kayak lagi LDR-an, makanan ini nggak punya kejelasan atas jati dirinya: Bubur atau Sop. Sederhananya, bubur sop adalah perpaduan dua makanan yang memiliki rasa gurih menyihir. Bubur sop ini merupakan representasi rasa terbaru dari makanan kota Cirebon yang telah berevolusi. Salah satu penjual bubur sop paling populer adalah M. Kapi, yang terletak nggak jauh dari Jembatan Tentara Pelajar, kota Cirebon. Meski pun bubur sop memiliki rasa gurih yang pekat, namun nggak akan bikin kalian mual. Untuk satu porsi bubur sop ini hanya dikenakan biaya sebesar Rp.20.000. Bubur Sop M. Kapi ini awal buka sekitar jam 19.00 WIB, dan tutup tergantung makanan yang dijualnya, sudah habis atau belum.

Lokasi Bubur Sop M. Kapi, Cirebon: Jl. Tentara Pelajar

Harga Bubur Sop M. Kapi, CIrebon: Rp. 20.000/porsi

 

*Informasi baik harga atau pun lokasi tidak tetap dan dapat berubah sewaktu-waktu

Penulis: Dewa Aji

You May Also Like

One thought on “Yumm, 4 Wisata Kuliner Cirebon Favorit Traveler Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *