Kulon Progo/Kulonpraga adalah salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja), berbatasan dengan kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul. Kabupaten ini nggak cuma terkenal dengan industri pakaian batiknya, tapi juga berbagai objek wisata alam yang aduhai dan selalu seru untuk dijelajahi.

Untuk ke Kulon Progo dari Jabodetabek, banyak moda transportasi yang bisa kamu gunakan. Seandainya kamu ingin naik bus, biaya yang perlu kamu keluarkan berkisar 110-150rb. Sementara jika kamu ingin perjalanan yang agak cepat, kamu bisa menggunakan pesawat, dengan harga tiket lebih kurang 650-800rb/seat.

Destinasi Wisata Kulon Progo yang Wajib Dicoba

Perihal tinggal, di Kulon Progo banyak jenis penginapan yang bisa kamu pilih. Tergantung budget dan tingkat kenyamanan yang kamu mau. Untuk penginapan standar, 1 kamar gitu, harganya adalah 250-300rb/malam. Kalo hotel, agak mahal sih, sekitar 500rb.

Setelah kamu mendapatkan tempat untuk tinggal, selanjutnya adalah menentukan destinasi wisatanya. Untuk mempermudahmu, berikut adalah 5 dari sekian banyak tempat wisata Kulon Progo yang patut kamu jajal:

indah, salah satunya adalah Kalibiru. Selain kalibiru, masih banyak tempat-tempat wisata alam yang indah di wilayah Kulon Progo. Berikut beberapa tempat wisata unik yang dimiliki Kulon Progo :

1. Kalibiru

wisata kalibiru
Sumber: IG @fitrifuji.lestari
wisata kalibiru, destinasi wisata kulon progo
Sumber: IG @gerryekaw

Kalibru adalah kawasan hutan lindung yang berdiri diatas perbukitan dengan tanah bergelombang dan berada pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Hutan ini dikelola oleh masyarakat dan sebagian areanya dimanfaatkan untuk kawasan wisata dengan tujuan untuk melestarikan kawasan hijau sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

Kalibiru ini merupakan salah satu objek wisata Kulon Progo yang pertama kali mempopulerkan spot foto dengan aksen panggung yang menghadap ke perbukitan. Berbagai fasilitas ditempat ini juga sudah disediakan dengan baik untuk meningkatkan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung.

Lokasi wisata Kalibiru:  Kalibiru terletak di bagian barat kota Kulon Progo. Dari pusat kota, sekiranya memakan waktu 30 menit untuk sampai ke sini menggunakan kendaraan pribadi. Untuk ke Kalibiru, baiknya sih sewa motor. Selain terjangkau, kamu jadi lebih bisa mengeksplorasi Kulon Progo.

Harga tiket masuk Kalibiru:  Untuk biaya masuknya, per orang kena Rp. 10.000. Itu belum termasuk kendaraan. Jika kamu bawa mobil, biaya ‘parkir’ yang perlu kamu bayarkan adalah Rp. 5.000. Sedangkan jika kamu membawa motor, retribusinya adalah Rp. 2.000.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Sumber: IG @agustina.pratiwi.129
Air Terjun Grojogan Sewu, destinasi wisata kulon progo
Sumber: IG @dethaliu

Air terjun ini terletak di dusun Bateng, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo. Selain Grojogan sewu, disekitar tempat ini juga ada beberapa air terjun lainnya seperti Grojogan Mudal, Kedung Pedut, Air Terjun Kembang Soka, dan Air Terjun Setawing.  Perjalanan dari Kota Jogja ke tempat ini akan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Lokasi wisata Air Terjun Grojogan Sewu: Wisata Air Terjun Grojogan Sewu terletak di bagian utara Kulon Progo. Dengan motor atau mobil, perjalanan bakal memakan waktu lebih kurang setengah jam.

Harga tiket masuk Air Terjun Grojogan Sewu: Per orangnya dikenakan biaya masuk sekitar Rp. 18.500.

