Pulau Sempu yang terletak di Malang, Jawa Timur, merupakan cagar alam yang sangat dilindungi dan dijaga ekosistemnya. Lalu, bagaimana? Kamu harusnya tahu.

Beberapa tahun terakhir kondisi Pulau Sempu semakin mengenaskan. Aneka sampah dari aneka produk berserakan di jalur dan pantainya. Mendengar dari teman, karena itulah Pulau Sempu sudah benar-benar dijaga ketat aksesnya untuk umum, tidak boleh dimasuki sembarang orang. Bukan baru-baru ini, sebenarnya sejak dulu.

Namun di tahun 2012, saya pernah menginjakkan kaki di Pulau Sempu dengan beberapa remaja lain. Sebuah pembelajaran untuk saya. Saya belum terlalu akrab dengan Google. Tentu blog ini pun belum lahir. Dan tentu saya akui Pulau Sempu memang menawan.

Tapi sekarang, apa bisa ke Pulau Sempu? Tentu bisa. Tidak dapat dipungkiri bahwa “selama ada penghasilan, selalu ada jalan” itu nyata. Tiap orang punya cara untuk meraih apa yang menguntungkan untuk dirinya. Namun, akan sangat lebih baik jika kamu tidak ikut-ikutan dan memilih untuk membiarkan Pulau Sempu tenang.

Kamu tetap bisa melihat Pulau Sempu dari luar, berkeliling dengan perahu kecil dan melihat kegagahannya. Kamu juga tetap bisa bermain di Pantai Sendang Birunya yang damai dan permai. Keduanya masih amat luar biasa.

Kenangan di Pulau Sempu beberapa tahun silam:

Tags: Wisata Pulau Sempu, Malang, Cara, Rute, Biaya, Tiket Masuk, Penginapan

Waktu terbaik berkeliling Pulau Sempu, Malang

Pertengahan tahun merupakan waktu yang baik untuk berkunjung ke Malang, karena umumnya dari bulan Mei hingga Juli matahari di sebagian besar area Jawa Timur sedang tinggi-tingginya dan hujan pun jarang terjadi.

Biaya dan Tiket Masuk Pantai Sendang Biru, Malang

Tiket masuk Rp. 5.000/orang; Kapal untuk berkeliling kurang lebih Rp. 100.000/kapal.

Rute dan Cara ke Pantai Sendang Briu-Pulau Sempu, Malang

Ada dua moda transportasi yang kerap digunakan pelancong, yakni kereta dan pesawat. Harga normal Jakarta-Malang menggunakan kereta adalah Rp. 110.000, sedangkan harga tiket pesawat mencapai Rp. 640.000.

Dari kota Malang, kalian dapat naik kendaraan umum atau menyewanya. Saran: sewa jauh lebih baik, terutama jika kalian jalan berkelompok. Harga sewa satu mobil (angkot) dari stasiun Kota Malang ke pantai Sendang Biru (dermaga menuju Pulau Sempu) sekitar Rp. 250.000.

Apabila pilihan kalian ngecer, maka kalian harus melalui alur ini: Stasiun Kota Lama – Terminal Arjosari – Gadang – Pasar Turen – Sendang Biru, yang menghabiskan biaya kurang-lebih Rp. 50.000/orang.

Penginapan di dekat Pulau Sempu, Malang

Penginapan umumnya berlokasi di Sendang Biru. Homestay Hj. Tuminah: AC/fan, kamar mandi di luar, Rp 200.000-Rp. 250.000, 0852-0421-3524; Homestay Berkah Alam: AC, kamar mandi di dalam, parkir, Rp. 300.000, 0822-3463 2562; Wisma Perhutani: AC, kamar mandi di dalam, Rp. 450.000, 081334919930; Homestay Pak Budi: AC, kamar mandi di dalam, parkir, Rp. 300.000, 0813-3308- 4557.

*Informasi dapat berubah sewaktu-waktu

Teks: Galih | Foto: Faizal

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *