Curug Cikaso yang selalu dikaitkan dengan pesona legendaris Ujung Genteng ini emang memiliki keindahaan yang lebay.

Curug Cikaso bisa dibilang adalah curug paling populer di kawasan Ujung Genteng, Sukabumi. Dengan airnya yang berwarna hijau tosca, Curug Cikaso terlihat begitu kokoh berdiri ditingginya yang mencapai 80 m.

Keindahan Curug Cikaso Sukabumi

Keasrian alamnya semakin terbukti dengan pohon- pohon rindang yang tumbuh subur dan mempercantik panorama landscape yang tersaji di curug ini. Kamu bakal mendengar beberapa suara hutan yang lumayan menenangkan. Cuitan burung, desis angin di antara dedaunan dan ranting bakal bikin hari dan hatimu lebih sejuk.

Tags: Curug Cikaso, Tiket Masuk Curug Cikaso, Lokasi Curug Cikaso
Foto: Arie Fadly

Perjalanan menuju Curug Cikaso juga perlu usaha yang besar, dimana kalian diberikan dua pilihan: trekking dengan berjalan kaki selama 30 menit, atau membayar ekstra untuk menyewa perahu sebesar Rp. 120.000.

Nggak ada pilihan yang salah, karena kedua cara tersebut memiliki keseruan tersendiri. Dengan berjalan kaki, kalian bisa merasakan kesejukan udara hutan tropis yang jauh dari polusi. Namun, kalo kalian gunain perahu, kalian bisa ngeliat sambil bermain air disegarnya sungai Cikaso.

Harga tiket masuk Curug Cikaso

Ini agak rumit masalah biaya. Untuk masuk ke curug yang terkenal ini, kamu harus membayar beberapa jasa.

Pertama, yang paling awal adalah membayar masuk kendaraan. Jika kamu membawa mobil, maka kamu akan dikenakan charge sebesar Rp. 27.000. Itu pun bisa naik kalo lagi musim liburan kayak lebaran atau tahun baru.

Lalu, setelah mobil kamu lolos secara administrasi, biaya selanjutnya yang perlu kamu bayarkan adalah parkit. Satu mobil dikenakan biaya sekitar 6-8 ribu rupiah.

Setelah semua administrasi sebelum pintu masuk selesai, barulah kamu membayar tiket masuk Curug Cikaso sebesar Rp. 5.000 – Rp.10.000. Harga dapat berbeda di musim liburan, dikarenakan perawatan yang dilakukan pihak pengelola agak ekstra. Jadi, maklumi aja.

Akses dan Rute ke Curug Cikaso:

Curug Cikaso terletak di Dusun Ciniti, Kecamatan Surade, 40 menit dari Ujung Genteng. Tapi kalo dari Sukabumi kota, butuh waktu 4 jam perjalanan menggunakan mobil pribadi untuk mencapai Curug Cikaso.

Perihal transportasi umum untuk persis ke Curug Cikaso agak sulit. Ada bus, tapi hanya sampai Surade. Kamu bisa naik bus itu dari terminal Sukabumi. Sampai saat ini Gloob! belum dapet informasi lengkap terkait transportasi umum yang benar-benar bisa mengantarmu hingga langsung ke depan gerbang lokasi wisata ini.

Solusi terbaik adalah dengan menyewa kendaraan, baik itu motor atau pun mobil. Enaknya sih motor. Tapi terserah kamu. Harga sewa 1 motor itu berkisar di Rp. 70.000/hari, sedangkan mobil sekitar Rp. 400.000/hari. Pastikan kamu punya SIM, ya!

Nah, itulah ulasan singkat tentang Curug Cikaso yang diharap bisa membantu kamu yang mungkin lagi ingin ke sana. Kalo butuh referensi lain, di Gloob! masih banyak kok tempat wisata asik di Sukabumi yang enak untuk di kunjungi. Kamu tinggal cari di kolom pencarian.

So, great trip, guys!

Penulis: Galih

Cari tau curug keren lain di Sukabumi dalam majalah Gloob! edisi ke-10 yang bisa kalian download secara cuma-cuma melalui link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
paket wisata dieng
Guest

makasih buat info nya