Bukit Badar Watu Meja, atau Bukit Watu Meja, merupakan bukit yang nggak ngerti cara ngecewain pelancongnya. Siapa pun yang ke sana, dijamin pasti sumringah sama pesonanya.

Pendek, nggak dingin, dan emang agak nakutin jadi beberapa hal yang kedengerannya kurang asik. Padahal, kalo nyoba langsung, bisa nggak mau pulang. Itu lah kesan awal yang tim Gloob! rasain waktu ingin melipir ke destinasi yang satu ini, tapi…

Bukit Badar Watu Meja: panduan, harga tiket, biaya masuk, cara

Bukit Badar Watu Meja adalah destinasi dadakan yang nggak kepikiran bakal tim singgahi. Waktu itu tim Gloob! lagi menyambangi Purwokerto.

Eh, ternyata, tim punya kesempatan untuk berleha-leha. Niatnya sih mau nyantai aja, tapi jiwa muda yang nggak bisa diem ini kayak manggil tim buat muter-muter Kota Satria itu.

________

Baca juga: Jajal Ketangguhan di Bukit Karang Numpang

________

Di pagi hari, tim udah berniat banget mau mejeng-mejeng ganteng di Alun-Alun sambil nyemil sana-sini. Terlintas lah dibenak petualang ini untuk ngajak ngobrol dengan warga sekitar, nanya-nanya destinasi kece yang sekiranya bisa didatengin.

Sebut aja Pak Agus, salah satu warga sekitar yang lagi jogging, ngasih tau tim bahwa ada bukit yang enjoy banget, asri, dan agak jauh dari perkotaan, jadi suasananya hening to the max gitu. Arahan demi arahan Pak Agus ngejelasin, tim pun mengakui bahwa destinasi dadakan ini emang lumayan jauh.

Selama bisa ditempuh, jarak bukanlah masalah. Tim tetep jalan, walaupun selalu ngeluh tiap belokan.

Bukit Watu Meja berada di kabupaten Banyumas, bersebelahan sama Purwokerto, lebih tepatnya di Jl. Patikraya-Kebasen. Jarak tempuhnya sekitar 30 menit pake kendaraan pribadi. Kalo mau pake transportasi umum juga bisa. Baca aja selengkapnya di majalah Gloob! edisi IV untuk lengkapnya.

Bukit Badar Watu Meja: panduan, harga tiket, biaya masuk, cara
Bukit Badar Watu Meja

Cara/akses ke Bukit Watu Meja:

Buat kamu yang mau ke Bukit Badar Watu Meja pake kendaraan pribadi terutama mobil, kayaknya kamu perlu supir yang handal. Selain karena jalur masuknya yang nggak begitu keliatan, tempat parkirnya juga cukup ribet. Cuma bisa muat 1 mobil.

Setelah sampai di titik awal, tim berniat masuk. Permasalahannya, jalur masuknya nggak keliatan. Waktu itu suasananya sepi banget. Untungnya ada warga yang entah gimana bisa nongol dari tengah hutan.

Dengan sedikit obrolan pembuka, tim langsung nanya cara ke puncak bukit tersebut. “Masuknya dari sana, Mas” tutur warga nunjuk ke arah kebun rimbun, yang sampai saat itu pun tim nggak bisa ngeliat jalurnya. Tapi, yasudahlah, tim masuk aja.

________

Baca juga: Menapaki Keajaiban Bukit Phou Si

________

Beberapa langkah mulai tim ambil untuk masuk ke kebun tadi. Walau pun agak ragu dan cenderung was-was, tim tetep yakin bahwa perjalanan dag-dig-dug ini pasti ada hikmahnya.

Nggak lama berselang, keliatan ada tanah yang dicacah-cacah menyerupai tangga. Tim mulai tenang. Was-was berkurang, penasaran bertambah. Dari sana, jalur udah cukup jelas dan cukup mudah dilalui.

Selama perjalanan menuju puncak Bukit Watu Meja, tim ngeliat beberapa warung. Buka, sayangnya nggak ada pembeli. Kayak membuktikan bahwa destinasi ini emang belum banyak yang tau.

Bukit Badar Watu Meja: panduan, harga tiket, biaya masuk, cara
Bukit Badar Watu Meja

Harga tiket/biaya masuk Bukit Watu Meja:

Sekitar 30 menit mendaki, akhirnya tim menjumpai sebuah pos masuk. Di sana kalian akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000/orang. Terjangkau. Saking terjangkaunya, bikin tim underestimate sama apa yang bakal didapat.

Tim istirahat sebentar buat ngeistirahatin kaki, karena tim pikir perjalanan masih lumayan jauh. Ternyata, cuma beberapa langkah dari pos tadi, tim udah nyampe puncaknya.

“ulalaaa…” spontan jargon ratu dandan terucap dari bibir tim pas sampe di puncaknya.

Area puncaknya bersih, tertata, dan pastinya sesuai harapan. Banyak warung yang langsung menghadap tebing di jalur menuju keluar. Cocok banget buat ngopi, merebahkan badan, dan sedikit ngayal soal cintahhh.

Harga jajanannya masuk akal, bahkan tergolong normal. Terdapat juga beberapa spot yang super-instagramable dan nggak dikenakan biaya tambahan. Mantap, toh?

Bukit Badar Watu Meja tuh kayak Dewi Shinta dan kita adalah Rahwana-nya. Kita bakal jatuh cinta berat saat kali pertama ada di sana. So, tanya temen atau diri sendiri, “kapan kita kemana?”

Autotags: Bukit Badar Watu Meja, Wisata Banyumas, Wisata Purwokert

Teks & Foto: Dewa Aji Panggalih

2
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Bukit Dengan Pemandangan Menakjubkan, Tak Jauh Dari Banyumas […]

trackback

[…] masih terang tapi saya sudah cukup puas menikmati panorama menakjubkan di Bukit Badar Watu Meja. Saya butuh lebih. Saya butuh tempat yang dapat menyajikan keindahan senja kota […]