Pulau Lengkuas merupakan destinasi yang paling diincar di Belitung. Kayaknya begitu.

Emang begitu ah. Mungkin alasannya karena pemandangan dari menara yang ikonik banget itu tergolong mantul. Mantap betul! Eh tapi jangan salah, bawah lautnya Pulau Lengkuas juga boleh punya lho.

Keindahan Pulau Lengkuas

Ribuan ikan dengan aneka jenis karang yang asri tersaji dengan sempurna di sana. Bahkan, biaya yang dibutuhkan untuk ke Pulau Lengkuas pun nggak menggrogoti dompet.

cara dan biaya ke Pulau Lengkuas

Perihal menara, emang butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke puncaknya. Ratusan anak tangga harus kamu tantang. Tapi tenanglah, karena di setiap lantainya, pemandangan yang disuguhkan pastinya ajaib. Belum lagi ada beberapa pajangan foto yang ngejelasin tentang sejarah Belitung dan bagaimana menara tersebut didirikan.

Dari atas menara, biru-nya Belitung bakal bikin kamu terperangah. Ya, walau pun di Google gambar pemandangan dari puncak menara tersebut udah banyak. Tapi, sensasi tetep sensasi, bakal terasa jauh beda kalo kamu emang beneran ada di sana.

Di puncak menara, terdapat ‘teras’ kecil yang memungkinkan kamu melihat pemandangan yang ada dari berbagai sudut pandang.

Di satu sisi, kamu bisa ngelihat luasnya laut Belitung dan pola karang yang sedikit banyak bakal bikin kamu ngerti kenapa jalannya perahu sering belak-belok. Di sisi lainnya, bebatuan khas pantai-pantai Belitung berkerumun membentuk formasi abstrak tapi maha-keren.

Cara ke Pulau Lengkuas, Belitung

Untuk ke Pulau Lengkuas, kamu terlebih dahulu harus ke Pantai Kelayang. Pantai kelayang adalah lokasi di mana kamu dapat menyewa perahu. Perahu tersebut digunakan untuk menghampiri berbagai pulau kecil yang ada di perairan Belitung, termasuk salah satunya Pulau Lengkuas.

Dari Tanjung Pandan, Pantai Kelayang bisa diakses dalam 40 menit perjalanan menggunakan motor atau mobil. Jangan bingung, di Tanjung Pandan udah banyak jasa penyewaan motor atau mobil.

Untuk satu motor, biaya sewa berkisar Rp. 60.000 – Rp. 80.000; sedangkan untuk mobil, biayanya mulai dari Rp. 300.000. Saran Gloob!, pake motor aja. Selain murah, motor-an itu lebih fleksibel, gampang diparkir, dan bikin sensasi liburan di Belitung semakin terasa.

Biaya ke Pulau Lengkuas, Belitung

Waktu Gloob! ke sana, kami menyewa perahu dari penjaga warung yang ada di Pantai Kelayang. Kamu juga bisa sewa langsung ke pihak pengelola. Sama aja.

Biaya sewa perahu untuk ke Pulau Lengkuas berkisar di Rp. 450.000-Rp. 550.000, dengan daya tampung lebih dari 10 orang. Kalo kamu cuma dateng berdua atau kurang dari 5 orang, nominal buat sewa perahu emang masih agak berat.

Solusinya, tanya lagi ke penjaga warung atau pihak pengelola terkait rombongan lain yang bersedia dan membolehkan kamu gabung.

Baca juga: Solusi Terbaik Mengatasi Kulit Gosong Setelah ke Pantai

Teks: Dewa Aji | Foto: Faizal Satrio & Dewa Aji 

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of