Pantai Ujung Kulon: Sensasi Liar Teluk Paraja

Ada sebuah pantai yang terletak di Teluk Paraja, dekat Taman Nasional Ujung Kulon, yang nggak dikelola pihak mana pun, nggak ada biaya masuk, tapi kebersihan dan suasananya enak banget.

_________

Baca juga: Cara Agar Kulit Nggak Gosong Saat Nyantai di Pantai

_________

Pantai Ujung Kulon, Teluk Paraja

Area pantainya pun luas, ombaknya tenang, dan nggak ada kerumunan warung yang terkadang berlebihan, ngeganggu pemandangan yang terpampang di depan kita. Berhubung nggak ada penginapan, kalian bisa camping, tapi sebisa mungkin izin terlebih dahulu ke warga sekitar dan jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan bibir pantai, karena air laut bisa pasang sewaktu-waktu. Utamakan juga membawa makanan berat, mengingat nggak ada rumah makan apalagi restoran di sekitar pantai.

Lokasi pantai ini sebenernya nggak terlalu ngebingungin. Kalian tinggal jalan mengarah ke Taman Nasional Ujung Kulon, sekitar 15 menit sebelum gerbang taman nasional tersebut, kalian bakal nemuin pantai misterius nan karismatik ini di sebelah kanan jalan. Menuju senja, karena pantai ini emang terletak di bagian barat Indonesia, pemandangannya susah banget dijelasi dengan kata-kata. Duh, indah banget lah pokoknya. Gloob! berani berpendapat bahwa pantai ini tuh cocok banget buat penggila sunset. Soalnya, dari sudut pandang yang ada di pantai ini, kalian bisa ngelihat gunung dan ujungnya Ujung Kulon.

Penulis: Faizal Satrio

Ada beberapa yang perlu kalian perhatikan sebelum ke pantai ini. Baca majalah Gloob! pada link di bawah, dan temukan pantai-pantai keren lainnya yang mungkin belum kalian ketahui.

Download Gloob! I

 

Pantai Ujung Kulon, Teluk Paraja

 

 

__________________________________________________________

Manisnya Senja di Pantai Citepus

Penulis: Dewa Aji Panggalih

Meskipun sudah nggak asing ditelinga masyarakat luas, Pantai Citepus yang berada pada kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, ini mimiliki daya tarik tersendiri. Gugusan karang dan ombak-ombak besar yang berpadu dengan warna-warni langit senja selalu memanjakan mata pengunjungnya.

_________

Baca juga: Spot Sunrise Terbaik Se-Asia Tenggara

_________

Persoalan fasilitas, kalian nggak perlu takut, karena di pantai ini udah banyak sarana-sarana pendukung yang diperuntukkan bagi wisatawan seperti toilet, tempat beribadah, bahkan area parkir-nya pun luas. Hotel dan minimarket jaraknya nggak begitu jauh. Ada lifeguard-nya pula! Di sisi lain, penjaja makanannya juga beragam. Mulai dari jajanan pinggir jalan hingga seafood ala restoran juga tersedia.

________

Baca juga: Kulineran di Tengah Hutan

________

Pantai Ujung Kulon, Teluk Paraja

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai-pantai yang ada di Palabuhanratu adalah weekday, mengingat pengunjung kawasan wisata ini emang kebanyakan keluarga. Soal kondisi, Pantai Citepus emang nggak se-bersih Pantai Tanjung Layar di Desa Sawarna, tapi sunset-nya tetep bikin gemes, kok! Datanglah dikisaran jam 17.00 WIB. Kala itu, jika cuaca cukup mendukung, warna langit akan bergradasi dari kuning sampai ke ungu.

Foto: Gesfri Kim

Biaya Masuk Pelabuhanratu

Akses menuju pantai-pantai yang ada di kawasan Palabuhanratu terbilang lebih mudah dicapai, karena angkutan umum pun masih tersedia. Di pos awal sebelum masuk kawasan pantai, kalian harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 15.000 jika kalian membawa mobil pribadi, Rp. 20.000 apabila kalian datang berombongan menggunakan bus, dan Rp. 5.000 untuk pengguna motor. Namun, di beberapa pantai kalian juga harus membayar biaya ‘parkir’ sebesar Rp. 5.000.

Cari tahu beragam pantai cantik yang ada di Sukabumi lainya dalam majalah Gloob! yang bisa kalian baca dan download secara gratis melalui link di bawah:

Pantai Ujung Kulon, Teluk Paraja

Download majalah Gloob! edisi ke-10

You May Also Like

One thought on “Pantai Ujung Kulon: Sensasi Liar Teluk Paraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *