Situ Gunung adalah situ atau danau yang ada di gunung. Sungguh penjelasan yang bermakna.

Bagi kamu yang mau liburan ala backpacker atau petualang kawakan, maka camping di Situ Gunung bisa jadi pilihan selanjutnya.

Kegiatan alam yang satu ini bakal menyajikan nuansa kembali ke alam yang pekat, namun dengan biaya yang masuk akal dan jalur menuju lokasi yang, ya, lumayan mudah.

Pesona Asri Situ Gunung Sukabumi

Terutama untuk kamu yang dari Jakarta, kayaknya Situ Gunung emang patut jadi destinasi yang masuk list traveling selanjutnya, mengingat jaraknya nggak terlalu jauh. Nggak sejauh Jogja apalagi Pantai gading.

Berada di kaki Gunung gede Pangrango, Situ Gunung bertengger pada ketinggian 850 meter di atas permukaan laut.

Di kelilingi aneka pepohonan berukuran besar dan cukup jauh dari perkotaan, destinasi wisata yang satu ini kerap diselimuti kabut dingin yang membuat udara semakin sejuk.

Jadi, buat kamu yang maniak kopi pahit dikombinasikan dengan singkong goreng empuk dan pecah-pecah, ini habitat kamu!

Kekayaan alam yang ada di Situ Gunung dapat kamu nikmati lebih dalam dengan berkemah dan bermalam di sana.

Apabila kamu lupa membawa tenda, kamu bisa tanya ke pihak pengelola persoalan menyewa, atau kamu bisa menginap di beberapa penginapan yang udah tersedia.

camping di situ gunung, harga, biaya tiket masuk, alamat situ gunung

Untuk aktivitas lainnya selama camping di Situ Gunung, kamu dapat singgah ke curug yang jaraknya nggak begitu jauh dari camping ground. Tapi inget, utamakan minta izin dari pengelola kawasan, jangan asal jalan.

Di danaunya sendiri, terdapat perahu kecil yang dapat kamu sewa untuk berkeliling dan melihat sisi lain Situ Gunung.

Dan, kalo kamu lagi beruntung-beruntungnya, kamu bisa nemuin hewan-hewan yang ada di Gunung Gede Pangrango ini, seperti owa Jawa atau mungkin Elang Jawa yang udah langka.

Sebenarnya, yang bikin Situ Gunung menjadi seterkenal sekarang itu Jembatannya. Iya, semacam jembatan penyebrangan gitu, yang katanya merupakan jembatan gantung pertama terpanjang di Indonesia.

Tapi, Gloob! sih nyaranin kalian fokus aja sama camping. Di jembatan itu rame banget, ngantre pula. Bikin esensi liburan yang harusnya tenang, kembali ke alam, jadi agak berkurang.

camping di situ gunung, harga, biaya tiket masuk, alamat situ gunung
Foto: Surya Priyatmoko

Harga tiket masuk dan biaya camping di Situ Gunung:

Camping di Situ Gunung sebenernya agak ribet, karena banyak yang dibayar. Tapi memang sih, lumayan sepadan.

Untuk satu malam camping di Situ Gunung, kamu bakal dikenakan biaya sebesar Rp. 35.000. Sedangkan untuk perahu, harganya berkisar di Rp. 20.000.

Seandainya kamu camping tapi mau ke jembatan juga, maka kamu harus menambah biaya ekstra sebesar Rp. 50.000. Biaya tersebut udah termasuk minuman ringan.

Bagi kamu yang nggak mau ngebangun tenda tapi mau menginap di Situ Gunung, penginapan di sana harganya bervariasi, berkisar dari Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000. Di sarankan sih bawa tenda aja. Lebih menyatu dengan alam gitu!

(harga Juni 2018)

Akses dan alamat Situ Gunung:

Tempat wisata yang terkenal sama jembatannya ini terletak di Desa. Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi. Kalo kamu dari pusat kota Sukabumi, kamu hanya butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke lokasi Situ Gunung.

Tapi soal kendaraan, kayaknya memang lebih baik kamu bawa kendaraan pribadi, deh. Banyak sih transportasi umum yang ke sini. Tapi biar lebih leluasa dan bisa langsung mampir ke tempat-tempat asik di dekta Situ Gunung, ya kendaraan pribadi solusi yang terenak.

Review Situ Gunung Sukabumi

Untuk saat ini Gloob! belum bikin ulasan tentang Situ Gunung. Yang jelas, Situ Gunung itu super-mega-duper rame pas musim liburan, terutama pas ada long weekend atau sejenisnya.

Kalo kamu punya pendapat sendiri tentang destinasi wisata ini, kasih tau Gloob! lewat kolom komentar, ya. Nanti Gloob! masukin ke artikel ini kok.

_________

Baca juga: Destinasi Wisata di Sukabumi yang Nggak Boleh Tertinggal

Penulis: Dewa Aji

Cari tau destinasi-destinasi indah lainnya yang ada di Sukabumi dalam majalah Gloob! edisi ke-10. Download dan baca sepuasnya melalui link di bawah:

Download gratis majalah Gloob! edisi ke-10

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of