Backpacking-an ke Pulau Pari itu sebenernya bukan perkara sulit, tergantung niat yang ada.

Backpacking di sini maksudnya kamu melakukan perjalanan sendiri, mengatur semua fasilitas yang kamu butuh tanpa agen wisata. Soalnya, kalo dipikir-pikir, ternyata bisa lebih hemat.

Backpacking Pulau Pari, Penginapan Pulau Pari, Cara ke Pulau Pari

Pulau Pari merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Ya, di dalem Kepulauan Seribu, selain di Pulau Pari, masih ada pulau-pulau lain yang nggak kalah aduhai untuk masuk ke list liburan kamu selanjutnya, misalnya Pulau Harapan.

Bedanya, Pulau Pari bisa dibilang salah satu pulau terdekat dari pelabuhan sekaligus terpenuh pas akhir pekan. Meski pun ‘terpenuh’ kedengeran agak ngegganggu, tapi percayalah, Pulau Pari masih cihuy banget buat melepas penat.

Banyak rekan Gloob! yang tinggal di Depok ngeluh tentang sulitnya berlibur ke Pulau Pari, padahal deket. Faktor yang paling sering dikeluhin adalah jumlah orang.

Yap, jumlah orang emang menjadi penentu banyaknya pengeluaran kalo kita liburan ke Pulau Pari menggunakan jasa agen wisata.

Teori lama, “semakin banyak orang maka semakin murah.” Bener sih, tapi nggak sepenuhnya.

Tips backpacker-an ke Pulau Pari

Buat kamu yang suka jalan berduaan doang, nggak mau ribet nungguin orang, nggak mau terlibat dalam obrolan fana di grup WhatsApp, Gloob! punya solusinya.

Backpacking Pulau Pari, Penginapan Pulau Pari, Cara ke Pulau Pari

Harga yang ditawarkan beberapa agen wisata untuk paket 2 orang liburan ke Pulau Pari itu bisa sampai 900rb/orang, atau bahkan lebih.

Dalam paket tersebut, beberapa fasilitas udah tersedia, kayak tiket perahu pulang pergi Kali Adem-Pulau Pari, penginapan, makan, sepeda, alat snorkeling, perahu untuk snorkeling, pemandu, dokumentasi, dan beberapa ada yang termasuk BBQ.

Dengan mengatur segalanya sendiri, kamu bisa ngehapus yang nggak penting-penting amat biar pengeluarnnya terminimalisir.

Fasilitas yang perlu dihapus kalo kalian atur sendiri bisa berupa:

  • Pemandu. Ya, emang nggak butuh-butuh banget lah, ya.
  • Dokumentasi. Nggak usah dijelasin lah ya. Pake hape aja, hape!
  • BBQ. Kayaknya lebih enak nyantai aja di pinggir pantai sambil ngopi atau minum minuman dingin.
  • Perahu untuk snorkeling. Beberapa spot snorkeling ada yang deket banget dari bibir pantai. Lagian, Pulau Pari punya banyak ‘wahana’, nggak asik aja kalo ngabisin waktu di sana cuma buat snorkeling.

Biaya ke Pulau Pari tanpa travel agent

Nah, itu beberapa fasilitas yang bisa kalian hapus buat mensiasati bengkaknya pengeluaran. Jadi, kamu bakal fokus pada hal-hal inti, kayak penginapan, tiket perahu pulang pergi, makan, alat snorkeling, dan sepeda.

  • Harga penginapan di Pulau Pari: 400rb-550rb
  • Harga tiket perahu pulang pergi Pulau PariKali Adem: 100rb
  • Makan, 3 kali: 75rb/orang.
  • Alat snorkeling: 40rb/orang.
  • Sepeda: 15rb/orang.

Berarti kalo diitung-itung, seandainya kamu cuma jalan berduaan, pengeluaran yang dibutuhkan hanya dikisaran 450rb/orang. Lumayan jauh, ‘kan?

Tapi, kamu juga perlu inget, di paket agen wisata dan backpacker-an yang Gloob! paparin ini, biaya transport menuju ke Pelabuhan Kali Adem dan jajan kalian di Pulau Pari belum termasuk.

Jadi, silakan kamu perkirakan dan tambahkan sendiri.

Gimana pun, biaya intinya emang berbeda jauh. Ya, modal ribet dikit mah nggak masalah, yang penting liburan dengan budget terjangkau bisa tercapai!

Backpacking Pulau Pari, Penginapan Pulau Pari, Cara ke Pulau Pari

Review Pulau Pari: Nggak melulu snorkeling

Sebenernya tanpa perlu snorkeling pun, Pulau Pari udah asik banget. Banyak atraksi yang bisa kalian datengin, misalnya:

  • Penangkaran penyu. Waktu tim Gloob! ke sana, ada penyu seukuran bayi!
  • Penangkaran ikan, termasuk ikan pari.
  • Pantai Perawan. Di sini instagramable banget! Pasirnya halus, pantainya bersih, banyak pulau-pulau kecil di sekitarnya yang bisa dicapai dengan berjalan kaki.
  • Kuliner Pulau Pari. Wah, ini dosa kalo dilewatin. Masakan lautnya terbaik!

Kontak penginapan /warga Pulau Pari: Hubungi

Baca artikel lainnya:

Penulis: Dewa

*Informasi dapat berubah sewaktu-waktu

258
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
Agung eka yudha
Guest
Agung eka yudha

Ka. Minta kontak homestay nya dong. Terima kasih

pratama yudha
Guest
pratama yudha

Boleh minta kontak homestaynya kak?

pratama yudha
Guest
pratama yudha

Mau dong kak kontak homestaynya?

Rizqi
Guest
Rizqi

Minta no honestaynya juga donk kak

Evita
Guest
Evita

Kak. Minta nomor kontak home stay nya. Alo ada whatsappTrimakasih

Teguh
Guest
Teguh

Minta kontaknya homestay nya dong

Devi
Guest
Devi

Ka minta kontak home stay nya dong

1 10 11 12