Bicara perbedaan, setiap negara pasti punya beberapa sisi yang bertolak belakang, entah itu dari budayanya ataupun sifat masyarakatnya. Fakta unik China ini bisa jadi pembelajaran bahwa setiap sisi dunia punya gaya masing-masing. Beda, tapi bukan berarti jelek.

China, sebuah negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini memang selalu memiliki hal-hal yang asyik untuk dibahas, mulai dari gaya hidupnya, kulturnya, termasuk kebiasaannya sehari-hari. Dan kalo kita pikir-pikir lagi, hal-hal unik memang yang kita cari pas traveling. Tanpa nemuin sesuatu yang unik dari tempat yang kita datengin, kayak ada yang kurang nilai perjalanan kita.

Fakta-fakta unik tentang China

Nah, mungkin kalo kamu ke China, kamu bisa nemuin 10 hal unik yang hanya ada di China berikut ini:

1. BAB dimana-mana

Fakta unik china: mulai dari kebiasaan hingga kehidupan memang selalu menarik.
Foto: Wikipedia

Duh, point awal aja udah ngebingungin. Maksud dari BAB dimana-mana itu, banyak anak kecil di China yang memakai celana khusus yang berlubang di bagian bokong. Hal itu dimaksudkan agar mereka dapat buang air dimanapun mereka butuh.

2. Mengembalikan Keperawanan

Fakta unik china: mulai dari kebiasaan hingga kehidupan memang selalu menarik.
Foto: Business Insider

Di Korea Selatan mungkin lagi heboh sama yang namanya operasi plastik, dan tentunya beda dengan China. Masyarakat di Negeri Tirai Bambu, khususnya wanita, lebih sering melakukan operasi pengembalian keperawanan saat mereka akan menikah.

Tujuannya bijak, agar si suami senang. Untuk satu kali operasi, para wanita itu dikenakan biaya sekitar $700 Amerika.

3. Net Penangkal Bunuh Diri

Fakta unik china: mulai dari kebiasaan hingga kehidupan memang selalu menarik.
Foto: Reddit

Begitu besarnya angka bunuh diri di China, Foxcon, salah satu perusahaan manufaktur untuk Apple, menyediakan net di sekeliling bangunannya guna meminimalisir orang meninggal karena bunuh diri, terutama bagi karyawan-karyawannya.

4. Polisi Angsa

Fakta unik china: mulai dari kebiasaan hingga kehidupan memang selalu menarik.
Foto: Social Talent

Jika di negara-negara besar kita sering melihat polisi yang memanfaatkan kemampuan anjing dalam melacak, beda ceritanya dengan China.

Negara yang satu ini lebih percaya akan kepekaan angsa dalam mendengar, keberanian, dan kewaspadaan, maka dari itu binatang anggun ini dibudidayakan sebagai satuan elit pembantu polisi disana. Mmmm.

5. Satu Kali Seumur Hidup

Fakta unik china: mulai dari kebiasaan hingga kehidupan memang selalu menarik.
Foto: China Highlights

Wanita suku Yao di China hanya memotong rambutnya satu kali seumur hidup. Hebat, ‘kan? Itupun mereka lakukan saat disebuah festival khusus.

Hal itu unik banget, mengingat masyarakat suku Yao memang selalu menggunakan syal di kepalanya.

6. Mencuri dan Menikahkan Orang Meninggal

Fakta unik china: mulai dari kebiasaan hingga kehidupan memang selalu menarik.
Foto: ABC

Ini paling unik. Saat sebuah keluarga di DongBao mendapatkan anaknya meninggal sebelum menikah, maka mereka akan menyewa jasa pencuri mayat untuk mencarikan ‘pasangan’ yang cocok untuk anaknya tersebut.

Hal ini dilakukan untuk mengusir segala kesialan atau hal buruk lain yang dapat menimpa keluarga mereka.

7. Jasa Tunggu

Fakta unik china: mulai dari kebiasaan hingga kehidupan memang selalu menarik.
Foto: SCMP

Di Indonesia lagi meledak ojek online, sedangkan di China sedang lantang jasa tunggu. Jika kalian berkunjung di China lalu berkendara dengan mobil dan terjebak macet, kalian bisa menyewa orang untuk menjemput kalian menggunakan motor agar lebih cepat sampai tujuan, dan menggantikan kalian di mobil.

8. Pacar Sewaan

Fakta unik china: mulai dari kebiasaan hingga kehidupan memang selalu menarik.
Ilustrasi: SCMP

Jika di negara-negara barat ‘pacar sewaan’ biasa hanya ditujukan untuk kebutuhan biologis, di China visi dan misinya jauh lebih bijak.

Orang-orang yang menggunakan pacar sewaan umumnya bermaksud untuk ‘membungkam’ orang tua mereka dalam mengeluh soal masa depan anaknya. Ya, kalian tau lah maksudnya.

9. Masih Ada Manusia Gua

Fakta unik china: mulai dari kebiasaan hingga kehidupan memang selalu menarik.
Foto: NY Daily News

Sekitar 35 juta warga China masih betah tinggal di dalam gua. Entah kenapa dan entah bagaimana, nggak ada penanggulangan khusus untuk hal ini dari pemerintahnya.

Sebuah buku berjudul “Riding the Iron Rooster: By Train Trough China” buatan Paul Theroux tertulis, “There is no government program to remove these troglodytes, but there is a scheme to give them better caves. It seemed to me a kind of lateral thinking. Why rehouse or resettle these cave-dwellers? The logical solution was to improve their caves. That was very Chinese.

10. Peduli Panda

Fakta unik china: mulai dari kebiasaan hingga kehidupan memang selalu menarik.
Foto: Daily Express

Sebuah badan penelitian dan konservasi panda bernama Hetaoping menerapkan penggunaan baju panda bagi karyawannya. Hal itu dilakukan agar bayi-bayi panda tidak merasa takut atau terancam saat mereka diberikan pengenalan terhadap alam liar.

Nah, itu dia 10 fakta unik China yang semoga bisa nambah wawasan kamu. Nggak semua yang aneh itu buruk, ‘kan? Hal-hal seperti inilah yang dapat membuat rasa penasaran kita menggebu-gebu. Wajar kalo China masih sering dijadikan destinasi utama traveler di seluruh dunia.

Berminat ke sana? Atau punya pengalaman sejenis? Share di kolom komentar, ya :*

Baca juga: Fakta Kebiasaan Anak Belitung yang Ternyata Nyindir Jakarta

Penulis: Galih

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of