Sederhananya Telaga Nilem atau Telaga Nilam adalah sebuah danau atau kolam alami dengan airnya yang berwarna biru segar, suasana begitu sejuk, dan di kelilingi pepohonan yang cukup rimbun.

Memasuki area telaga, kamu akan melihat sebuah kolam cukup besar yang terbagi menjadi 2 sisi. Masing-masing sisi kolam terlihat memiliki ukuran yang sama, namun jika ditinjau dari sensasi, tentunya sangatlah berbeda.

gambar, telaga nilem, harga tiket masuk, lokasi, cara, wisata kuningan, majalengka

Sisi pertama seperti layaknya kolam renang biasa, dengan tepi dan dinding kolam yang terbuat dari bebatuan olahan manusia. Di sisi yang lainnya adalah versi alami kolam tersebut, di mana tepi dan dindingnya langsung berbatasan dengan tanah dan kebun.

Kedua kolam itu memiliki kesamaan, yakni kedalaman sekitar 2-3 meter, airnya yang sangat jernih, dan dasarnya dihiasi bebatuan alam dan rumput air tawar. Begitu jernihnya, jarak pandang di dalam air dapat lebih dari 3 meter.

gambar, telaga nilem, harga tiket masuk, lokasi, cara, wisata kuningan, majalengka
Gambar/foto: Salah satu sisi telaga yang berbatasan langsung dengan kebun.

Berdekatan dengan kolam, ada warung kecil yang biasa menjadi tempat beristirahat, memasan makanan kecil, kopi hangat, atau cenderamata. Warung ini juga menjual underwatercase agar handphone kamu bisa digunakan untuk berswafoto di dalam Telaga Nilem.

Di area atas lokasi wista, dekat jalur masuk awal, terdapat beberapa rumah berukuran sedang dengan 2 kamar tidur. Rumah-rumah itu merupakan penginapan yang dapat disewa. Penyewaan harus dilakukan beberapa hari sebelum digunakan. Saat tim Gloob! Ke Telaga Nilem, harga yang dibandrol untuk menyewa rumah tersebut sekitar 500 ribu, dapat berubah tergantung tanggal.

gambar, telaga nilem, harga tiket masuk, lokasi, cara, wisata kuningan, majalengka
Gambar/foto: Sisi kolam yang telah ditata. Kedalamannya tergolong lebih dangkal dibanding sisi kolam yang satunya.

Sejarah Telaga Nilem

Sejarah terbentuknya telaga ini masih berkaitan dengan Telaga Remis, sebuah telaga cantik yang masih satu kawasan dengan Telaga Nilem.

Konon, kawasan ini dulunya merupakan area peperangan antara Kesultanan Cirebon dengan Kerajaan Mataram. Kedua penguasa besar itu berselisih tentang upeti.

Mereka mengirimkan dua pangeran hebat: Kesultanan Cirebon mengirimkan Pangeran Salingsingan, dan Kerajaan Mataram mengirimkan Pangeran Purbaya atau Jaka Umbaran.

Peperangan sengit antara kedua pangeran itu pun tak bisa dihindari, hingga akhirnya datanglah seorang sakti mandraguna bernama Elang Sutajaya. Dari sinilah semuanya dimulai.

Kamu bisa baca cerita lengkapnya di artikel Peperangan dan Kura-kura Penunggu di balik Indahnya Telaga Remis

Lokasi dan Cara ke Telaga Nilem

Telaga Nilam terletak di Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Hanya butuh beberapa menit dari Cirebon atau Majalengka.

Kalo kamu berangkat dari Cirebon, jarak yang perlu kamu tempuh sekiranya 24 km, atau 30 menit lama perjalanan.

Soal medan perjalanan, kamu nggak perlu takut, karena kontur jalannya masih tergolong bagus. Sepanjang jalan, kamu bakal disuguhi pemandangan menakjubkan dengan sawah dan gunung sebagai latarnya.

Biaya/Harga Tiket Masuk Telaga Nilem

Untuk biaya, bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, mobil misalnya, harga tiket masuk awal hanya sekitar Rp. 25.000 untuk dua orang. Ada pun biaya tambahan berupa parkir sebesar Rp. 5.000 saat kamu sampai di Telaga Nilam.

Baca juga: 

Teks & Foto: Dewa Aji

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *