Berbicara tentang pasir putih nan halus, Filipina memang selalu menjadi sorotan traveler di seluruh dunia. Terlebih lagi Pulau Boracay-nya.

Pulau Boracay merupakan salah satu destinasi andalan Filipina yang wajib didatengin bagi kamu yang cinta banget sama laut. Banyak penghargaan pariwisata yang telah diperoleh Pulau Boracay atas segala pesonanya.

pulau boracay, filipina, cara, biaya, backpacker

Kalo boleh dibilang, Pulau Boracay adalah salah satu pesaing kuat wisata-wisata yang ada di Indonesia, seperti Bunaken dan Raja Ampat.

Boracay memiliki luas sekitar 10 km persegi, dan terbagi menjadi 5 area. Di tempat sebesar ini, agar keamanan pengunjung tetap terjamin, masing-masing area dijaga oleh 2 pengelola (lifeguard).

Selain itu, aneka agen wisata lokal juga menyediakan beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba. Salah satunya, yang hampir ada di semua destinasi wisata pantai, yaitu snorkeling dan scuba diving. Kalo kurang, kamu bisa nyoba parasailing dan kiteboarding. Kalo masih kurang juga, main golf! Serius. Di sana ada golf.

Lokasi, waktu terbaik, dan mengapa ke Pulau Boracay

Pulau Boracay masuk ke dalam wilaya administratif Visayas, Provinsi Aklan, berjarak sekitar 315 km dari Manila, Ibukota Filipina. Perihal waktu, Juni hingga November bisa jadi pilihan terbaik, mengingat selain bulan tersebut, harga hotel disana melonjak cukup tinggi.

Bukan hanya dimanjakan dengan pesona lautnya, Pulau Boracay juga memiliki beragam fasilitas yang sangat menjamu. Hotel dan kafe di pulau ini memiliki tata ruang dan pelayanan yang bagus, sehingga pengunjung dapat puas menikmati hari-harinya disana.

pulau boracay, filipina, cara, biaya, backpacker
Foto: asian-hotels.net

Cara ke Pulau Coracay

Dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, menuju Bandara Kalibo, Filipina, harga tiket berkisar Rp. 2.000.000 hingga Rp. 2.300.000 (pemesanan seminggu sebelum keberangkatan; harga selalu berubah). Dari bandara, kalian bisa lanjut menggunakan bus menuju pelabuhan Caticlan, dengan membayar 200 peso atau Rp. 142.000.

Kemudian, kalian menyebrang dari Pelabuhan Caticlan ke Pulau Boracay menggunakan perahu. Untuk satu kali penyebrangan, ada 3 pembayaran yang harus kalian lakukan, yakni tiket masuk pelabuhan, retribusi lingkungan, dan tiket perahu itu sendiri, yang jika ditotal mencapai Rp. 150.000.

Perlu diketahui! Jika kalian sudah memesan hotel sebelum kalian tiba di pulau Boracay, biasanya pihak hotel akan menawarkan jasa jemput, yang terkadang biayanya bisa lebih murah dibanding pergi mandiri.

Baca juga: Snorkeling butuh cinta!

Penulis: Galih

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of