Backpacker ke Pulau Harapan itu nggak sesusah yang kamu pikir, dan ternyata, biayanya juga bisa menyesuaikan kantong kita yang emang nggak tebel-tebel amat.

Sebagian personel Gloob! adalah anak pantai, jadi nggak heran kalo konten-kontennya kerap berbau pantai. Eits, tenang! Kebanyakan orang emang selalu mengidentikkan pantai dengan liburan yang mahal, padahal nggak sama sekali. (kayaknya)

Backpacker ke Pulau Harapan

Nge-pulau, mungkin itu istilah yang sering kamu sebutin saat berniat jalan-jalan ke pulau. Dan seringnya juga, karena kurang tau rentetan informasi yang dibutuhin untuk pulau, kita ngegunain agen wisata/travel agent.

Masalahnya, terlalu banyak syarat yang kadang ngehambat perjalanan untuk berlibur ke sana, dan ujung-ujungnya malah bikin gagal. Biasanya itu semua disebabkan karena jumlah minimal orang untuk mendapatkan harga yang diharapkan.

Contohnya, kalo kamu ngegunain agen wisata/travel agent, kamu bisa dapet harga paket liburan murah ke Pulau Harapan sampe Rp. 350.000 dengan fasilitas lengkap, tapi kamu harus ngumpulin 10 orang buat dapetin itu.

Duh, bakal jadi PR itu. Males banget kan terjebak dalam obrolan fana di grup WhatsApp? Lagipula, nggak semua orang mau liburan rame-rame begitu. So, Gloob! coba untuk menghadirkan solusi di balik permasalahan ini, dengan backpacker ke Pulau Harapan alias berwisata ke Pulau Harapan tanpa agen wisata/travel agent.

Pulau Harapan itu emang istimewa. Bukan hanya karena keindahan alamnya yang genit, Pulau Harapan punya cerita-cerita penuh kesan yang bisa nambah wawasan. Misal, alasan kenapa warga Pulau Harapan memiliki darah Bugis, hingga bencana angin puting beliung yang sempat melanda pulau ini.

Backpacker ke Pulau Harapan

Ke Pulau Harapan Kepulauan Seribu tanpa agen wisata? Bisa!

Sebenernya, semua pulau punya ceritanya menariknya masing-masih, sih. Tapi, di sini tuh terasa lebih beda aja.

Di luar itu, menurut Gloob! sendiri, Pulau Harapan memiliki spot-spot snorkeling yang jauh lebih kece dibanding pulau-pulau lain yang juga berada pada kawasan kepulauan Seribu.

Persoalan budgeting, emang nggak bohong kalo para agen wisata bilang, “semakin sedikit orangnya, semakin mahal”. Itu bener, tapi nggak sepenuhnya.

Jika hanya jalan berdua bareng temen atau pasangan, di agen wisata kamu bisa dikenakan biaya hingga Rp. 900.000/orang bahkan mungkin lebih. Emang sih fasilitasnya lengkap, tapi selama bisa lebih terjangkau a.k.a murah, kenapa nggak? Nah, biar lebih terbuka, kamu juga harus tau, apa aja sih yang ada di paket para agen.

Standarnya, paket yang diberikan para agen wisata itu mencakup penginapan, makan 3x, peralatan berikut perahu untuk snorkeling. Itu belum termasuk kapal pulang-pergi dari Kali Adem-Pulau Harapan, lho.

Harga, budget, atau biaya yang dibutuhkan untuk ke Pulau Harapan:

Jika mengatur serba sendiri atau tanpa agen, biaya yang keluar bisa diminimalisir. Untuk penyebrangan dari Kali Adem-Pulau Harapan, kamu mengeluarkan dana sebesar Rp. 100.000 untuk pulang-pergi. Lalu, untuk penginapan, harganya sekitar Rp. 400.000, dan itu pun sudah berupa homestay ber-AC yang memiliki 1 kamar tidur.

Kemudian, untuk kapal yang mengantar kamu  ke spot-spot snorkeling, itu sekitar Rp. 450.000/hari, dan itu pun masih bisa di nego; peralatan snorkeling dikenakan Rp. 35.000/orang. Terakhir, untuk makan sebanyak 3x dalam sehari, kamu hanya mengeluarkan biaya kurang lebih Rp. 75.000, dan rasanya dijamin 100% enak.

