“Amfiteater alam raksasa yang direncanakan pemerintah untuk tercatat sebagai UNESCO Global Geopark,”

Masuk dalam kawasan Ciletuh Geopark, tebing ini menampilkan sisi terhijau kabupaten Sukabumi bagian selatan. Kokoh berdiri di ketinggian 250 m di atas permukaan laut, Tebing Panenjoan adalah amfiteater alam raksasa yang direncanakan pemerintah untuk tercatat sebagai UNESCO Global Geopark.

Cara dan Harga Tebing Panenjoan
Foto: Duddy Mulyawan

Kalian nggak perlu mempersiapkan peralatan yang rumit bak porter Rinjani, karena jalur menuju tebing ini udah bisa diakses dengan kendaraan roda dua atau empat. Selain memiliki spot-spot yang instagramable, dari Tebing Panenjoan kalian juga bisa liat beberapa curug bahkan teluk Ciletuh yang begitu aduhai.

Cara/akses ke Tebing Panenjoan, Sukabumi:

Untuk menuju Tebing Panenjoan menggunakan transportasi umum dari pusat kota Sukabumi, kalian harus beberapa kali menyambung angkutan. Dari terminal Sukabumi, naik angkot kuning 03 dan turun di terminal Lembur situ. Lalu, lanjut menggunakan bus menuju Surade.

Cara dan Harga Tebing Panenjoan
Foto: Elect Sumardi

Dari Surade, kalian lanjut lagi menggunakan angkot merah yang menuju Taman Jaya. Setelah turun di Taman Jaya, kalian harus menyambungnya dengan ojek untuk sampai di Tebing Panenjoan.

Tapi kalo kalian bawa kendaraan pribadi, itu lebih gampang lagi. Kalian tinggal cari di Google Maps. Keuntungan lain bawa kendaraan pribadi adalah fleksibilitas.

Yap, di kawasan Geopark faktanya nggak cuma ada Tebing Panenjoan. Masih Banyak objek wisata lain yang patut kamu datengin. Kamu bisa lihat beberapa di antaranya dalam artikel aneka tempat wisata di Sukabumi ini.

Harga masuk Tebing Panenjoan, Sukabumi

Nggak ada biaya yang harus kalian bayar untuk masuk ke Tebing Panenjoan. Namun, jika kalian membawa kendaraan pribadi, hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 3.000 (motor) dan Rp. 5.000 (mobil).

Sekadar saran, enaknya sih bawa snack dari luar. Terlebih bagi kamu yang memang budgetnya terbatas. Tapi, kalo mau agak bijak dan ningkatin perekonomian warga sekitar, ya jajan di sana aja, ya.

Lokasi: Ciletuh Geopark, Jl. Taman Jaya 4, Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Sukabumi.

*Informasi harga tidak tetap dan dapat berubah sewaktu-waktu

________

Baca juga: Citatih dan Citarik yang Selalu Seru dan Menantang

Cari tau destinasi wisata lain di Sukabumi yang kerennya nggak kalah sama Tebing Panenjoan ini. Semuanya sudah terangkum dalam majalah Gloob! edisi ke-10, yang bisa kalian download secara cuma-cuma melalui link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

Penulis: Faizal Satrio

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Tebing Panenjoan, Amfiteater Alam Raksasa […]