Backpacking-an ke Pulau Pari itu sebenernya bukan perkara sulit, tergantung niat yang ada.

Backpacking di sini maksudnya kamu melakukan perjalanan sendiri, mengatur semua fasilitas yang kamu butuh tanpa agen wisata. Soalnya, kalo dicoba, ternyata bisa lebih hemat.

Backpacking Pulau Pari, Penginapan Pulau Pari, Cara ke Pulau Pari

Pulau Pari merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Ya, di dalem Kepulauan Seribu, selain Pulau Pari, masih ada pulau-pulau lain yang nggak kalah aduhai untuk masuk ke list liburan kamu selanjutnya. Misalnya, Pulau Harapan.

Bedanya, Pulau Pari bisa dibilang salah satu pulau terdekat dari pelabuhan sekaligus terpenuh pas akhir pekan. Meski pun ‘terpenuh’ kedengeran agak ngegganggu, tapi percayalah, Pulau Pari masih cihuy banget buat melepas penat.

Banyak rekan Gloob! yang tinggal di Depok ngeluh tentang sulitnya berlibur ke Pulau Pari, padahal deket. Faktor yang paling sering dikeluhin adalah jumlah orang.

Yap, jumlah orang emang menjadi penentu banyaknya pengeluaran kalo kita liburan ke Pulau Pari menggunakan jasa agen wisata.

Teori lama, “semakin banyak orang maka semakin murah.” Bener sih, tapi nggak bener-bener amat.

Tips backpacker-an ke Pulau Pari Tanpa Agen Travel

Buat kamu yang suka jalan berduaan doang, nggak mau ribet nungguin orang, nggak mau terlibat dalam obrolan fana di grup WhatsApp, Gloob! punya solusinya.

Backpacking Pulau Pari, Penginapan Pulau Pari, Cara ke Pulau Pari

Harga yang ditawarkan beberapa agen wisata untuk paket 2 orang liburan ke Pulau Pari itu bisa sampai 900rb/orang, atau bahkan lebih.

Dalam paket tersebut, beberapa fasilitas udah tersedia, kayak tiket perahu pulang pergi Kali Adem-Pulau Pari, penginapan, makan, sepeda, alat snorkeling, perahu untuk snorkeling, pemandu, dokumentasi, dan beberapa ada yang termasuk BBQ.

Dengan mengatur segalanya sendiri, kamu bisa ngehapus yang nggak penting-penting amat biar pengeluarnnya terminimalisir.

Fasilitas yang perlu dihapus kalo kamu atur sendiri bisa berupa:

  • Pemandu. Ya, emang nggak butuh-butuh banget lah, ya.
  • Dokumentasi. Nggak usah dijelasin lah ya. Pake hape aja, hape!
  • BBQ. Kayaknya lebih enak nyantai aja di pinggir pantai sambil ngopi atau minum minuman dingin.
  • Perahu untuk snorkeling. Beberapa spot snorkeling ada yang deket banget dari bibir pantai. Lagian, Pulau Pari punya banyak ‘wahana’, nggak asik aja kalo ngabisin waktu di sana cuma buat snorkeling.

Biaya ke Pulau Pari tanpa travel agent

Nah, itu beberapa fasilitas yang bisa kamu hapus buat mensiasati bengkaknya pengeluaran. Jadi, kamu bakal fokus pada hal-hal inti, kayak penginapan, tiket perahu pulang-pergi, makan, alat snorkeling, dan sepeda.

  • Harga penginapan di Pulau Pari: 400rb-550rb
  • Harga tiket perahu pulang pergi Pulau PariKali Adem: 100rb
  • Makan, 3 kali: 75rb/orang.
  • Alat snorkeling: 40rb/orang.
  • Sepeda: 15rb/orang.

Berarti kalo diitung-itung, seandainya kamu cuma jalan berduaan, pengeluaran yang dibutuhkan hanya dikisaran 450rb/orang. Lumayan jauh, ‘kan?

Tapi, kamu juga perlu inget, di paket agen wisata dan backpacker-an yang Gloob! paparin ini, biaya transport menuju ke Pelabuhan Kali Adem dan jajan kalian di Pulau Pari belum termasuk.

Jadi, silakan kamu perkirakan dan tambahkan sendiri.

Gimana pun, biaya intinya emang berbeda lumayan jauh. Ya, modal ribet dikit mah nggak masalah, yang penting liburan dengan budget terjangkau bisa tercapai!

Backpacking Pulau Pari, Penginapan Pulau Pari, Cara ke Pulau Pari

Review Pulau Pari: Nggak melulu snorkeling

Sebenernya tanpa perlu snorkeling pun, Pulau Pari udah asik banget. Banyak atraksi yang bisa kamu datengin, misalnya:

  • Penangkaran penyu. Waktu tim Gloob! ke sana, ada penyu seukuran bayi manusia!
  • Penangkaran ikan, termasuk ikan pari.
  • Pantai Perawan. Di sini instagramable banget! Pasirnya halus, pantainya bersih, banyak pulau-pulau kecil di sekitarnya yang bisa dicapai dengan berjalan kaki.
  • Kuliner Pulau Pari. Wah, ini dosa kalo dilewatin. Masakan lautnya terbaik!

Kontak penginapan /warga Pulau Pari: Hubungi

Baca artikel lainnya:

Penulis: Dewa

*Informasi dapat berubah sewaktu-waktu

316
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
Tasya Defanka
Guest
Tasya Defanka

Ka aku boleh minta kontak homestay dipulau pari ga terimakasih

Rika
Guest
Rika

Ka boleh minta kontak homestay nya?

Lee Jaein
Guest
Lee Jaein

Boleh minta kontak homestay nya kk

Neneng
Guest
Neneng

Kak, boleh minta rekomendasi homestay di Pulau Pari dan contact nya? Terima kasih

Hany
Guest
Hany

Halo kak! Tulisannya menginspirasi sekali😊 boleh minta konyak homestay nya?

Hendry Swastika
Guest
Hendry Swastika

Halo kak..salam kenal..
Boleh minta contact homestay nya kak? Trims

Syahrul
Guest
Syahrul

Ka boleh minta no contc homestay pulau pari

Syarifah
Guest
Syarifah

Kak boleh minta kontak homestaynya buat besok

Narendra Erabbani
Guest
Narendra Erabbani

Kak boleh minta kontak homestay di pulau pari.. makasih

Muarif abas
Guest
Muarif abas

Boleh minta cp penginapan dan sewa kapal untuk snorking di pulau pari?

shiddiq
Guest
shiddiq

ka bisa minta contact homestaynya

Lady
Guest
Lady

Kak boleh minta kontak homestaynya ngga?? Terima kasih sebelumnyaa

doni
Guest
doni

Boleh minta kontaknya