Nama Leuwi Lieuk sempat heboh di kalangan traveler, dan pamornya pun mencuat ke permukaan masyarakat luas. Tentu, pamornya itu didapat dari pemandangan yang memang nauzubillah kerennya. Tapi… itu dulu.

Sebelum jauh-jauh baca, kamu perlu tahu kalo leuwi itu artinya lubuk, atau bagian terdalam dari sungai. Makanya sering ada istilah “di dalam lubuk hatiku, ada kamu”… cih!

Leuwi Lieuk, cara, tiket masuk, harga, Curug Sentul, Curug Daerah Bogor

Keindahan Leuwi Lieuk

Tapi, untuk memudahkan pemahaman, mari kita anggap Curug Leuwi Lieuk adalah nama tempat yang satu kesatuan. Oke, ya?

Curug ini merupakan salah satu air terjun yang ada di satu area yang entah nama aslinya apa, tapi sering disebut komplek Leuwi Hejo. Dengan kata lain, selain Curug Leuwi Lieuk, terdapat juga curug lain di area yang sama. Namun, yang terkenal ya emang curug ini.

Tip:

Kalo ke sini, pake motor aja Jalurnya agak gimana gitu. Dan, beraniin untuk nggak ngasih kalo ada pungli. Ayo kita berantas kebiasaan kacau itu!

Curug Leuwi Lieuk terkenal karena arsitektur alamnya yang berkarakter banget. Di curug ini, kamu bisa berenang-renang centil di kolam alami dengan lebar sekitar 4 meter, berair biru jernih, bahkan dasarnya dapat terlihat (lihat foto di atas). Curug ini juga dikelilingi tebing setinggi sekitar 10 meter, yang mana salah satu sisi tebingnya dapat kalian panjat untuk cliff jumping.

Leuwi Lieuk, cara, tiket masuk, harga, Curug Sentul, Curug Daerah Bogor

Bukan cuma itu, ada juga spot a.k.a ‘surga’ baru di balik air terjun ini Lieuk yang nggak boleh banget dilewatin!

Penemuan ‘surga’ ini sebenarnya bukan sesuatu yang spontan. Membuka spot baru yang ada di balik Leuwi Lieuk merupakan upaya pihak pengelola dalam meningkatkan kembali minat wisatawan yang nyungsep. Hasilnya sesuai dugaan. Banyak wisatawan yang ‘main mata’ lagi dengan curug ini.

Tip:

Cari spot asik dengan aktif bertanya. Siapa pun bisa kalian tanya. Misal, penjaga warung. Terkadang, destinasi yang kayak gini punya spot asik yang ngumpet. Perlu usaha lebih untuk mengetahuinya.

Dulu, kali pertama Gloob! singgah, destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, ini emang terlihat seperti ada jalur lagi di bagian timur lokasi wisata tersebut. Tapi, saat itu jalurnya belum rampung, alias buntu.

Leuwi Lieuk, cara, tiket masuk, harga, Curug Sentul, Curug Daerah Bogor

Sebenarnya, yang ingin diperlihatkan warga sekitar adalah Curug Cibaliung, namun Gloob! jauh lebih tertarik dengan keindahan tebing yang ada di balik curug tersebut. Sensasi dan pemandangan yang ada di balik Leuwi Lieuk itu bakal membuat kamu serasa lagi di Green Canyon, Pangandaran.

Untuk ke tempat ini, seenggaknya kamu memerlukan berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit, menaiki dan menuruni anak tangga, juga melewati beragam obstacle yang ada disana, namun semua kerumitannya akan terbayar saat kalian sampai.

Biaya / tiket masuk Leuwi Lieuk

Rp 15.000 di awal, termasuk parkiran motor. Kemudian, bakal ada tiket lanjutan seharga Rp. 5.000/orang. Untuk masuk ke kawasan belakang Leuwi Lieuk yang Gloob! maksud, kamu nggak perlu bayar lagi, kok. Modal kaki aja. Kebangetan juga sih kalo bayar terus.

Leuwi Lieuk, cara, tiket masuk, harga, Curug Sentul, Curug Daerah Bogor

Nyari penginapan di Leuwi Lieuk?

Gloob! sih nggak tau ada atau nggak penginapan di Leuwi Lieuk. Tapi, masa sih kamu nggak mau nenda alias camping aja? Sumpah, itu enak banget.

Karena lokasi Leuwi Lieuk cukup jauh dari pemukiman warga, suasananya pas malam hari tuh tenang banget. Agak mencekam dikit, huehehe.

Untuk bermalam dan mendirikan tenda di dalam kawasan Leuwi Lieuk, kamu perlu izin terlebih dahulu dengan pihak pengelola. Terakhir Gloob! ke sana, biaya yang perlu dikeluarkan untuk menginap satu malamnya yakni Rp. 25.000.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tau sebelum berkunjung ke objek wisata yang terletak di Babakan Madang, Bogor ini. Kalo kamu punya info tambahan atau mau berbagi cerita kamu waktu ke Leuwi Lieuk, tulis di kolom komentar, ya.

Kamu juga bisa lihat destinasi wisata seru lainnya yang diulas dalam majalah Gloob! edisi ke-6. Download secara gratis pada link di bawah ini:

Download majalah Gloob! edisi 6

Baca juga:  Gaya Baru Kulineran di Bogor

Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of