Tempat wisata dekat Jakarta yang nyuguhin pemandangan indah itu udah pasti banyak disuka. Permasalahannya, biaya yang harus keluar untuk ke tempat itu kadang nggak sehati sama isi kantong. Bahkan, beberapa kali putus tanpa alasan. Bikin lemes, karena mau nggak mau harus pasrah sama keadaan, meski pun jiwa petualang  udah sepanas setrika-an 2000 watt.

Kalian setuju sama hal barusan? Kalo iya, khusus buat kalian yang tinggal di Jabodetabek, Gloob! punya beberapa tempat wisata murah yang tetep indah dan deket dari rumah. Semua tempat wisata yang ada dalam kawasan-kawasan di bawah ini, biaya masuknya nggak nyampe Rp. 30.000!

1. Gunung Bunder

kawasan wisata dekat Jakarta
Foto: Gloob/Dewa Aji

Destinasi wisata dekat Jakarta pertama jatu pada kawasan Gunung Bunder.

Di kawasan ini, ada bermacam-macam curug dengan ketinggian dan wahan yang berbeda-beda. Mulai dari Curug Ngumpet, Curug Pangeran, hingga Curug Cigamea, semuanya memiliki air yang biru dan jernih. Untuk fasilitas pendukung, di masing-masing curug juga udah tersedia warung bahkan toilet, jadi kalian nggak perlu panik lagi kalo tiba-tiba dilanda sakit perut yang ngeselin.

2. Jonggol

tempat wisata dekat Jakarta
Foto: Gloob/Dewa Aji

Tempat wisata yang paling ikonik dari Jonggol adalah Gunung Batu. Gunung, atau lebih tepatnya bukit, yang memiliki ketinggian 875 meter di atas permukaan laut ini pasti bikin kalian dag-dig-dug-der.

Kenapa? Selain karena kemiringingan jalurnya yang hampir menyentuh 75 derajat, puncak Gunung Batu juga berupa jalan setapak yang kiri-kanannya langsung jurang, tanpa pagar pembatas.

Tapi, yang jarang orang tau, di Jonggol juga ada beberapa curug kece yang patut dikunjungi, seperti Curug Ciherang dan Curug Cipamingkis.

3. Babakan Madang

Objek wisata dekat Jakarta
Foto: Gloob/Dewa Aji

Nama Leuwi Hejo nggak akan pernah lepas dari Babakan Madang. Babakan Madang merupakan sebuah kawasan/kelurahan yang terletak di Kabupaten Bogor, berdekatan dengan Cibinong, atau lebih gampangnya bersampingan dengan taman wisata JungleLand.

Di sana, selain Leuwi Hejo, masih ada Curug Ciburial, Curug Cibaliung, dan Curug Hordeng yang bisa kalian jadikan kolam pemandian alami.

Sebagian besar area di curug-curug tersebut masih sangat terjaga keasriannya. Airnya jernih, tebing-tebing berdiri kokoh di sisi curug, dan pepohonan rimbun masih tumbuh subur di sekelilingnya.

4. Rumpin

destinasi wisata dekat jakarta
Foto: Gloob/Dewa Aji

Objek atau kawasan wisata dekat Jakarta yang terakhir adalah Rumpin, Bogor. Kalo ngedenger kata ‘Rumpin’, pasti beberapa dari kalian langsung inget Bukit Munara.

Bukit yang masih tegap menjulang di ketinggiannya yang mencapai 1119 meter di atas permukaan laut ini, emang sedikit lebih unggul dibanding Gunung Batu karena jalur menuju puncaknya udah tertata rapih, tapi bukan berarti gampang.

Butuh berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, melewati akar-akar besar pepohonan yang tumbuh disepanjang jalur, dan sesekali diperlukan sedikit sentuhan teknik climbing.

Tapi, sayangnya, nggak semua orang pernah denger nama Curug Dengdeng, Curug Rahong, dan Danau Jayamix, yang faktanya masih satu kawasan dengan Gunung Munara. Padahal, tempat-tempat wisata yang ada di Rumpin ini bisa dibilang pesaing kuat destinasi lain yang ada pada 3 kawasan di atas.

Nah itu beberapa tempat wisata dekat Jakarta yang bisa jadi pilihan liburan kalian selanjutnya. Kalo kalian punya ide, share ya di kolom komentar. Pasti berguna banget buat teman-teman lain.

Baca juga:

Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Kang Yono, di jalan setapak, di kelilingi hamparan pohon teh. Di sebelah kiri saya terlihat kota Bogor dari kejauhan. Di sebelah kanan saya ada gunung yang entah namanya apa namun terlihat begitu […]