3. Pantai Glagah

tempat wisata kulon progo, pantai glagah
Sumber: IG @erwin_astro

Pantai Glagah Kulon Progo memilki daya tarik yang berbeda dengan pantai lainnya. Pemandangan yang cantik serasi dengan hamparan pasir, laguna yang menjadi wisata air, dermaga, hingga perkebunan buah naga yang dijadikan agrowisata. Para pengunjung yang datang disaat masa panen bisa ikut memanen buah-buahan ditempat ini seperti buah naga, melon, dan semangka. Dipantai ini juga dilengkapi sea wall yang sesekali mendapat hempasan kuat dari gelombang tinggi.

Lokasi destinasi wisata Kulon Progo Pantai Glagah: Pantai ini bersebelahan persis dengan Bandara Internasional Yogyakarta. Dari pusat kota Kulon Progo, waktu tempuh untuk ke Pantai Glagah berkisar 40-50 menit  dengan motor atau mobil.

Harga tiket masuk Pantai Glagah: Rp. 5.000.

4. Gua Kiskendo

objek wisata kulon progo, gua kiskendo
Sumber: IG @fanyjus
gua kiskendo
Sumber: IG @dewiisaini

Gua Kiskendo merupakan jenis tempat wisata yang syarat akan cerita-cerita sejarah dan mitos yang berkembang di masyarakat. Salahs atu cerita mitos yang berkembang di masyarakat adalah, mereka percaya bahwa gua ini merupakan tempat tinggal raksasa bernama Mahesaksura, yaitu manusia berkepala kerbau dan Lembusura yang berkepala sapi.

Di tempat ini juga diyakini pernah terjadi pertempuran antara Subara Sugliwa, tokoh pewayangan Jawa, melawan Mahesasuran dan Lembusura. Kisah tersebut diceritakan dalam relief yang ada di dinding dekat mulut gua.

Saat memasuki gua, kamu akan disajikan dengan pemandangan bebatuan yang cantik berupa stalagtit dan stalagmit. Di dalamnya terdapat 15 ruangan dengan cerita mitos yang berbeda-beda pula.

Lokasi objek wisata Kulon Progo Gua Kiskendo: Gua ini terletak di Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo Kulonprogo, tepatnya berada perbatasan Jogja dan Purworejo.

Harga tiket masuk Gua Kiskendo: Untuk menelusuri Gua Kiskendo, kamu harus membayar biaya masuk sebesar Rp. 5.000/orang. Itu belum termasuk parkir: 5rb/mobil, 2rb/motor.

5. Waduk Sermo

destinasi wisata kulon progo, waduk sermo
Sumber: IG @ Idan Dizzie
tempat wisata kulon progo, waduk sermo
Sumber: IG @farrashafizh

Destinasi wisata Kulon Progo Waduk Sermo adalah bendungan irigasi yang membendung kali Ngrancah yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996. Waduk ini juga merupakan  sumber air bersih untuk PDAM dan untuk air irigasi persawahan daerah Wates dan sekitarnya. Selain dijadikan sebagai sumber air minum dan irigasi, Waduk Sermo juga menjadi salah satu tempat latihan dan lomba dayung.

Nggak sedikit orang yang mancing di Waduk Sermo. Keberadaan ikan “Setan Merah” yang merupakan ikan predator di waduk tersebut Sermo adalah alasannya. Jika kamu mau mencobanya, pastikan kamu membawa pancingan yang kuat.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa perahu wisata untuk berkeliling Waduk Sermo sambil menikmati perbukitan Menoreh.

Lokasi Waduk Sermo: Tempat wisata Kulon Progo satu ini terletak di Kecamatan Kokap, hanya memakan waktu sekitar 20 menit perjalanan dengan motor/mobil dari pusat kota.

Harga tiket masuk Waduk Sermo: per orang dikenakan biaya Rp 5.000. Jika kamu ingin sewa perahu, dana yang perlu kamu keluarkan adalah Rp. 30.000.

Penulis: Rakha Hertrianto

Baca juga:

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of