Langit mendung dan cuaca dingin, tentu menjadi alasan kenapa perut saya tiba-tiba bergejolak. Terbayang di pikiran semangkuk mie godog hangat dengan asap yang bergentayangan, pasti cocok untuk menghangatkan badan.

Saya pun langsung ingat, kerabat saya pernah merekomendasikan bakmi jawa enak yang ada di daerah Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selepas beraktivitas, saya pun langsung berangkat menuju tempat tujuan hanya dengan berbekal google maps dan perut kosong. Setelah menempuh kurang lebih 45 menit dari kawasan Mega Kuningan, tibalah saya di titik sesuai instruksi Mbah Google.

Lokasinya ternyata tidak jauh dari stasiun MRT Blok A. Kamu bisa keluar dari exit gate menuju Jalan Kendal dan berjalan menelusuri trotoar ke arah yang berlawanan.

Setelah berjalan kurang lebih 200 meter, saya mulai mencium aroma sedap yang pastinya bukan dari mie sedap.  Tak lama, saya melihat gerobak dorong yang diselimuti tenda berwarna hijau muda bertuliskan ‘Warung Bakmi Jawa’.

bakmi jawa di jakarta selatan, godog, terdekat, rebus

Tanpa ragu saya langsung mendatangi tenda tersebut yang ternyata sudah ramai sekali orang, padahal baru sekitar jam 7 malam.

Saya bingung harus makan di mana, berhubung meja yang tersedia cuma empat. Itu pun meja kecil dengan kapasitas 2 orang. Tapi jangan khawatir, karena tersedia juga tempat buat kamu yang ingin makan lesehan dan tempatnya cukup luas, kok.

Hujan yang batal turun membuat saya ragu untuk memesan mie godog rebus. Sampai akhirnya pikiran saya teralihkan saat sepiring bakmi goreng melintas di depan mata. Tanpa pikir panjang, saya pun langsung memesan bakmi goreng jawa pedas.

Nah, satu hal yang perlu kamu tahu. Berhubung kompor arang yang digunakan hanya satu dan harus melayani banyak orang kelaparan, jadi kamu harus bersabar menunggu hingga makanan yang kamu pesan tiba.

Sambil menunggu dan ditemani segelas es teh manis, saya melihat para juru masak memasak layaknya Chef Juna di depan kobaran api dari arang yang terbilang cukup heboh. Saya pun sempat ngobrol sedikit dengan salah satu pelayan di sana.

Dari info yang saya dapat, warung Bakmi Jawa Mas Yono buka dari jam 6 sore hingga 2 pagi dan memang selalu ramai saat jam makan malam tiba. Hal menarik lain yang saya tahu, ternyata usaha bakmi jawa ini merupakan usaha keluarga dan saat ini sudah sampai keturunan ketiga. Pantas, resepnya pun sudah pasti teruji klinis dan terjamin kelezatannya.

Setelah penantian sekitar 30 menit, akhirnya sepiring bakmi goreng jawa yang saya pesan tiba dengan asap yang masih mengepul. Meski tampilannya memang sama seperti bakmi goreng pada umumnya yang awut-awutan, tapi aromanya sangatlah menggoda. Porsi yang disajikan juga cukup besar.

Saya pun langsung berubah menjadi siluman biawak dan menyambar sendok dan garpu yang ada di depan mata saya. Setelah gigitan pertama, benar saja kalau rasanya memang lebih maknyos dibandingkan bakmi goreng jawa yang pernah saya coba sebelumnya. Perpaduan antara mie, telur, sayuran, dan bumbu rempahnya memang pas dan jauh lebih terasa di lidah. Daging ayamnya pun sangat berlimpah.

          bakmi jawa di jakarta selatan, godog, terdekat, rebus bakmi jawa di jakarta selatan, godog, terdekat, rebus

Kalau kamu merasa kurang lengkap atau butuh menu tambahan, tersedia juga ati ampela, kepala, paha, atau sayap ayam biar bakmi jawa yang kamu makan semakin ramai dan perut semakin tenang.

Harga menu tambahan ini dipatok sekitar Rp 5.000 – Rp. 10.000. Saya pun menikmati tiap gigitan hingga tak terasa kalau seluruh bakmi sudah bermigrasi ke perut saya.

Nggak cuma bakmi godog dan bakmi goreng, bakmi jawa Mas Yono juga menyediakan bihun goreng, nasi goreng, krengsengan, dan magelangan, dengan harga yang relatif cukup murah, yaitu sekitar Rp 20.000 – Rp 21.000. Selain makanan, beragam jenis minuman juga tersedia di tempat ini, mulai dari teh tawar hingga wedang uwuh dengan harga mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000.

Rangkuman:

Di mana sih Bakmi Jawa Mas Yono?

Bakmi Jawa di Jakarta milik Mas Yono ini berlokasi di Jalan Panglima Polim Raya No. 74, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ada menu apa aja di sini?

Bervariatif banget. Mulai dari mie godog rebus, mie godog goreng, bihung goreng, nasi goreng, krengsengan, sampai magelangan ada!

Berapa harga per porsi?

Tergantung makanan yang dipilih. Tapi rata-rata berkisar di Rp. 20.000 – Rp. 21.000. Kalo kamu pake lauk tambahan, macam ati ampela atau paha ayam, akan ada biaya ekstra yang perlu dilunaskan. Untuk lauk tambahan itu, harganya berkisar di Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000.

Teks & Foto: Elsa

Baca juga: 

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of