Backpacker ke Pulau Harapan

So, jika kamu hanya pergi berduaan, masing-masing orangnya hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 635.000, dengan beragam fasilitas yang sama, bahkan sudah termasuk kapal pulang-pergi Kali Adem-Pulau Harapan.

Lumayan ‘kan bedanya dari 900 ke 635rb? Iya kan? Iya dong!

Oh, iya! Tentang makanan di sana yang enak, itu nggak becanda, lho. Dari berbagai pulau yang udah disambangi tim Gloob!, masakan warga Pulau Harapan adalah yang terbaik.

Penginapan di Pulau Harapan:

Pertanyaan ini mungkin sering terbesit di kepala kamu, “bisa nggak kita ke Pulau Harapan tanpa booking tempat?”

Backpacker ke Pulau Harapan secara mendadak itu wajar. Jadi, jawabannya adalah bisa banget. Seandainya kamu melakukan perjalanan mendadak dan tanpa booking sana-sini, bukan berarti kamu pasti nggak dapet penginapan. Saat kamu sampai di pulau, akan ada beberapa warga sekitar yang nawarin penginapan.

Harganya beragam. Bila perlu, kamu puterin aja langsung pulaunya buat nyari penginapan yang sesuai, baik dari fasilitas, kapasitas, dan juga harga. Beberapa rekan Gloob! pernah nyoba dan berhasil 100%.

Permasalahannya, tetep ada risiko kamu nggak dapet apa yang kamu cari, apalagi kalo datengnya pas musim liburan.

Beberapa info tentang keberangkatan kapal ke Pulau Harapan:

  • Keberangkatan bisa dari Marina Ancol atau Kali Adem, Muara Angke.
  • Kalo dari Marina, tiketnya berkisar 200-250rb/orang (speedboad/akhir pekan).
  • Kalo dari Muara Angke, tiketnya berkisar 60-80rb (kapal biasa/akhir pekan).
  • Rata-rata keberangkatan itu jam 7-8 pagi.

Ke Pulau Harapan pulang-pergi dan spot diving

Menjawab pertanyaan yang diajukan Indah Dinia: “bisa nggak sehari aja ke Pulau Harapannya? Cuma untuk hunting foto. Dan, di mana spot diving terbaiknya?”

Untuk pulang-pergi ke Pulau Harapan kayaknya agak sulit. Perjalanan dari Angke ke Pulau Harapan aja sudah memakan waktu sekitar 3 jam. Kalo kamu berangkat dari Angke jam 7, kemungkinan sampai di Pulau jam 10. Sedangkan kapal berangkat balik ke Angke jam 12-an.

Mungkin bisa kalo kamu sewa kapal. Tapi, itu mahal banget!

Pulau yang memungkinkan untuk dikunjungi sehari yaitu Pulau Tidung dan Pulau Pari. Sebab, perjalanan dari Angke ke Pulau tersebut tergolong sebentar, sekitar 1 jam. Dan jam balik kapal pun biasanya lebih lambat, yakni jam 1 kapal baru berangkat dari Pulau ke Angke.

Lalu, perihal spot diving, jujur, Gloob! belum pernah coba diving di Pulau Harapan. Tapi denger-denger dari orang, spot diving terbaiknya Pulau Harapan ada di sekitar Pulau Macan.

Sementara untuk snorkeling, dari beberapa kali pengalaman Gloob! ke Pulau harapan, spot snorkeling paling Gloob! suka adalah kawasan penangkaran karang. Di sana, tim Gloob! pernah ngelihat schooling fish dan ubur-ubur seukuran 3 kali paha orang dewasa.

Sebenarnya bukan itu aja. Pulau Harapan dikelilingin banyak pulau kecil. Cara terbaik menentukan spot diving atau snorkeling adalah dengan menanyakannya langsung ke pemilik kapal yang kamu sewa, atau warga lokal yang mengelola jasa penyedia aktivitas diving. Mereka yang lebih tahu tentang spot snorkeling mau pun diving.

Kontak warga Pulau Harapan: Hubungi

Yuk, backpacking-an ke pantai lainnya juga. Baca artikelnya:

Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

325
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
LAPORAN HARIAN
Guest
LAPORAN HARIAN

min minta CP pulau harapan sekalian info snorkling 🙂

LAPORAN HARIAN
Guest
LAPORAN HARIAN

min minta CP penginapan dan snorkling di harapan ya thx

1 12 13 14