Di artikel sebelumnya, Gloob! pernah membahas seputar profesi music supervisor atau pengawas musik dalam sebuah film atau serial TV, mulai dari peran hingga tugas-tugasnya. Nah, kali ini Gloob! mau ngajak kalian kenalan dengan salah satu music supervisor yang dikenal sebagai dalang dari kesuksesan beberapa film dan serial TV, salah satunya adalah The Hunger Games: Catching Fire. Siapakah dia?

Dia adalah Alexandra Patsavas, music supervisor asal Amerika Serikat yang telah menjadi pengawas musik di lebih dari 60 film dan serial TV. Ga tanggung-tanggung, Alexandra-lah yang menjadi tokoh di balik pemilihan musik dalam kelima film Twilight Saga.

Source: chopshopmusic.com

Bisa dibilang, dia udah ngenalin kita ke musisi yang kehadirannya belum kita sadari sebelumnya, seperti Iron and Wine, Mutemath, Metric, Death Cab for Cutie, hingga Phantom Planet.

Kiprah Alexandra Patsavas sebagai music supervisor di serial TV juga ga kalah hebatnya. Bayangin aja, 16 season serial TV Grey’s Anatomy, entah itu udah berapa episode, Alexandra Patsavas yang juga bertanggung jawab dalam pemilihan musiknya.

Selain Grey’s Anatomy, banyak serial terkenal lain yang juga dipegang oleh wanita berusia 52 tahun ini, mulai dari Supernatural, Gossip Girl, The OC, sampai serial lawas, Roswell.

Alexandra Patsavas di Balik Kesuksesan Banyak Musisi

Sebagai music supervisor, kesuksesan Alexandra Patsavas ga cuma diukur dari industri perfilman dan serial televisi. Tapi, dia juga memiliki pengaruh besar dan menjadi kunci di balik kesuksesan beberapa musisi atau band.

Sebut saja Brandi Carlile yang beberapa lagunya dipakai untuk beberapa episode Grey’s Anatomy Season 2 (2007). Hingga awal tahun 2020 kemarin, Brandi Carlile telah sukses mengoleksi setidaknya 5 piala Grammy.

Contoh lain, sebelum para remaja merengek gak keruan sambil nyanyi Someone Like You-nya Adele pas lagi patah hati, Alexandra Patsavas sudah pakai lagu Adele yang berjudul Hometown Glory 3 tahun sebelumnya.

Belum lagi musisi yang sekarang lagunya mulai dikenal dan bahkan jadi soundtrack iklan, seperti Ingrid Michaelson dan Katie Herzig. Kalau kamu ngeh dengan lagu iklan sampo yang dibintangin Anggun, yup itu lagunya Bishop Briggs. Entah dari kapan Alexandra udah ngenalin saya dengan musik-musik dari Bishop Briggs.

Nah, skill Alexandra Patsavas inilah yang ga bisa dimiliki oleh sembarang orang. Seakan-akan dia bisa meramal, memprediksi, dan mengukur potensi musisi kecil untuk menjadi besar melalui lagu-lagunya yang memang belum banyak dikenal orang.

Hal ini mungkin dipengaruhi juga oleh faktor budgeting yang memaksa setiap music supervisor untuk mencari lagu dengan tarif murah, namun pas untuk adegan yang telah ditentukan. Yang pasti bukan musisi besar sekelas Bon Jovi.

Nah, solusinya adalah mencari musisi kecil atau independen yang lisensi lagunya bisa dibeli dengan harga murah. Hitung-hitung bisa menjadi sarana juga buat para musisi untuk bisa dikenal masyarakat luas saat lagunya diputar di televisi atau film. Di sinilah skill ‘ngegali’ music supervisor diuji. Ga kebayang koleksi musiknya Alexandra Patsavas udah berapa banyak.

Alexandra Patsavas dan Chop Shop Music Supervision

Chop Shop Music Supervision adalah sebuan agensi yang dibangun oleh Alexandra Patsavas pada tahun 1998 dan bergerak dalam bidang music supervision. Agensi ini berkembang pesat seiring semakin besarnya nama Alexandra Patsavas di dunia film dan serial televisi.

Ga cuma itu, Alexandra juga mendirikan Chop Shop Records yang menjadi wadah bagi para musisi independen agar karyanya bisa dikenal dan didengar banyak orang.

Saat kita berbicara seputar film atau serial, tokoh yang selalu menjadi pusat perhatian adalah penulis dan sutradara. Namun di balik itu semua, ada peran music supervisor yang menghidupkan setiap adegan dalam film atau serial tersebut. Itulah peran seorang Alexandra Patsavas.

Pengaruhnya ga cuma ada di film atau serial TV, tapi juga industri musik, terutama musisi kecil atau independen. Kalau kamu penasaran sama pilihan lagu-lagu Alexandra Patsavas, kamu bisa mencoba dengerin kumpulan lagunya di playlist berikut. Enjoy!

Penulis: Elsa

Baca juga: 

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of